Wawancara dengan Davide Traxler, COO dari Corum

Ditulis oleh

“Sesungguhnya ini lebih tentang karakter sang brand dibanding ukuran brand.”

10 bulan masa jabatannya sebagai Chief Operating Officer dari Corum, Davide Traxler telah berkeliling dunia dua kali untuk menemukan ilham akan proses pengembangan brand, dan mencari tahu apa yang dibutuhkan para konsumen global. Faktanya, pada hari wawancara ini, dia baru saja mendarat dari Hong Kong dan bersiap untuk terbang first flight ke Bangkok keesokan harinya.

Dengan jadwal penerbangan yang intens, ia mengaku bisa bepergian selama 150 hari dalam setahun, dan meluangkan waktu luang yang dimilikinya dengan keluarganya. “Saya teramat membosankan, saya tidak terjun dari pesawat, saya tidak melakukan aktivitas yang spesial. Saya hanya menghabiskan waktu dengan keluarga saya dan membaca buku. Saya adalah makhluk paling membosankan di seluruh dunia,” ia tersenyum.

Terlahir di New York dengan ibu berdarah Inggris dan ayah berdarah Italia, Traxler bersekolah di Perancis dan sudah tinggal di berbagai penjuru dunia (“Saya ini berantakan,” ia menambahkan). Anak-anaknya kini menetap di Paris, Milan, dan London, sementara ia berbasis di La Chaux-de-Fonds. Kombinasi kultur ini membawa manfaat baginya sebagai pemimpin baru di brand timepiece.

“Saat saya tiba di sini, peran utama saya adalah untuk memahami perbedaan budaya antara perusahaan berbasis di Hong Kong (pemilik Corum, Citychamp Watch & Jewellery) dengan tradisi dan kulturnya sendiri,” ia mengungkapkan. “Ada sedikit culture shock, jadi saya agak seperti penahan di antara keduanya.” Ia menambahkan, “Saya rasa saat Anda datang dari latar belakang yang sangat berbeda – Saya pernah tinggal di Afrika, Amerika Selatan, dan Eropa – Anda terbiasa berinteraksi dengan ragam budaya, jadi saya menikmatinya.”

Dengan perubahan kepemimpinan dari Severin Wunderman menjadi Citychamp sekarang ini, apakah Corum juga harus membangun ulang dirinya?

Menurut saya, perubahan utama yang kami alami adalah perubahan tentang keseluruhan penjualan. Impresi yang saya dapat adalah bahwa sepanjang waktu ini, sudah ada arus positif dalam seluruh industri, dan para CEO serta pemimpin agak terputus hubungan dengan pasar. Saya rasa, sudah terdapat banyak ego yang terbangun dan itu menciptakan sebuah jarak antara pasar dan para CEO. Saya merasa bahwa masa itu sudah berakhir dan kini saatnya untuk menyimak, untuk belajar, untuk mencari tahu, dan untuk benar-benar ada di atas dari market, karena sejujurnya saya merasa sudah terlalu banyak jarak.

Apakah era kejayaan industri jam telah lewat, dan menurut Anda, kapan ia akan memuncak lagi?

Saya tidak akan bilang bahwa akan ada momen puncak yang akan datang, tapi memang saat ada perdagangan yang berlangsung baik selama 30 tahun, Anda punya ekspektasi bahwa ia akan menuju pendewasaan dalam poin tertentu, dan saat ia menjadi dewasa, ia akan menjadi perdagangan yang lebih baik. Saya rasa saat semuanya menjadi lebih normal, itulah yang disebut perdagangan yang lebih baik

Audemars Piguet memiliki Royal Oak dan Millenary, Jaeger-LeCoultre memiliki Reverso. Menurut Anda apa pilar utama Corum?

Tentu saja Golden Bridge – ia unik, spesial, dan kami satu-satunya yang menciptakannya. Tapi Corum memiliki histori tentang sederet special pieces yang pernah dibuat sepanjang waktu, dan saat Anda menelusurinya lewat arsip, itu luar biasa. Anda akan melihat pieces seperti Coin Watch (di bawah) yang dikenakan oleh berbagai presiden, Andy Warhol, The Bee Gees, oleh orang-orang spesial yang memilih untuk mengenakan jam spesial. Saya juga pernah melihat Raja Spanyol yang mengenakan Admiral’s Cup, dan Anda bisa melihat banyaknya orang yang mampu memenuhi apa yang mereka mau, dan memilih apa yang mereka inginkan, dan mereka memilih Corum. Dan mereka memilih kami sepanjang waktu, itulah yang membuat kami sangat spesial.


