Skip to main content

Lebih Mendalam Tentang Luminescence

Menyorot luminositas jam tangan.

 

Sulit untuk dipercaya, namun dahulu terdapat masa di mana Anda harus cukup kaya untuk dapat membaca waktu di keadaan gelap. Sebelum jam tangan dilengkapi oleh jarum dan penanda yang berpendar di kegelapan, para pembuat jam tangan mempersenjatai jam saku bagi para klien berkantung tebalnya dengan dentingan yang memberitahu waktu melalui bunyi. Pada awal dekade 1910-an, di tengah pergolakan Perang Dunia I, ketika para tentara mulai menggunakan jam tangan yang jauh lebih nyaman — dan kemudian menyadari bahwa dapat membaca waktu di keadaan gelap juga tak kalah penting — barulah gagasan untuk mengaplikasikan material berpendar mulai menarik minat para pembuat dan penikmat jam tangan.

Sejak saat itu, luminositas pada jam tangan telah melalui perjalanan panjang hingga akhirnya menjadi sebuah teknologi biasa (bahkan tak sedikit yang berpendapat bahwa fitur luminositas pada jam tangan adalah sesuatu yang wajib) yang telah dikembangkan dan diadaptasi dalam berbagai cara. Mulai dari tabung berisikan gas tritium yang berpendar selama bertahun-tahun, hingga material photoluminescent berpaten yang hadir dalam berbagai warna, watchmaking modern telah bertransformasi sebagaimana sebuah fitur yang dulunya hanya mengutamakan fungsional semata, kini seolah menjadi sebuah kompetisi di antara para brand jam tangan untuk menyuguhkan pancaran terbaik dan paling tahan lama. Berikut ini adalah pengetahuan dasar yang perlu Anda ketahui seputar teknologi luminositas nan unik.

SUPER SUPER-LUMINOVA

Super-LumiNova — dan pendahulunya yang bernama LumiNova — adalah material berpendar paling banyak digunakan oleh brand jam tangan zaman ini. Terdapat delapan warna Super-LumiNova yang masing-masing ditawarkan dalam tiga tingkat berdasarkan pada kecerahan dan keawetannya. Diproduksi oleh sebuah perusahaan basis Swiss bernama LumiNova AG, Super-LumiNova digagas oleh seorang entrepreneur Jepang bernama Kenzo Nemoto. Kenzo memulai karirnya dengan menjual lukisan phosphorescent pada tahun 1940-an dan mengembangkan material berpendar yang disebut strontium aluminate, sebuah fosfor stabil dan tidak berbahaya di tahun 1990-an. Ia kemudian bekerja sama dengan sebuah perusahaan Swiss dalam mendirikan LumiNova AG dan kelanjutannya telah menjadi bagian dari sejarah horologi.

BORN RAD BUT BAD

Pada dekade 1910-an, jarum dan penanda jam dilapisi oleh material cat yang berpendar secara mandiri bernama radium. Meski material tersebut menyajikan performa baik sesuai fungsinya, cat radium memiliki radiasi berbahaya di mana saat ia luruh akan memancarkan gas radon yang menyebabkan kanker. Sayangnya, efek buruk dari radium tidak terdokumentasikan secara luas pada beberapa tahun pertama. Barulah pada tahun 1968, penggunaan material tersebut sepenuhnya dilarang. Menariknya, belakangan ini, terdapat sebuah tren dial dengan tampilan jarum dan penanda warna beige bernuansa lawas yang seolah dilapisi oleh radium — namun tentu saja aman karena mengandung radium sama sekali.

BEHIND THE GLOW

Apa yang membuat bagian-bagian tertentu pada jam tangan dapat berpendar? Sederhananya, bayangkan sebuah proses menyimpan dan membakar energi, namun dalam hal ini energi diganti oleh cahaya di mana cahaya disimpan dan dipancarkan. Material berpendar yang diaplikasikan pada komponen-komponen jam tangan dikenal sebagai fosfor — menyerap cahaya dari sumber energi (misalnya, matahari) kemudian memancarkan kembali cahaya tersebut dengan berpendar dalam kecepatan yang lambat dan stabil. Pada mulanya, sumber fosfor adalah radium yang telah dilarang penggunaannya. Kini, perusahaan jam tangan mengandalkan dua material — gas tritium dan strontium aluminate yang merupakan fosfor tidak berbahaya atau lebih dikenal sebagai Super-LumNova. Beberapa brand, seperti Rolex dan Seiko, juga mengembangkan fosfor berpendar milik mereka sendiri yang masing-masing bernama Chromalight dan LumiBrite.

GAS THE ALTERNATIVE

Meski tak digunakan secara luas seperti LumiNova dan Super-LumiNova, tabung gas tritium yang diketahui mampu memancarkan pendaran yang kuat dan awet, memiliki reputasi solid di antara para pencinta jam tangan. Dimanfaatkan oleh berbagai brand, seperti Luminox dan Ball Watch, tabung-tabung bermaterialkan kaca borosilicate dibalut dengan sebuah lapisan fosfor dan diisi dengan gas tritium. Saat sang gas tritium meluruh, ia akan melepas elektron-elektron yang menyebabkan fosfor memancarkan pendaran. Tak seperti Super-LumiNova yang membutuhkan pengisian daya ulang dengan sumber cahaya setiap beberapa jam sekali, pendaran tabung gas tritium dapat bertahan hingga bertahun-tahun.


Ditulis oleh

End of content

No more pages to load