5 Hal Penting Tentang Mechanical Movement

Ditulis oleh

Mengapa memilih mechanical movement? Sebagaimana membangun sebuah hubungan dekat, penting untuk melihat lebih jauh ke lapisan terdalam dari jam tangan yang kita ingin miliki.

TENTANG INNER BEAUTY

Saat pertama, kita mungkin terpesona dengan tampilan sebuah jam tangan, sejarah labelnya, atau bahkan penjelasan marketing yang diberikan. Lebih dari hal-hal ini, faktor penentu yang sesungguhnya sangat perlu diperhatikan ketika membeli jam tangan adalah: movement jenis apa yang diinginkan? Di gambar ini adalah kreasi Calatrava Pilot dari Patek Philippe dengan skema open case back.

MOVEMENT ADALAH JIWA JAM TANGAN

Movement adalah mesin yang menggerakkan sebuah jam tangan. Ini adalah jantungnya - dan bagi banyak connoisseurs, ini adalah jiwanya. Sebuah movement terdiri dari rangkaian mekanisme yang memungkinkan jam tangan untuk melaksanakan fungsi penunjuk waktu. Bagian tersebut melakukan berbagai hal, mulai dari menyuplai dan menyimpan daya hingga meregulasi dan mentransmisi energi pada interval tertentu sehingga jarum jam, menit, dan detik dapat menunjukkan waktu secara akurat.

ADA DUA JENIS: QUARTZ DAN MECHANICAL

Quartz movement yang muncul pada akhir 1970-an dioperasikan oleh daya baterai. Jenis ini sangat akurat dan murah, serta ditemukan pada banyak jam tangan standar.

Mechanical movement digerakkan sepenuhnya oleh komponen-komponen mekanis. Alat ini mendapatkan energi dari wound spring untuk mengoperasikan jam tangan. Spring itu menyimpan energi dan mentransfernya melalui serangkaian gears dan springs yang meregulasi pelepasan energi guna mengoperasikan jam tangan. Ada dua jenis mechanical movement, yakni yang hand-wound dan yang automatic. Di gambar ini adalah automatic movement Roger Dubuis.

INILAH KOMPONEN-KOMPONEN UTAMANYA

Sebuah movement terangkai melalui beberapa komponen utama. Ada yang disebut dengan winding system (A) yang dapat berwujud sebuah stem pada crown atau dalam bentuk winding rotor. Bagian tersebut terhubung dengan winding barrel (B) yang terdiri dari sebuah mainspring untuk menyimpan energi hasil proses winding. Energi itu kemudian ditransmisi melalui sebuah gear train (C) yang merupakan rangkaian wheels yang saling terhubung. Pada ujung gear train tersebut terdapat escapement (D), serangkaian mekanisme yang mengatur penggunaan energi sehingga movement menciptakan detak akurat.

LAST BUT NOT LEAST...

Ini adalah sebuah video di YouTube yang dengan baik menjelaskan bagaimana movement bekerja.

 

Diterbitkan di Cara Kerja Jam
Alvin Wong

Editor-in-Chief

Alvin promises not to be a douche when talking about watches. He may have scoured the Basel and Geneva watch fairs for the past 15 years, and played an instrumental role to the growth of Singapore's pioneering horological and men's lifestyle publications, but the intrepid scribe seeks to learn something new with each story he writes.  

www.crownwatchblog.com

Media