Coin Watch $20 Ref. 293.645.56/0001 MU51

Ada jam yang harganya di bawah 3000 dolar, sekaligus perhiasan mewah dari tulang belulang dengan tourbillons. Sebenarnya, di mana positioning Corum?

Saya rasa dalam konteks tertentu, itulah tantangannya. Pada dasarnya kami memiliki tiga brand dalam sebuah brand. Kami memiliki Admiral’s Cup, Bubble, dan Golden Bridge. Dan saat Anda memiki ketiganya, Anda harus bisa mengkomunikasikan mereka, walau mereka tidak benar-benar koheren antara satu sama lain.

Pada waktu yang sama, hal itu memberi kami ketahanan dalam pasar, karena, sebagai contoh, Admiral’s Cup memiliki performa lebih baik di Eropa, dan Golden Bridge lebih kuat di Asia. Jadi kami memiliki kekuatan yang berbeda-beda di pasar yang berbeda. Artinya, kami lebih tidak bergantung pada satu desain atau satu pasar, dan itulah yang menolong kami. Sejujurnya, untuk perusahaan kecil di modern ini, kami melihat beberapa kompetitor kami terkena dampak dari krisis Rusia, pasar lain melamban, namun kami menyeimbangkannya cukup baik, dan saya rasa kami bukanlah satu-satunya brand di tahun ini yang bisa bilang hanya setelah enam bulan saja, kami sudah tumbuh 104%. Jadi kami adalah brand dengan pertumbuhan paling pesat di pasar.

Manakah lini dengan performa terbaik Corum?

Peluncuran ulang Bubble (di bawah) sangat spesial. Ia menghadirkan kuantitas dan volume. Tapi di sisi lain, Golden Bridge yang bundar tetap menjadi penjual terbaik kami dalam konteks nilai.

Bubble Tourbillon GMT Ref. L397/02976 - 397.100.55/0001 BG01

Siapa target pasar Bubble, dan bagaimana ia bisa masuk ke dalam keseluruhan narasi Corum?

Bubble telah menjadi item ikonis dari Corum sejak peluncurannya di tahun 2000, dan di luar sana terdapat banyak kolektor Bubble. Rasanya seperti dunia yang berbeda. Ini adalah jam gila yang mampu menarik orang-orang yang menginginkan real watchmaking, namun di saat yang sama menginginkan sesuatu yang berbeda, dengan twist. Bagaimana ia bisa melebur? Mereka adalah jam spesial untuk orang-orang spesial. Semuanya menceritakan kisah yang berbeda – cerita nan gila, tapi menghibur.

Klien Bubble adalah klien mapan yang mencari sebuah twist. Jadi apa yang kami lihat adalah orang-orang yang mengunjungi toko mencari jam high end, dan mereka malah berakhir membeli lima, enam, tujuh Bubble. Dan kami melihat banyak sekali pembelian berulang. Orang-orang membelinya bersama-sama, dan apakah itu untuk hadiah? Apakah itu karena mereka ingin mengenakannya sekaligus memberikannya sebagai hadiah? Apakah itu karena mereka ingin semua koleksinya? Saya tidak mendapatkan informasinya, tapi yang saya tahu adalah bahwa kami memiliki banyak pembelian berulang.

Anda berkolaborasi dengan Steve Aoki. Bukankah itu demografis spesifik yang Anda targetkan?

Saya akan bilang bahwa sebenarnya kami tidak menargetkan suatu demografis. Mungkin demografis itu akan lebih muda daripada klien-klien kami. Tapi yang kami kerjakan adalah kami memasangkannya dengan seseorang yang memiliki kepemimpinan kreatif, dan mencintai Bubble. Saya bertemu Steve di Ibiza dan kami meeting di atas kapal. Itu saja sudah berbeda dari apa yang kami alami selama ini dalam dunia watchmaking. Ini membuat kami terbuka dan memahami sebuah dunia baru. Dan dia kreatif, dia memiliki energi yang tiada duanya. Dia adalah seseorang yang bisa menggelar tiga konser dalam sehari di tiga kota berbeda. Benar-benar menakjubkan dan sangat menyenangkan bisa bekerja sama dengan seseorang sepertinya.


