Tourbillons: Hal yang Perlu Anda Ketahui

Ditulis oleh

Apa itu tourbillon? Benda kecil yang berputar perlahan pada dial jam dan memiliki daya tarik besar.

Inilah si jenius yang menciptakannya. Abraham Louis Breguet menciptakan tourbillon (bahasa Prancis dari ‘angin puyuh’) pada tahun 1801. Label yang ia dirikan - kini dimiliki oleh Swatch Group, hingga kini menciptakan tourbillon terbaik di dunia.



Kenapa Breguet membuatnya? Kemungkinan karena ia terganggu dengan arloji kantongnya yang selalu menjadi rusak. Karena arloji biasanya dipakai dalam posisi vertikal (disematkan pada rompi atau kantong celana), efek gravitasi membuat mekanisme kerja jam semakin hilang seiring berjalannya waktu.

Lalu? Lalu untuk mengatasi kendala itu, Breguet menciptakan sebuah sangkar untuk menopang keseluruhan mekanisme kerja jam. Ia merancang sangkar itu sedemikian rupa sehingga komponen-komponen berjalan melawan arah jarum jam—melawan gaya gravitasi—untuk mengatasi masalah deviasi waktu pada arloji.


Breguet Classique Tourbillon Extra-Flat Automatique 5377

Oke, jadi itu untuk arloji saku bukan… Kami tahu apa yang sedang Anda pikirkan. Tourbillon sudah ketinggalan zaman kan? Well, tak sepenuhnya benar.

Mengapa tourbillon masih digunakan sampai sekarang? Lihatlah tourbillon dalam konteks pembuatan jam secara tradisional. Saat ini, hanya brand-brand jam tangan dengan keahlian teknis tinggi yang mampu memproduksi kerumitan semacam itu. Di dunia pembuatan jam tangan, menciptakan sebuah tourbillon dianggap sebagai tingkat tertinggi dari keahlian seorang artisan, yang merupakan tanda kehormatan bagi mereka yang terbaik.

Tapi bukankah melelahkan untuk membuat hal sama dari waktu ke waktu? Well, sebagaimana aspek horologi lain, tourbillon telah berevolusi secara signifikan. Sebagian brand tetap membuatnya dengan cara lama, meski dengan finishing yang lebih baik, dan sebagian brand lainnya menggunakan material kontemporer dan konstruksi modern pada komponen-komponen tourbillon buatan mereka. Pada beberapa kasus, brand-brand menghasilkan inovasi-inovasi baru seperti double-tourbillons dan tourbillon yang mampu berotasi dalam beberapa arah.


Franck Muller Vanguard Gravity dengan extra-large elliptical aluminium tourbillon cage


Harry Winston Historie de Tourbillon 7 dengan dua bi-axial tourbillons

Di atas segalanya, sangat mudah untuk mengenali tourbillon. Mempertimbangkan betapa sulitnya membuat tourbillon, brand seringkali menempatkan benda tersebut di posisi terbaik pada dial. Jam tangan biasanya menampilkan tourbillon pada jendela terbuka dimana pengguna dapat melihatnya berotasi secara perlahan.

 


A. Lange & Sohne 1815 Tourbillon

Jika Anda ingin mengenali komponennya… Sebuah tourbillon dasar menjadi rumah bagi keseluruhan mekanisme escapement yang terdiri dari (1) escape wheel, escape lever, dan (2) balance wheel dalam sebuah (3) carriage, yang biasanya terbuat dari logam ringan. Tourbillon carriage umumnya berotasi 360 derajat dan memerlukan waktu satu menit untuk tiap rotasi.



Berapa harganya? Tanpa berusaha terdengar berlebihan, sebuah tourbillon dari brand ternama pada saat ini berharga sekira 600 jutaan rupiah ke atas. Kini ada model baru dari TAG Heuer, yakni Carrera Heuer 02T, yang berharga sekira sepertiga dari nominal sebelumnya dan tampaknya merupakan jam tangan dengan tourbillon buatan Swiss termurah yang pernah ada.



TAG Heuer Carrera Heuer 02T

Diterbitkan di Cara Kerja Jam
Di tag dibawah tourbillon
Alvin Wong

Editor-in-Chief

Alvin promises not to be a douche when talking about watches. He may have scoured the Basel and Geneva watch fairs for the past 15 years, and played an instrumental role to the growth of Singapore's pioneering horological and men's lifestyle publications, but the intrepid scribe seeks to learn something new with each story he writes.  

www.crownwatchblog.com
Selanjutnya di kategori ini: Finishing School: 6 Movement Finishing Utama