Escapement: Jantung dari Jam Tangan Mekanis

Ditulis oleh

Apa yang membuat jam tangan mekanis mampu berdetak? Lebih dari retorika marketing yang bilang tentang “warisan” atau “keindahan”, jawaban paling tepat sebenarnya adalah “escapement”.

Apa itu escapement?
Semua jenis jam memiliki escapement, mulai dari water clock antik hingga pendulum di menara jam. Escapement adalah alat mekanis yang bekerja selayaknya pengontrol traffic. Ia adalah pusat transmisi antara sumber energi dari jam dan seluruh komponen yang ada di dalam jam.

Membedah escapement
Sumber power yang dimiliki jam datangnya dari mainspring. Power ini dihantarkan melalui satu set wheels untuk mengatur komponen yang disebut balance. Di antara balance dan wheels (atau gear train), hadirlah escapement.

Mengapa jam butuh escapement?
Tanpa escapement, power dari gear train akan lepas kontrol. Jika itu terjadi, wheels akan berputar tanpa henti karena mainspring terus bergelung dengan kecepatan tinggi. Escapement membantu mengontrol hal ini, dan berkatnya, detik, menit, dan jam mampu berdetak dalam impuls yang presisi.

Cara kerja escapement
Intinya, escapement terdiri dari (A) escape wheel dan (B) sebuah tuas (atau pallet fork). Escape wheel akan mengerahkan seluruh kekuatan dari sumber energi milik jam yang dihasilkan oleh mainspring, dan menyalurkannya ke seluruh bagian jam. Escape wheel melakukannya dari mendorong giginya melawan tuas, yang bergerak dengan cara mengunci dan melepasnya untuk menghasilkan energi secara bertahap. Inilah yang membuat jam jadi khas berbunyi tik-tok.

Co-Axial adalah alternatif escapement
Diciptakan di era ’70-an oleh pembuat jam tangan asal Inggris, George Daniels, escapement Co-Axial diperjualbelikan dalam industri jam Swiss tanpa profit selama beberapa tahun, sampai Omega akhirnya mengakuisisi gagasan Daniels tadi, dan merilisnya resmi di pasaran pada tahun 1999. Fitur kuncinya adalah operasi yang hampir tanpa gesekan. Tak seperti gerakan sliding milik pallet fork tradisional, Co-Axial bekerja secara lateral, mengerahkan motion jadi lebih efisien, hingga tak butuh frekuensi servis yang sering. Co-Axial adalah satu-satunya escapement di luar dari escapement tradisional yang bekerja dengan tuas, yang diproduksi dalam jumlah signifikan di Swiss.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang escapement
Sejarahnya, escapement paling akurat sudah lama digunakan pada kronometer laut. Diciptakan pada tahun 1784 oleh pria Inggris, Thomas Earnshaw, detent escapement ini bekerja dari dorongan langsung yang dihasilkan oleh balance wheel di setiap ayunannya, dengan sebuah per yang sangat kecil untuk mengatur pergerakan escape wheel. Stabil dan hampir tanpa gesekan tapi tidak bisa self-starting, sebuah goncangan keras mampu mengakibatkannya mati. Oleh karenanya, detent escapement jarang ditemukan pada jam tangan, meski para pembuat jam tangan ahli seperti Christophe Claret berhasil menciptakan jam tangan dengan detent escapement yang berfungsi baik. Gambar di bawah ini adalah Maestoso dari Christophe Claret, movement jam yang memiliki detent escapement.

Contributor

Contributing Writer

Our secret contributor is an industry insider who has worked with well-known luxury watch marques, as well as written for numerous horological publications. He asks to remains anonymous, however, so as not to ruffle feathers with his sometimes opinionated posts.