8 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Tentang Breitling Navitimer 8

Ditulis oleh

Telusuri akan sebuah era baru dari Breitling.

Breitling Navitimer 8 B01

 

DIRANCANG UNTUK TIDAK MENGGANTIKAN KREASI ASLINYA

Diperkenalkan pada tahun 1952, kreasi terdahulu Navitimer (yakni sebelum seri terbaru Navitimer 8 diluncurkan) merupakan bagian dari koleksi chronograph. Dengan diperkenalkannya Navitimer 8, maka seri asli dinamai ulang menjadi Navitimer 1.

ADANYA PERBEDAAN YANG SIGNIFIKAN DENGAN KREASI PERTAMA NAVITIMER

Pertama-tama, fitur yang menjadi ciri khas dari Navitimer 1, adalah circular slide rule yang dapat membantu pilot untuk mengalkulasikan navigasi penerbangan, sekarang dihilangkan pada kreasi Navitimer 8. Perubahan kecil namun signifikan lainnya adalah logo. Pada Navitimer 8 terlihat sebuah logo ‘B’ yang berkarakter bersama nama Breitling, cukup banyak pengurangan dibandingkan dengan versi lama dengan logo berhiaskan sayap diatas nama label dan koleksi.

Kreasi Breitling Navitimer pertama lansiran tahun 1952.

 

NAMUN PERUBAHAN TERSEBUT TAK BERARTI BURUK

Sebelum Anda mengeluhkannya, versi baru Navitimer 8 hadir dalam garis desain yang lebih berkarakter dari versi lama. Jam tangan ini hadir dalam nuansa nostalgia, terasa dari aksen yang mereferensikan akan jam dari Huit Aviation Department, serta koleksi vintage jam tangan pilot dari Breitling, yakni Reference 768. (gambar di bawah)

Breitling Reference 768.

 

INI CARA UNTUK MENGENALI NAVITIMER 8

Anda akan mengenali seri Navitimer 8 dari tekstur pada unidirectional bezel (sedikit lebih halus dibanding Navitimer 1), triangle minute markers pada dial, jenis huruf klasik pada belakang penunjuk jam, serta nuansa kontras yang mewah dengan matte finishes pada case dan gelang. Jam tangan ini berhasil menarik atensi lewat tampilan yang kasual, bernuansa vintage–selaras dengan selera pasar saat ini yang menginginkan desain jam tangan yang memiliki sentuhan klasik.

Breitling Navitimer 8 Automatic.

 

TERDAPAT LIMA MODEL YANG ANDA DAPAT PILIH

Selain desain yang berkesan old-school cool, Koleksi Navitimer 8 juga menawarkan beragam model. Terdapat lima pilihan, baik dari segi harga maupun aspek teknis.  Dimulai dari stainless steel three-hand automatic, day-date, sampai automatic chronograph, world-timer, dan in-house chronograph. 

Breitling Navitimer 8 Day Date

 

MILIKI MODEL AUTOMATIC CHRONOGRAPH

Bagi mereka yang paham akan seluk-beluk mengoleksi jam tangan akan menyarankan Anda untuk memiliki kreasi paling mahal yakni Navitimer 8 B01 yang didukung oleh sistem automatic chronograph movement dengan column wheel, di mana pertama kali diperkenalkan oleh Breitling pada tahun 2009; dan Navitimer 8 Unitime, juga memakai in-house movement, yakni automatic Calibre B35 dengan fitur zona waktu dunia.  Namun bagi kami, bagaimana pun juga, Navitimer 8 Chronograph, yang didukung oleh Valjoux 7750-automatic chronograph movement, adalah pilihan alternatif yang tepat jika Anda adalah seorang pembeli yang konservatif namun tetap ingin mengikuti tren.  Model ini akan memenuhi keinginan Anda untuk jadi yang terdepan–dengan menjadi bagian dari mereka yang memiliki kreasi dari generasi baru Breitling, serta masih menawarkan akan kualitas mumpuni dari desain dan teknis dari koleksi yang telah diinterpretasi ulang.

Breitling Navitimer 8 Chronograph

 

MAKNA DARI PENGGUNAAN NOMOR ‘8’

Meski banyak yang beranggapan bahwa Breitling mengincar pasar Cina (nomor 8 dalam pengucapan bahasa Mandarin terdengar mirip dengan kata ‘keberuntungan’), Navitimer 8 sebenarnya memiliki ikatan sejarah dengan dunia penerbangan. Dikisahkan koleksi ini terinspirasi dari Huit Aviation Department, sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Willy Breitling untuk memproduksi instrumen kokpit pesawat terbang. Lantas pemilihan nama Navitimer 8, karena, pertama ‘Huit’ dalam bahasa Prancis berarti delapan, kedua, perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1938, dan ketiga instrumen kokpit yang dibuat Huit Aviation Department dikenal akan daya power reserve selama delapan hari.

 


SIMBOL BARU AKAN SEBUAH ERA BARU DARI BREITLING

Label ini baru saja memiliki pemimpin baru yakni Georges Kern, yang meninggalkan posisinya sebagai Head of Marketing dari Richemont Group pada Juli 2017 untuk menjabat CEO dari Breitling, di mana ia juga sekarang merupakan pemegang saham minoritas. 

Kern memiliki reputasi sebagai seorang visioner dan pebisnis andal, dengan berhasil meningkatkan penjualan IWC Schaffhausen saat masih bergabung dengan Richemont. Menilik pada perjalanan kariernya, para pelaku dan pengamat industri jam tangan benar-benar mengamati betul perkembangan Breitling, sembari menunggu pembuktian apakah Kern juga mampu menyukseskan label ini–dan melalui kehadiran Navitimer 8 menjadi sebuah pertanda nyata akan hal tersebut.

 

Diterbitkan di Breitling Articles