Skip to main content

Tips Menggunakan Jam Tangan Manual Winding

Seberapa sering Anda harus melakukan winding?

Ada dua tipe jam tangan mekanik, yaitu manual winding dan automatic. Jam tangan manual winding perlu untuk diputar pada bagian crown agar mesinnya tetap menyala. Sedangkan jam tangan automatic mendapatkan energi kinetik untuk menggerakan movement-nya melalui pergerakan tangan ketika menggunakan jam tersebut.

Untuk jam tangan automatic, mungkin sudah cukup mudah untuk menggunakannya agar tetap menyala, Anda tinggal selalu menggerakannya dan sering-sering digunakan. Selain itu, perhatikan juga power reserve dari jam tangan automatic tersebut, agar Anda mengetahui kapan jam tangan tersebut akan kehabisan energi sehingga tidak bisa berputar.

Sementara, untuk jam tangan manual winding banyak menuai pertanyaan, seberapa sering harus diputar? Sama seperti jam tangan automatic, jam tangan manual winding juga mempunyai power reserve yang durasinya bervariasi pada setiap masing-masing jam tangan.

Power reserve merupakan fitur di mana sebuah movement jam tangan menyimpan energi yang didapatkan. Waktu power reserve pada setiap jam tangan bervariasi antara 38-240 jam, dan ini sangat penting untuk Anda ketahui, berapa lama power reserve pada jam tangan yang akan Anda beli. 

Guna untuk mengetahui berapa lama power reserve dari jam tangan Anda adalah agar Anda tahu berapa lama jam tangan tersebut dapat menyimpan energi dari pertama kali Anda putar sampai dengan movement jam tangan tersebut kehabisan energi dan tidak bisa bergerak.

Jadi seberapa sering Anda harus memutar jam tangan manual winding bisa dilihat dari berapa lama power reserve dari jam tangan tersebut. Jika jam tangan Anda memiliki power reserve sampai dengan 50 jam, berarti setidaknya Anda harus memutar crown jam tangan Anda setiap dua hari sekali.

Lalu, untuk jam tangan manual winding, para ahli pabrikan jam tangan menyarankan untuk memutar crown sebanyak 30-40 kali pada movement jam tangan yang sudah kehabisan energi untuk mengembalikannya ke energi penuh. Sementara untuk jam tangan automatic, Anda tinggal mengocoknya beberapa kali atau menggunakannya di pergelangan tangan dalam waktu 8-10 jam untuk mengumpulkan energinya.

Pertanyaan lain yang sering muncul adalah, apakah jam tangan manual winding akan rusak jika diputar berlebihan? Jawabannya adalah tidak. Karena, semua jam tangan mekanik memiliki mekanisme di dalam movement yang melepas winding gear dari mainspring ketika sudah terputar dengan penuh. Namun tetap ada baiknya untuk mengikuti saran memutarnya hanya sebanyak 30-40 kali saja.

Pada beberapa jam tangan manual winding, terdapat sistem yang ketika memutar crown dan tenaganya sudah penuh, akan terasa sedikit lebih keras ketika diputar. Lalu, ada juga jam tangan manual winding yang jika putarannya sudah cukup akan mendakannya dengan bunyi ‘klik’.


Ditulis oleh

End of content

No more pages to load