Skip to main content

Apple Rilis Watch Ultra 2 dan Watch Series 9, Produk Apple Pertama Paling Ramah Bumi

Diiringi tak sedikit rumor dan prediksi menjelang peluncurannya, akhirnya momen yang paling dinanti tiba, Apple menggelar Apple Event 2023, dan merilis iPhone 15 terbaru serta Apple Watch Ultra 2 dan Apple Series 9.

Apa yang menjadi sorotan dari rilisan Apple terbesar dalam beberapa tahun terakhir ini?

Dirilis perdana tahun lalu, dan meskipun menuai banyak pro-kontra, Apple Watch Ultra seri kedua ini mendapatkan upgrade yang cukup signifikan. Dengan case material berukuran 49 mm, baterai yang lebih besar juga menunjang ketahanan hingga 36 jam disertai ketahanan menyelam hingga kedalaman 40 meter di bawah permukaan laut, serta prosesor jawara chip S9.

Sedangkan Apple Watch Series 9 menawarkan tampilan layar yang dua kali lebih terang, prosesor S9 yang mumpuni lewat fitur Neutral Engine, dan ini adalah produk pertama Apple yang berstatus “Carbon Neutral”.

 

Carbon Neutral atau netralitas karbon sendiri merupakan sebuah tindakan mengurangi emisi karbon yang dihasilkan manusia bisa terserap kembali sebelum terlepaskan ke atmosfir. Apple pun menyasar bahwa saat 2030 perusahaannya dapat bersifat 100% carbon neutral baik secara produk maupun supply chain-nya.

Dalam usahanya, Apple juga mengganti bahan kulitnya dengan sebuah bahan yang dinamakan FineWoven, sebuah bahan dasar kain yang mewah dan berdurabilitas tinggi. FineWoven ini terbuat dari setidaknya 70% bahan daur ulang.

Kembali ke fitur baru, Apple memperkenalkan sebuah fitur unik yang akan tersedia baik di Apple Watch Ultra 2 maupun Apple Watch Series 9 yang dinamakan Double Tap Gesture.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan mengetuk sebanyak dua kali antara jari jempol dan telunjuk di bagian tangan dimana jam digunakan untuk melakukan beberapa perintah dari Apple Watch.

Ketika Anda melakukan Double Tap Gesture, beberapa aksi seperti membuka Smart Stack hingga mengangkat telepon tanpa harus menyentuh layar Apple Watch. Biarkan pergelangan tangan kanan Anda menjinjing briefcase dan jawab panggilan telepon di Apple Watch dengan mengetuk dua kali ibu jari dan telunjuk Anda. Smart move Apple!