A. Lange & Söhne Kenalkan Sports Watch Pertama

Ditulis oleh

Selain sporty, Odysseus tetap membawa ciri khas Lange.

Mengambil nama dari seorang pahlawan Yunani yang bertempur dalam Perang Troya, A. Lange & Söhne Odysseus tampaknya membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun untuk membuahkan hasil - kira-kira sama dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengakhiri perang. Secara alami, orang menganggap konsepsi arloji itu sama sulitnya untuk diwujudkan.

Odysseus adalah koleksi keenam A. Lange & Söhne setelah Lange 1, Saxonia, 1815, Richard Lange dan Zeitwerk. Koleksi ini juga menjadi keluarga baru pertama brand asal Jerman tersebut sejak tahun 2008. Diklasifikasi sebagai arloji dengan 'keanggunan sporty', Odysseus juga merupakan sepotong puzzle yang hilang dalam daftar perusahaan sebagai koleksi stainless steel pertama A. Lange & Söhne.

Pada kesan pertama, Odiseus adalah keturunan asli Lange yang tidak salah lagi. Kunci untuk ini adalah tampilan day dan outsize date, terutama yang terakhir, yang merupakan ciri khas brand. Setelah diperiksa lebih cermat, kita akan menemukan banyak hal untuk dikupas, seperti yang Anda lakukan dengan semua jam tangan Lange. Dial multi-tier dengan finishing yang kontras; menerapkan desain index baton emas putih; inner minute flange dengan marker 60 detik berwarna merah, semuanya bergabung untuk memberikan dial dengan rasa mendalam dan kecanggihan.

Namun tidak hanya itu, Odysseus menawarkan sejumlah desain dan fitur teknis yang unik untuk koleksi ini. Yang paling jelas terlihat adalah bracelet stainless steel lima-tautan, yang memungkinkan penyesuaian tambahan hingga 7mm, berkat sebuah pusher baru yang mengaktifkan safety deployant buckle. Ciri khas kedua adalah tombol pengatur hari dan tanggal yang mengapit crown di sisi kanan, yang tidak hanya menyuguhkan kemudahan aktuasi, tetapi juga menambah imajinasi estetika dengan ujung-ujungnya yang meruncing.

Pada titik ini, Anda mungkin berpikir bahwa Odysseus lebih 'elegan' ketimbang 'sporty', dan memang benar, mengingat karakter asli jam yang kalem. Dengan begitu, kekokohannya menawarkan sesuatu yang lebih dari yang diperhitungkan. Dilengkapi dengan screw-down crown, Odysseus adalah jam Lange pertama dengan case kedap air, dengan rating 12-bar. Di bagian dalam, jam ini digerakkan oleh L155.1 Datomatic Calibre baru, movement otomatis 99-komponen yang menampilkan balance wheel yang dirancang ulang dengan countersunk adjusting screw yang konon meningkatkan akurasi kecepatan dan efisiensi energi. Komponen tersebut ditahan oleh balance bridge (bukan balance cock yang dipakai pada jam tangan Lange lainnya) untuk stabilitas yang lebih besar.

Saat dipakai, Odysseus langsung mencuri perhatian berkat contrast polished dan satin finish yang dominan untuk memancarkan kecanggihan dengan cara yang dilakukan oleh sports watch zaman sekolah dulu (hanya yang terbuat dari stainless steel). Meskipun jam ini nyaman dipakai dengan gelang lentur, tetapi lugs yang terlalu berlebihan mungkin bisa menjadi kendala bagi mereka yang memiliki pergelangan tangan ramping.

Seperti halnya brand mana pun yang memilih mengambil risiko dengan meluncurkan koleksi baru dengan latar belakang kenyamanan dan keakraban, A. Lange & Söhne akan memicu komentar yang adil dari kedua sisi dengan Odysseus, terutama dengan perbandingan yang tak terelakkan lewat koleksi yang ada. Tetapi kami percaya bahwa penggemar setia Lange akan menerima jam tangan ini secara perlahan.

 

Case

40.5mm stainless steel

Dial

Brass, biru tua dengan jarum emas putih dan indeks berlapis

Movement

Self-winding Lange manufacture calibre L155.1 DATOMATIC

Bracelet/Strap

Stainless steel bracelet, dark brown distressed leather, atau green dan black NATO

Fungsi

Jam, menit, dan detik tambahan dengan stop-seconds; tampilan hari dan tanggal

Water resistance

120m

Price

Rp 450.000.000 (estimasi)

Diterbitkan di Informasi Terbaru
Alvin Wong

Editor-in-Chief

Alvin promises not to be a douche when talking about watches. He may have scoured the Basel and Geneva watch fairs for the past 15 years, and played an instrumental role to the growth of Singapore's pioneering horological and men's lifestyle publications, but the intrepid scribe seeks to learn something new with each story he writes.  

www.crownwatchblog.com