Davide Traxler dan Steve Aoki

Dan berapa banyak Bubble yang dimiki Steve?

Saya rasa dia punya, enam atau tujuh? Dan ia mendesain miliknya sendiri tentunya. Kami bersama mengerjakan tiga ukuran, namun kami belum akan mengungkapkannya, jadi kami masih menanti melihatnya.

Seluruh koleksi Anda yang berbeda cukup distingtif, tapi bagaimana dengan koleksi Heritage?

Heritage adalah segalanya tentang item luar biasa yang dibuat sepanjang masa. Saat Anda menelusuri arsip, Anda bisa melihat orang-orang yang telah mengenakannya – para jendral, musisi, seniman. Koleksi ini selalu dipilih oleh orang-orang yang luar biasa distingtif. Coin Watch, contohnya – lima presiden Amerika 

Bagaimana perasaan Anda?

Saya senang karena ia adalah seseorang yang mampu membeli segala macam jam, dan ia memilih jam kami. Betapa itu tidak spesial? Saya tidak memiliki pandangan politis, saya sepenuhnya Swiss – kami netral. Tapi intinya, di sini kami memiliki seseorang yang mampu membeli apa saja dan ia memilih untuk mengenakan jam yang ia anggap sebagai jam tangan presiden, jadi itu sangat menyentuh kami.

Bagaimana koleksi 2016 Anda menyatu mengisahkan cerita yang kohesif?

Mereka hadir hanya sesederhana lewat menyimak. Saya langsung bepergian ke seluruh dunia dua kali saat saya bergabung dengan perusahaan ini, dan terdapat pesan yang jelas-jelas tersirat, dan itulah yang kami ikuti. 85% penawaran kami adalah shaped watches, dan 95% yang ada di pasar adalah jam bundar. Jadi kami membutuhkan sebuah jam bundar dan lahirlah Golden Bridge Round (di bawah).


Golden Bridge Round Ref. B113/03010  

Dan bila itu tentang ragam bendera pada Admiral’s Cup (di bawah), semua orang ingin melihat bendera yang tampak jelas, jadi kami menguatkannya dengan kontes desain di antara para desainer muda. Dan Bubble merupakan tentang berlaku gila karena di seluruh penjuru dunia, yang saya dengar adalah orang-orang menginginkan Bubble. Mereka terus membicarakan jam ini. Jadi inilah saatnya untuk membawa kembali kekuatan itu.


Admiral's Cup Legend 47 Worldtimer Ref. A637/02743 - 637.101.05/F371 AN01 

Seperti apa tren jam tangan yang Anda prediksikan dalam beberapa tahun ke depan?

Selalu sulit untuk memprediksi, tapi yang saya lihat adalah bahwa ukuran jam tangan di seluruh dunia telah hampir mendekati satu sama lain daripada beberapa tahun lalu di mana kami menerima permintaan dari Asia untuk ukuran 47 mm, dan bahkan kami menerima permintaan gila untuk Bubble berukuran 52 mm dari Malaysia, tapi tidak ada dari Amerika Selatan atau Rusia. Jadi kami akan meluncurkan Bubble 52 karena pasar memintanya sendiri. Case 52 mm itu besar sekali; mengejutkan, saya kaget tapi itulah yang pasar utarakan. Jadi seluruh prasangka tentang jam berukuran kecil di Asia mulai hilang. Anda bisa melihat ukuran menjadi semakin seragam di seluruh dunia.

Yang lainnya yang saya lihat adalah di sana terdapat ruang besar untuk jam wanita. Saya merasa bahwa brand besar wanita belum menginvestasikan cukup kreativitas dan ketertarikan dalam pergerakan timepiece wanita, dan saya rasa bahwa kini Anda melihat fokus umum dari perdagangan dunia untuk menemukan kembali apa sesungguhnya jam wanita. Ini bukan hanya tentang perhiasan.

Apa tujuan jangka panjang Anda untuk brand?

Saya ingin brand ini menjadi salah satu dari lima brand yang dianggap spesial bagi kolektor untuk mereka miliki. Itu bukan tentang ukuran, ini tentang keistimewaannya. Dan saya rasa Golden Bridge harus bisa menjadi salah satu jam yang siapapun pengoleksi jam ingin miliki. Dan saya rasa Bubble juga punya tempatnya di sana. Sesungguhnya ini lebih tentang karakter sang brand dibanding ukuran brand.

Diterbitkan di Corum Articles
Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".