5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Omega Speedmaster ‘Moonwatch’

Ditulis oleh

Jam tangan pilihan para penjelajah angkasa.

Mendapat Pengakuan dari NASA


Jam tangan Omega Speedmaster pertama kali dibawa ke luar angkasa yakni pada tahun 1962 oleh Walter Schirra yang memilih generasi kedua Speedmaster (Ref. CK2998) saat melakukan misi pesawat Mercury-Atlas 8 (Sigma 7). Kemudian, ketika para astronot NASA memutuskan bahwa mereka membutuhkan sebuah jam tangan kala melakukan misi di luar angkasa, beberapa jam tangan pun dipilih dan dilakukan serangkaian uji coba yang amat ketat, seperti ketahanan dalam suhu ekstrem, level tekanan yang tinggi dan bahkan ketahanan akan suara dengan level kebisingan di atas 130 desibel. Hasilnya, hanya Speedmaster yang mampu bertahan. Sampai sekarang jam tangan ini selalu dipakai oleh awak NASA kala bertugas.

Versi Orisinal dari Moonwatch diluncurkan Sesaat Sebelum Pendaratan Manusia di Bulan


Dikenal sebagai generasi keempat dari Speedmaster Professional, model ini diluncurkan pada tahun 1964 dan merupakan yang pertama dengan desain case asimetris yang pada bagian kanan dibuat lebih besar untuk meningkatkan aspek keamanan. Selanjutnya hal tersebut menjadi ciri khas Speedmaster. Model tersebut juga sekaligus menjadi yang terakhir dari Omega yang menggunakan calibre 321, yang sebelumnya digunakan pada seluruh jam tangan yang dipakai pada pendaratan di Bulan sampai yang terakhir – Apollo 17.

George Clooney Adalah Penggemar Jam Tangan Ini



Sebagai penggemar fanatik akan segala hal yang berhubungan dengan antariksa, George Clooney teringat dirinya dulu ketika manusia berhasil mendarat di Bulan pada tahun 1969, ia berlari ke luar mencoba apakah dirinya bisa melihat mereka secara langsung. Ayah dan Pamannya sendiri memiliki jam tangan Omega karena reputasi yang dimiliki oleh seri Speedmaster sebagai jam tangan pertama yang turut berperan dalam sejarah pendaratan manusia di Bulan. “Seluruh hidup kita dihabiskan dengan mengelilingi angkasa, dan Omega merupakan jam tangan yang berhasil menuju Bulan,” ujar Clooney. Hingga sekarang, ia masih menjadi salah satu ambasador dari Omega dan memuji akan ketertarikan label tersebut terhadap penjelajahan antariksa.

Berhasil Memecahkan Rekor Penjualan dengan Harga Mencapai 245 Ribu Dolar.


Itu adalah harga dari Omega Speedmaster milik dari astronot Apollo 17 Ronald Evans yang dilelang pada tahun 2015. Lantas siapakah pembelinya? Omega Museum. Model Ref. 145022-69ST tersebut diproduksi pada tahun 1970 dan terdapat cetakan tulisan “Flown in C.S.M. To the moon, Apollo 17”. Pun terdapat tanda tangan dari Evans pada bagian case back dan “6-19 Dec 72 Heat Flow Exp” di bagian kiri.

Karakter Animasi Snoopy Turut Menyukainya


Dalam sebuah hubungan ketertarikan yang tak biasa, karakter kartun favorit masyarakat ini hadir dalam seri Omega Speedmaster Professional “Snoopy Award Limited Editon” (2003) dan Omega Speedmaster “Apollo 13 Silver Snoopy Award” (2015). Snoopy telah lama memiliki keterkaitan khusus dengan NASA, terlebih Charles Schulz, sang kreator tokoh Peanuts yang selalu mendukung akan misi Apollo dan memberikan persetujuannya untuk menjadikan “Snoopy the Astronaut” sebagai simbol “watchdog” dari misi NASA. Jam tangan versi Apollo 13 didedikasikan secara khusus sebagai bentuk penghormatan akan kerjasama tim, determinasi, dan keberanian dari para astronot yang berhasil kembali dengan selamat meski misi mereka gagal.

Diterbitkan di Kajian Mendalam
Di tag dibawah omega
Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".