Empat Hal yang Wajib Diketahui Tentang Moonphase

Ditulis oleh

Panduan untuk berkenalan dengan complication paling melankolis.

Meskipun secara teknis tidak serumit (atau semahal) complication seperti tourbillon atau minute repeater, tampilan moonphase yang sederhana masih menempati peringkat sebagai salah satu complication paling menggugah yang dapat ditemukan di jam tangan.

Hermes Arceau L'heure de la lune

Complication yang membawa sentuhan artistik namun tidak menguras kocek, moonphase akan menyuguhkan fase bulan dalam arloji di seluruh spektrum harga. Lagi pula, gagasan tentang ketepatan waktu lahir dari kebutuhan kita untuk melacak lintasan waktu, mulai dari matahari terbit dan terbenam, perubahan musim, dan tentu saja, siklus bulan.

Glashütte Original PanoMaticLunar

Dikatakan bahwa tampilan moonphase paling awal sudah ada jauh sebelum ditemukannya jam mekanis. Salah satu contohnya adalah Antikythera, 'komputer analog’ Yunani kuno yang dirancang untuk melacak pola astronomi, yang telah ada sejak tahun 87 SM. Sejak itu, complication fase bulan ini telah melewati perjalanan panjang, dimulai dari kemunculan dalam jam menara selama periode Renaissance hingga dalam bentuk miniatur, serta dipasang dalam jam tangan modern untuk mengekspresikan kecanggihan teknis dan kecantikan artistik.

THE LUNAR CYCLE

Setiap siklus bulan membutuhkan waktu sekitar 29,53 hari. Moonphase, seperti yang biasa digambarkan pada jam tangan, menunjukkan area terang bulan saat bergerak di sekitar bumi selama siklus ini, dari sepotong kecil bulan sabit ke bulan purnama ketika sepenuhnya menyala.

BASIC MOONPHASE SYSTEM

Tampilan moonphase yang khas dalam arloji mekanis terdiri dari jendela berbentuk separuh lingkaran, dan di bawahnya terdapat cakram dengan dua bulan yang identik. Sistem moonphase yang paling umum adalah menggerakkan sebuah gir 59-gigi (gambar di bawah), yang memajukan cakram bulan dengan satu takik setiap 24 jam. Dengan demikian setiap setengah dari cakram bulan akan menyelesaikan siklus bulannya setiap 29,5 hari.

Namun, karena siklus bulan sebenarnya membutuhkan waktu sekitar 29,53 hari, ini berarti bahwa keakuratan sistem gearing dasar ini akan dimatikan 0,3 hari dalam sebulan. Oleh sebab itu, diperlukan koreksi tampilan moonphase setiap dua setengah tahun.

JOURNEY TO INCREASED PRECISION

Jaeger-LeCoultre Duometre Spherotourbillon Moon

Tentu saja, pembuat jam tidak pernah puas dengan presisi tingkat pemula. Jam tangan moonphase kelas atas cenderung lebih akurat, dan banyak di antaranya menampilkan gir 135 gigi yang memerlukan satu koreksi setiap 122 tahun. Dalam contoh yang lebih ekstrem, arloji ini memerlukan satu koreksi setiap RIBUAN tahun, seperti Jaeger-LeCoultre Duomètre Sphérotourbillon Moon Phase yang akurat hingga 3.887 tahun (foto).

CANVAS FOR HOROLOGICAL ART

Selain presisi yang ditingkatkan, complication moonphase modern menampilkan dekorasi yang semakin rumit dan berornamen, mengangkat fitur tersebut menjadi karya seni yang bonafid. Cakram emas padat dengan ukiran bintang-bintang menggunakan laser, dial aventurine yang menggambarkan langit malam, gambar fotorealistik bulan, dan bahkan tampilan bulat yang meniru rotasi bulan sekarang sudah kian setara.

Diterbitkan di Cara Kerja Jam
Alvin Wong

Editor-in-Chief

Alvin promises not to be a douche when talking about watches. He may have scoured the Basel and Geneva watch fairs for the past 15 years, and played an instrumental role to the growth of Singapore's pioneering horological and men's lifestyle publications, but the intrepid scribe seeks to learn something new with each story he writes.  

www.crownwatchblog.com
Selanjutnya di kategori ini: Seperti Apa Cara Kerja Power Reserve?