Skip to main content

Cara Menemukan Strap Jam Tangan Paling Cocok untuk Anda

Dunia horologi mendapatkan begitu banyak perkembangan dalam dekade terakhir. Mulai dari movement, temali atau strap, fungsionalitas, hingga fitur-fitur yang tidak terpikir sebelumnya. Dari sisi desain pun terlihat bahwa para watchmaker semakin kreatif dalam memberikan angin segar terhadap koleksi jam-jamnya.

Berbagai model, gaya, serta sentuhan jam tangan juga dibungkus dalam cara-cara yang berbeda. Untuk contoh, selayaknya sebuah jam tangan selam (dive watch) akan menggunakan temali karet melihat fungsinya untuk dibawa menyelam, lalu untuk jam tangan formal (dress watch) kebanyakan menggunakan temali kulit atau rantai untuk mendorong gaya mewah serta berkelasnya.

Hal ini juga membawa berbagai gaya jam tangan tersebut ke ranahnya masing-masing, namun itu tidak berarti satu jenis jam tangan dengan yang lainnya tidak bisa saling melengkapi gayanya. Dari berbagai gaya yang ditawarkan, berikut beberapa penjelasan singkat mengenai temali jam tangan yang bisa menjadi referensi gaya Anda.

 

1. Temali Rantai/Bracelet

Temali rantai atau yang lebih dikenal dengan bracelet cenderung digunakan pada gaya-gaya jam tangan modern. Sentuhan modern yang diusung oleh bracelet yang umumnya menggunakan bahan dasar stainless steel memberikan perpaduan bersih antara strap dengan bezel dari jamnya. Umumnya, bezel serta bracelet memiliki tone warna yang cukup selaras dan seragam.

 

2. Temali Kulit/Leather Strap

Temali kulit banyak akan Anda temukan di pada kalangan dress watch yang biasanya memiliki titik vokal pada dial-nya yang cenderung kecil. Meskipun kecil, umumya dial yang stand out akan memberikan aksen mewah bagi perpaduan jam ini. Awalnya banyak digunakan pada jam tangan vintage, kini temali kulit juga banyak Anda temukan pada dress watch yang biasanya memiliki ukuran lebih kecil daripada jam tangan sport.

 

3. Temali Karet/Rubber Strap

Rubber Strap pastinya akan banyak Anda temukan di pada seri jam tangan sport, baik secara umum maupun jam tangan selam. Peruntukannya adalah kenyamanan ekstra ketika Anda gunakan dalam aktivitas berat. Tidak rusak ketika terkena keringat maupun air laut saat menyelam. Kenyamanan ini pun akan memberikan kesan nyaman pada pemakaian jam tangan dalam durasi yang cukup lama, cocok bagi Anda yang aktif dalam keseharian.

 

4. Temali Kain/Nylon Strap

Strap yang satu ini mungkin tidak sering Anda temukan pada jam tangan umumnya seperti strap lainnya tidak Anda temukan seumum strap lainnya. Bukan karena model atau pun tidak nyaman, melainkan pilihan yang satu ini menjadi gaya yang cukup niche bagi watch enthusiast. Temali yang satu ini banyak digunakan dalam gaya sporty klasik ataupun jam tangan pilot. Menjadi nyaman digunakan dan disetel diadjust, temali yang satu ini juga menguntungkan bagi pilot ketika harus mengatur ulang ukurannya sewaktu menggunakan sarung tangan.


Dari beberapa rangkuman kami mengenai strap, yang mana paling menggambarkan Anda atau yang paling cocok dengan Anda?