Skip to main content

Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Jam Tangan Kuarsa

Ternyata begini lho cara kerja mesin kuarsa!

Dahulu kala, mesin jam kuarsa pernah menjadi teknologi mutakhir yang hampir menjungkirbalikkan seluruh industri pembuatan jam mekanis. Mengantar apa yang disebut Krisis Kuarsa atau Revolusi Kuarsa, jam tangan dengan mesin kuarsa dengan cepat membuktikan bahwa cara yang paling handal dan paling akurat untuk mengetahui waktu bukanlah dengan jaringan roda gigi yang rumit, tetapi dengan kristal kecil, baterai dan beberapa motor kecil.

Banyak yang bilang bahwa mesin ini lebih akurat daripada mesin jam mekanis paling mahal dan paling canggih. Jam tangan kuarsa juga lebih terjangkau daripada jam tangan mekanis. Begitu Anda menggali sedikit dan memahami cara kerja teknologinya, mesin ini menjadi sangat menarik.

Lebih baik lagi, teknologi kuarsa sangat sederhana dan dapat diperkecil dan ditambah dengan elektronik dan fungsi pintar lainnya. Jam tangan pintar "Hibrida", misalnya, menggunakan kuarsa sebagai dasar untuk penunjuk waktu analog, lalu menambahkan elemen lain seperti pelacak langkah dan pemantau detak jantung.

Pembuat jam tangan lain telah mampu memasukkan ketepatan waktu atom ke dalam jam tangan kuarsa dan juga konektivitas smartphone, membuat jam tangan yang super-akurat menjadi lebih akurat. Singkatnya,  teknologi ini akan terus berkembang karena kepraktisannya.

Lalu, bagaimana jam tangan kuarsa bekerja? Setiap jam membutuhkan elemen pengatur yang berosilasi untuk menjaga waktu tetap akurat; pada jam tangan mekanik, ini berbentuk pegas keseimbangan dan roda keseimbangan. 

Namun, pada jam tangan kuarsa, ada kristal kuarsa kecil yang dipotong dalam bentuk garpu tala. Kuarsa secara alami bergetar pada frekuensi yang tepat dan juga memiliki sifat piezoelektrik, yang berarti bahwa ketika tekanan diberikan padanya, ia menghasilkan volt listrik yang kecil.

Ketika arus listrik dilewatkan melalui kuarsa, ia bergetar, biasanya 32.768 kali per detik. Sirkuit microchip jam tangan kemudian mengkonversi frekuensi ini menjadi satu pulsa listrik per detik. Impuls ini menggerakkan motor, yang pada gilirannya menggerakkan jarum detik dan memberi tanda pada arloji kuarsa tanda centang sekali per detik.

Jika Anda penasaran tentang sejarah perjalanan dari mesin jam kuarsa, simak tonggak sejarahnya di bawah ini:

1880: Fisikawan Prancis Jacques dan Pierre Curie menemukan piezoelektrik dalam kuarsa.

1927: Warren Marrison dan J. W. Horton menciptakan jam kuarsa pertama di Bell Laboratories.

1952: Baik Elgin dan LIP menghadirkan prototipe jam tangan elektronik, meskipun keduanya tidak menggunakan kuarsa.

1957: Hamilton memperkenalkan jam tangan elektronik pertama.

1967: Swiss Centre Electronique Horloge memproduksi prototipe jam tangan kuarsa Beta 1.

1969: Seiko memproduksi Astron, jam tangan kuarsa pertama yang tersedia secara komersial. 

1971: Girard-Perregaux memperkenalkan Kaliber 350, yang menetapkan standar untuk osilasi kuarsa pada 32,768Hz, lebih cepat dari jam tangan kuarsa sebelumnya dan terbukti lebih akurat dan mengonsumsi lebih sedikit energi.

Setelah mengetahui seluk beluk dan sejarah dari jam tangan kuarsa, apakah Anda tertarik untuk memilikinya?


Ditulis oleh

End of content

No more pages to load