Skip to main content

Jam Tangan Otomatis 101

Beberapa hal dasar yang perlu Anda ketahui tentang jam tangan otomatis.

 

Jam tangan otomatis, atau yang juga dikenal sebagai jam tangan selfwinding, adalah jam tangan mekanis yang gerakan alami pemakainya memberikan energi untuk memutar pegas utama. Perbedaannya dengan jam tangan manual adalah, jam tangan manual, yang juga tidak memiliki baterai internal, harus memiliki pegas utama yang harus diputar untuk memberikan tenaga kepada mesin jam agar tetap berdetak.

Selfwinding

Dalam jam tangan mekanis, roda gir jam tangan diputar oleh pegas spiral yang disebut pegas utama. Dalam jam tangan manual, energi disimpan di pegas utama, kemudian energi dari pegas utama menggerakkan movement hingga habis, sehingga pegas harus dililitkan kembali.

Sementara jam tangan selfwinding memiliki mekanisme yang memutar pegas utama menggunakan gerakan alami tubuh pemakainya. Jam tangan berisi oscillating weight yang berputar pada poros. Gerakan normal jam tangan di lengan pengguna menyebabkan rotor berputar, yang dipasang pada mekanisme lilitan ratcheted. Gerakan jam tangan kemudian diterjemahkan ke dalam gerakan melingkar dari berat yang didapat, melalui serangkaian gir yang akhirnya memutar pegas utama.

Cadangan Daya (Power Reserve)

Pada jam tangan selfwinding pastinya Anda akan sering melihat fitur power reserve atau cadangan daya. Bank cadangan daya jam tangan terletak pada komponen yang dikenal sebagai barrel. Komponen ini tidak berbentuk tebal layaknya arti umum dari penamaannya, melainkan sebuah laras dalam gerakan mekanis tipis dan berbentuk hampir datar.

Di dalamnya ada untaian tipis dari logam yang dikenal sebagai ‘pendorong utama’. Ketika diputar, dorongan utama dan ketegangan yang berliku menyimpan energi untuk arloji. Saat penggeraknya lepas, ia memutar laras, yang terhubung ke gir yang memasok energi ke seluruh jam tangan.

Namun penting untuk dicatat, bahwa energi yang disalurkan harus diatur. Jika tidak, jarum jam dan menit akan berputar tak terkendali sampai listrik habis. Mekanisme yang mengontrol kecepatan dan keteraturan bagi daya yang dikeluarkan dikenal sebagai escapement.

Dalam sebuah jam mekanis rata-rata, bank daya mampu berkisar antara 38 hingga 42 jam. Itu hanya memberi Anda cukup waktu—sekitar satu hari—untuk kembali mengenakannya sehingga terus berdetak, dan tidak mengacaukan indikator yang menyertainya seperti tampilan tanggal dan moonphase.

Bagimana cara Mengatur Waktu Pada Jam Tangan Otomatis?

Yang pertama, jangan pernah mengubah hari atau tanggal saat jam tangan Anda saat ini antara jam 9 malam dan jam 3 pagi. Roda gir yang mengubah hari dan tanggal aktif di antara waktu tersebut, di sebagian besar jam tangan. Mengubah hari atau tanggal secara manual selama waktu tersebut dapat merusak roda gir dalam movement jam tangan Anda, menyebabkan kerusakan permanen pada roda hari atau tanggal Anda. Untuk menghindari hal ini, selalu pastikan waktu jam tangan Anda disetel ke 6:30 (jarum jam dan menit menunjuk lurus ke bawah) sebelum mengubah hari atau tanggal.

Setelah Anda menetapkan hari dan tanggal, tarik crown ke bagian luar untuk mengatur waktu. Mulai putar crown searah jarum jam. Anda dapat merusak mesin jam tangan jika saat mengatur waktu menggerakkan jarum berlawanan arah jarum jam.

Screw-Down Crown

Tersedia dalam jam tangan selam,  screw-down crown adalah fitur khusus yang melindungi case dari segala bentuk debu dan air. Bagian crown memiliki gasket yang membuat segel kedap udara saat disekrup. Fitur ini ditemukan pada tahun 1926 dan diuji pada tahun 1927 ketika Mercedes Gleitze menggunakannya saat berenang di Selat Inggris.

Sementara pemakainya harus selalu memastikan crown tersebut dalam posisi terkunci dan dapat dengan mudah digunakan untuk mengatur tanggal, hari, waktu, dll. Untuk mengubah pengaturan, lepaskan kenop dengan memutarnya searah jarum jam, menuju titik jam 6 dan Anda dapat mengatur waktu, tanggal, hari, dll. Untuk menguncinya kembali, pastikan crown didorong sepenuhnya ke dalam dan diputar searah jarum jam.


Ditulis oleh

End of content

No more pages to load