Skip to main content

Perhatikan Hal Ini Saat Mengatur Waktu dan Tanggal Pada Jam Tangan

Hal mendasar ini jika tidak diperhatikan bisa merusak movement jam tangan.

Menyetel waktu pada jam tangan mekanik Anda tampak sederhana, tetapi mungkin bisa saja tanpa disadari Anda merusak gerakan di dalamnya dengan tindakan yang tampaknya tidak berbahaya. 

Hanya ada dua aturan dasar yang perlu diingat, jangan membalikkan hand berlawanan arah jarum jam dan jangan mengubah tanggal pada jam 3 dini hari. Tetapi Anda juga harus mengerti mengapa tidak boleh melakukan hal-hal ini, dan bagaimana cara mengatur jam tangan Anda dengan benar yang akan kami jelaskan di artikel ini.

Cara Mengatur Waktu Dengan Aman

Cara mengatur jam yang tepat adalah dengan menarik crown ke posisi kedua untuk mengatur waktu. Jika itu adalah jenis movement yang menghentikan jarum detik ketika sedang diatur, Anda mungkin ingin menunggu hingga mencapai titik nol demi presisi waktu kedepannya. Kemudian putar hand searah jarum jam untuk mengatur waktu.

Diharuskan memutar searah jarum jam karena itulah cara yang dirancang untuk pada movement. Walaupun jika Anda mengaturnya dengan cara berlawanan arah jarum jam tidak berisiko menghancurkan jam tangan Anda secara langsung, hal itu dapat menyebabkan keausan yang tidak semestinya pada gir train.

Jika dilakukan secara terus menerus, mengatur waktu dengan melawan arah jarum jam dapat memiliki efek buruk pada kesehatan keseluruhan jam tangan. Maka dari itu, jika ketika sedang mengatur jarum jam dan Anda melewati sedikit dari waktu yang tepat, ada baiknya jangan memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam.

Cara Mengatur Tanggal dengan Aman

Agar aman ketika mengatur tanggal, Anda harus biasakan untuk mengaturnya ketika jarum penunjuk bergerak pada posisi di sepanjang bagian bawah dial. Pada sebagian besar jam tangan mekanik dengan fungsi tanggal, tanggal diatur dengan menarik crown ke posisi pertama. Tapi pertama-tama, Anda harus memastikan jarum jam sedang tidak berada di dekat tengah malam, ketika tanggal akan berubah secara otomatis.

Ketika waktu mendekati tengah malam, Anda mungkin memperhatikan bahwa disc tanggal tampaknya bersiap untuk berubah, dan terkadang tidak benar-benar mengklik sampai 15 menit lewat jam tengah malam. Itulah yang terjadi pada banyak jam tangan, misalnya pada movement ETA 2824-2, meskipun beberapa movement yang lebih canggih memiliki tanggal yang berubah secara instan di tengah malam.

Pin yang mencuat pada roda tanggal mendorong disk tanggal (yang menampilkan tanggal) maju setiap 24 jam. Ketika pin bersentuhan dengan cakram dan Anda memutar cakram tanggal melalui crown dapat menyebabkan kemacetan atau dalam skenario terburuk, menyebabkan roda benar-benar pecah. 

Jika itu terjadi, Anda tidak hanya harus mengganti roda, jika ada puing-puing masuk ke movement, Anda harus melakukan servis keseluruhan. Itulah mengapa kami sangat menyarankan untuk mengatur tanggal ketika jarum jam sedang ada di posisi bagian bawah pada pukul 5 sampai dengan 7.


Ditulis oleh

End of content

No more pages to load