Skip to main content

Tanda-Tanda Jam Tangan Anda Harus Segera Diservis

Perhatikan hal ini dan segera servis jam tangan Anda jika sudah nampak gejalanya.

Banyak yang menyarankan bahwa Anda harus melakukan servis rutin terhadap jam tangan mekanikal Anda maksimal setiap 3 tahun sekali untuk menjaga mesinnya agar tetap prima. Namun, sebenarnya di antara 3 tahun tersebut ada faktor internal dari bagaimana setiap orang menggunakan dan merawat jam tangan mereka yang menyebabkan jam tangan tersebut harus diservis.

Lalu apa tanda bahwa jam tangan mekanikal Anda harus segera diservis? Silahkan simak beberapa poin berikut.

Terdapat uap air atau droplet di bawah kristal.

Jika terdapat uap air atau droplet di bawah kristal jam tangan Anda, hal ini bisa disebabkan oleh dua hal. Pertama, Anda lupa untuk mengunci crown jam tangan ketika menggunakannya di dalam air. Kedua, mungkin Anda menggunakan jam tangan dengan push-pull crown di hari yang lembab setelah hujan deras. 

Jika sudah terdapat uap air atau droplet di dalam jam tangan, segera servis jam tangan Anda. Kemungkinan besar, gasket-nya sudah rusak dan bisa mempengaruhi movement yang akan sangat fatal.

Waktu dari jam tangan Anda lebih cepat.

Jika tiba-tiba waktu dari jam tangan Anda lebih cepat sampai lebih dari 10 menit dari waktu yang ada, kemungkinan besar movement-nya sudah kena pengaruh dari magnet. Ini disebabkan oleh coil dari balance spring menempel, sehingga memperpendek panjang dari spring dan membuat perputarannya menjadi lebih cepat.

Waktu dari jam tangan Anda lebih lambat.

Ketika waktu pada jam tangan Anda lebih lambat dari waktu yang Anda, coba lakukan winding ulang. Namun ketika Anda sudah winding ulang namun waktunya tetap berjalan lebih lambat, maka Anda harus membawanya ke tempat servis. Jika hal ini terjadi pada jam tangan kuarsa dan jarum detik bergerak setiap 2-3 detik, ini merupakan tanda-tanda Anda harus mengganti baterai jam tangan Anda.

Terdengar suara aneh dari jam tangan Anda.

Jika hal ini terjadi, ini adalah berita buruk dan Anda harus segera membawanya ke tempat servis. Bunyi tersebut biasanya berasal dari part movement yang patah atau baut yang kendor dan sangat berbahaya bagi movement jam tangan Anda. 

Beberapa fungsi jam tangan Anda tidak berfungsi dengan baik.

Jika beberapa fitur komplikasi pada jam tangan Anda seperti chronograph atau kalender tidak berfungsi dengan baik, ini bisa menjadi tanda ada sesuatu yang rusak pada bagian movement. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengecekan apakah Anda sudah menggunakan chronograph atau mengatur tanggal sesuai dengan manual book. Jika sudah benar dan masalah yang sama masih terulang, segera bawa ke tempat servis.


Ditulis oleh

End of content

No more pages to load