A Rolex Lasts a Lifetime

Ditulis oleh

Sebagai bentuk kesungguhannya untuk menciptakan produk yang berkualitas dan memiliki standar tinggi, Rolex memperkenalkan Superlative Chronometer Certification dan menempatkan lokasi Rolex Service Centre baru di Jakarta.

Untuk memastikan jam tangan Rolex Anda terus berfungsi secara optimal sama seperti ketika membelinya, yang perlu dilakukan adalah hanya dengan memberikannya sedikit perawatan. Terletak di jantung kota Jakarta, cabang terbaru Rolex Service Centre menjadi tempat yang tepat untuk menjaga kualitas sekaligus standar tinggi yang dimiliki Rolex sebagai bentuk apreasiasi terhadap jam tangan Anda.

Segel hijau yang terdapat pada setiap jam tangan Rolex adalah simbol dari status yang disandangnya yakni sebagai Superlative Chronometer. Kini gelar terbarunya Superlative Chronometer Certification menjadi bukti akan peningkatan kualitas performanya untuk bisa melampaui standar paling ketat akan pembuatan jam tangan. Untuk bisa mendapatkan gelar eksklusif tersebut, Rolex telah melakukan serangkaian tes yang diawasi secara spesifik oleh tim pengujinya dengan penilaian berdasarkan standar yang lebih tinggi dari yang telah berlaku, disamping uji movement yang dilakukan oleh COSC. Tes yang dilakukan antara lain mengukur presisi chronometric dari movement, ketahanan jam tangan akan air, self-winding, dan power reserve. Kemampuan Rolex untuk melewatinya membuat Rolex menjadi yang terdepan dalam pembuatan jam tangan mekanis. Segel hijau padanya juga menjadi ciri akan garansi internasional yang berlaku bagi seluruh model jam tangan dari Rolex.

"Superlative Chronometer Officially Certified"

Secara historis, umumnya sebuah jam tangan dirancang untuk bisa berfungsi sebagai chronometer oleh label bersangkutan agar dapat mengukur seberapa tinggi presisi ketepatan waktunya. Sebagai garansi akan kualitas chronometer lansirannya, Rolex memutuskan untuk melakukan sertifikasi secara resmi, guna melanjutkan visinya yang akan konsisten berinovasi agar bisa menjadi yang teratas dalam hal presisi dan mengabadikan akan keunggulan dari seri Oyster. Untuk membuat perbedaan, di akhir era 1930-an Rolex mengganti inskripsi pada dial dari semula “Chronometer” menjadi “Officially Certified Chronometer”. Pada tahun 1951, sertifikasi resmi menjadi sebuah kewajiban. Namun, agar Chronometer buatannya semakin berbeda dibanding yang lain, label ini membidik target lain yakni mendapatkan gelar avec mention (sebuah pengakuan akan performa jam tangan yang luar biasa mengagumkan). Di akhir era 1950-an, Rolex meluncurkan generasi baru dari sistem movement miliknya yakni, 1500 calibres, yang dilengkapi akan sebuah balance wheel dengan sekrup emas Microstella yang dapat meningkatkan performa chronometric.

Arsip dokumen, sertifikat Chronometer “Class A” pertama di dunia, 1914.

Meski sertifikasi avec mention tidak dipakai lagi sejak tahun 1973 bersamaan dengan berdirinya Swiss Official Chronometer Testing Institute, namun hal ini menjadi catatan bersejarah tersendiri bagi Rolex sebagai pionir dalam hal presisi chronometric.

Rolex memberlakukan sebuah standar baru ketika membuat istilah “Superlative Chronometer” yang selanjutnya akan dicetak pada dial yang akan menjadi julukan terkenalnya yakni “Superlative Chronometer Officially Certified” pada akhir era 1950-an.

Kriteria yang membuat Rolex meraih gelar tersebut pun diperbarui pada tahun 2015 untuk menghadirkan standar baru bagi sebuah jam tangan mekanis yang berkualitas.

Pushing the Benchmark

Dalam sejarahnya, Superlative Chronometer identik dengan seri Oyster dan telah dicantumkan pada berbagai modelnya sejak akhir era 1950-an. Penandaan ini pun diubah untuk memperkenalkan sertfikasi terbaru Rolex di mana lebih unggul dari standar pembuatan jam tangan yang ada dan diterapkan secara menyeluruh pada semua kreasinya.

Demi menjamin status Superlative Chronometer yang disandangnya, Rolex melakukan serangkaian tes yang ketat di laboratoriumnya. Ada empat aspek yang diuji yakni level presisi, kapasitas power reserve, anti air, dan self-winding. Untuk mengetes presisi Rolex menggunakan sebuah metodologi eksklusif yang mensimulasikan kondisi jam tangan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah 15 hari 15 malam pengujian yang melibatkan tujuh kriteria penghilangan dalam lima posisi statis dan tiga temperatur berbeda, setiap movement diserahkan kepada COSC untuk diuji secara resmi.

