Skip to main content

Fitur Rahasia Pada Strap NATO

Mungkin Adan belum tahu apa kegunaan beberapa bagian dari Nato strap ini.

Strap NATO adalah cara yang menyenangkan dan mudah untuk menambahkan warna dan keunikan pada sebuah jam tangan. Berasal dari jam tangan militer, strap ini sekarang sangat populer, namun, mungkin banyak dari kita yang mempertanyakan, mengapa ada strap ekstra panjang yang terlipat di bawah jam tangan?

Kegunaan strap one-piece yang berada di bawah spring bars sudah tidak perlu dipertanyakan lagi kegunaannya. Tetapi, NATO memiliki lapisan lain yang berada di antara jam dan pergelangan tangan. Biasanya dilipat di dalam buckle dan dijahit ke bawah strap.

Kegunaan dari lapisan kedua dari NATO strap ini adalah, jika spring bars patah ketika digunakan untuk keperluan militer yang berat, jam tangan tersebut tidak akan jatuh begitu saja dari pergelangan tangan Anda. 

Sebenarnya fungsinya mirip dengan double strap yang kebanyakan terbuat dari bahan kulit, tetapi double strap dengan bahan kulit membuat strap terlihat lebih tinggi pada bagian pergelangan tangan. Jika Anda ingin membuat jam tangan Anda terlihat tidak terlalu menonjol pada pergelangan tangan, strap NATO merupakan solusi yang tepat.

Didesain agar bisa dikenakan di atas lengan dengan nyaman dan tidak mengganggu tampilan, maka dari itu NATO strap banyak digunakan pada jam tangan casual. Para pengguna jam tangan casual tentunya tidak ingin jam tangan mereka terlalu menonjol, karena akan terlihat canggung.

Selain itu, strap NATO juga memiliki extra keeper, yaitu dua buah jahitan yang mengapit bodi jam tangan. Selain menjadi bagian dari estetika, ternyata kedua jahitan ini memiliki fungsi agar bodi jam tangan Anda tidak bergeser jauh dan bisa tetap berada di bagian tengah. Hal ini memang sangat diperlukan bagi para tentara militer yang harus menghadapi medan berat.

Tentara militer perlu untuk menjaga agar body jam tangan mereka tidak tergelincir pada saat dikenakan. Strap single-pass ada sebelum NATO, dibuat untuk militer Inggris pada tahun 1973, sebuah strap "proto-NATO" ini digunakan pada awal Perang Dunia II pada A-11 dan jam tangan militer lainnya. 

Bisa dibayangkan jam tangan itu akan mudah tergelincir dan muncullah desain strap NATO dengan dua lapisan serta extra keeper untuk menanggulangi segala masalah yang ada.

 

Pada akhirnya, saat ini desain rumit dari strap NATO banyak disukai oleh para penggemar jam tangan, walaupun sebenarnya kegunaanya lebih teruntuk penggunaan pada medan perang bagi para tentara militer. Namun estetika dan juga kesan casual yang dimilikinya membuat jenis strap ini banyak sekali digunakan oleh para anak muda.


Ditulis oleh