Mengenal Cara Kerja Fusée dan Rantai Milik A. Lange & Söhne

Ditulis oleh

Benar-benar mengagumkan baik dari desain dan cara kerjanya.

Apa itu fusée dan rantai?
Terdapat dua komponen di sini: rantai (yang tentu saja Anda sudah mengetahui seperti apa bentuknya), dan fusée, yang umumnya jarang terlihat. Fusée adalah sebuah barrel berbentuk kerucut yang merupakan tempat ujung terikatnya rantai (lihat gambar di bawah bagian ‘A’). Pada jam tangan, bagian rantai lain terikat pada mainspring barrel (bagian ‘B’). Mainspring barrel adalah komponen yang menyimpan energi ketika jam tangan sedang mengalami kerusakan.

Apa kegunaannya?
Keduanya berfungsi untuk mengukur presisi akan jam tangan mekanis. Dalam pembuatan jam tangan, hal ini disebut sebagai ‘constant torque’. Sama seperti mobil mainan yang memiliki tenaga lebih saat sedang rusak, dan semakin berkurang saat akan rusak total, performa dan presisi jam tangan mekanis akan berkurang menjelang akhir dari siklus winding. Fusée dan rantai, yang pertama kali ditemukan pada abad ke-16, adalah salah satu dari beragam alat mekanik yang dirancang para pembuat jam tangan untuk memastikan transmisi energi secara optimum dan konsisten, baik saat awal maupun akhir dari siklus winding.

Bagaimana cara kerjanya?
Proses mekanisnya dibuat berdasarkan teori kompensasi. Ketika mainspring rusak total dan menyimpan banyak energi, rantai akan menarik dan melilit dalam radius yang lebih kecil di sekitaran fusée. Perputaran dapat terjadi jika mainspring hampir kembali dapat berfungsi - rantai akan kembali bekerja dalam radius yang lebih besar pada fusée.

Terdengar rumit
Tidak banyak brand yang memiliki kemampuan dan teknik untuk mengaplikasikannya. Sebelumnya teknik mekanis seperti ini hanya digunakan pada jam dinding dan saku, fusée dan rantai perlu diperkecil sampai ke ukuran yang paling tepat untuk jam tangan. Versi A. Lange & Söhne sendiri pada setiap rantai terdiri dari 636 bagian. Meski terlihat kecil–panjang 15 cm, lebar 0,55 mm, dan berat hanya 0,12 gram–rantai tersebut dapat mengangkut beban hingga dua kilogram.

Ukuran sebuah mata rantai jika dibandingkan dengan koin satu sen Euro

Tim A. Lange & Söhne telah bekerja keras untuk mengembangkannya
Terbukti bahwa Anda hanya bisa menemukan mekanis fusée dan rantai terbaik hanya pada kreasi unggulan dari A. Lange & Söhne yang bahkan memiliki nama koleksi tersendiri yakni ‘Pour le Mérite'.

Koleksi A. Lange & Söhne 'Pour le Mérite' dari 1994 sampai 2017

Meski setiap kreasi 'Pour le Mérite' memiliki keunggulan mekanis tersendiri, dari mulai complications yang sempurna (Tourbograph Perpetual 'Pour le Mérite', kedua dari kiri) hingga jam tangan yang terinspirasi dari jam saku dengan chronometer yang super presisi (Richard Lange Tourbillon 'Pour le Mérite', kedua dari kanan), semuanya menjadi yang terdepan berkat kehadiran elemen fusée dan rantai pada sistem movement-nya.

Alvin Wong

Editor-in-Chief

Alvin promises not to be a douche when talking about watches. He may have scoured the Basel and Geneva watch fairs for the past 15 years, and played an instrumental role to the growth of Singapore's pioneering horological and men's lifestyle publications, but the intrepid scribe seeks to learn something new with each story he writes.  

www.crownwatchblog.com