Rolex Oyster Perpetual Cosmograph Daytona

Agar mendapatkan presisi yang diinginkan, Rolex menguji akurasi setiap jam tangan setelah menutup movement selama 24 jam, dalam tujuh posisi statis serta di dalam rotating rack. Deviasi dari sebuah jam tangan Rolex Superlative Chronometer tidak boleh melampaui −2/+2 detik per hari, setelah ditutup, bandingkan dengan standar yang diminta oleh COSC untuk movement yakni −4/+6 detik per hari.

Selanjutnya untuk menguji ketahanan jam tangan terhadap air yakni dengan mengenakannya di kondisi tekanan udara internal dan mencelupkannya ke dalam air pada sebuah hyperbaric tank. Garansi ketahanan jam terhadap air pada kedalaman 100 meter dites dalam kondisi tekanan air sama dengan skala kedalaman plus 10 persen, sementara jam tangan menyelam–yang dapat tahan air dari 300, 1.220, dan 3.900 meter–diuji dengan tambahan safety margin sebesar 25 persen.

Kapasitas self-winding juga menjadi aspek yang tak kalah penting dengan winding power dari Perpetual rotor self-winding module dicek menggunakan alat khusus yang dapat memastikan setiap komponen berfungsi secara seksama dan optimal serta tidak ada hambatan atau permasalahan dalam proses perakitan. Semua jam tangan berada dalam kondisi sepenuhnya rusak ketika di awal pengujian, dan power reserve dari setiap jam tangan dicek berdasarkan spesifikasinya untuk movement yang berbeda guna memastikan berapa lama dapat bekerja sebelum akhirnya berhenti.

Rolex Oyster Perpetual Day-Date 40 dan Rolex Green Seal

Setelah melewati semua tes uji coba untuk mengetahui kualitas dari produk (termasuk daya tahan terhadap medan magnet dan efeknya), status Superlative Chronometer dilambangkan dengan pemberian segel hijau yang terdapat pada setiap jam tangan Rolex dan disertai dengan lima tahun garansi internasional.

In Pursuit of Superlative Precision

Memproduksi jam tangan berkualitas tinggi selalu menjadi gol utama dari Rolex, khususnya dalam hal presisi dan tahan uji. Kehadiran tulisan “Superlative Chronometer Officially Certified” pada dial telah menjadi ciri khas dari setiap jam tangan Rolex. Diterapkan pada akhir era 1950-an, inskripsi ini menjadi simbol akan dedikasi dan determinasi dari Rolex untuk memproduksi chronometric yang andal, yang menjadikannya sebagai pionir akan hal presisi dari sejak awal abad ke-20.

Pada tahun 1957, Rolex meluncurkan generasi baru dari sistem movement miliknya, yakni 1500 calibres, yang dilengkapi dengan sebuah balance wheel dengan sekrup Microstella emas, yang dapat meningkatkan performa dari chronometric. (Sekarang, sekrup tersebut telah diganti dengan Microstella nuts. Hasilnya, tingkatan presisi yang didapatkan lebih tinggi daripada standar yang ada. Untuk merayakan pencapaian mengagumkan tersebut, Rolex membuat sebutan “Superlative Chronometer”. Setelah tahun 1973, dengan berdirinya Swiss Official Chronometer Testing Institute (COSC) yang menyatukan berbagai kantor pengukuran standar jam tangan yang berujung tidak berlakunya lagi gelar yang dipakai Rolex. Namun Rolex tetap mencoba mempertahankan citra “Superlative” chronometer yang dipegangnya dengan melakukan uji coba yang lebih ketat secara internal pada setiap karyanya. Pada tahun 2015, kriteria yang membuat Rolex meraih gelar “Superlative Chronometers” di akhir 1950-an pun diperbarui guna menghadirkan standar baru bagi sebuah jam tangan mekanis yang berkualitas.

Rolex Superlative Chronometer

Prosedur perbaikan Rolex dirancang untuk memastikan bahwa setiap jam tangan yang keluar dari workshop dapat bekerja secara optimal sesuai dengan fungsi dan desain aslinya. Setiap movement diperiksa secara teliti serta setiap case dan gelang juga diperhalus secara teliti untuk mengembalikan kilapnya. Akurasi dan ketahanan terhadap air juga diperiksa secara ketat sebagai garansi dari level kualitas dan keandalan yang tentunya Anda ekspektasikan dari sebuah jam tangan Rolex.

Agar bisa mengakomodasi kebutuhan Anda, Rolex menjaga jaringan ekstensif dari Service Centre yang dipilih secara cermat untuk profesionalisme dan keahlian mereka yang tanpa kompromi. Rolex Service Centre terbaru akan mulai beroperasi pada 15 Agustus 2018 di Centennial Tower Lantai Dasar, Jalan Gatot Subroto kav.24-25, Jakarta Selatan. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi +62 21 2935 3555 atau email ke Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. .

 

Diterbitkan di Informasi Terbaru
Di tag dibawah oyster chronograph
Selanjutnya di kategori ini: Santos de Cartier: Keanggunan Ikon Horologi