Citizen Gandeng Fossil Group untuk Kembangkan Smartwatch Hybrid

Ditulis oleh

Menyongsong masa depan dengan inovasi.

Awal Oktober ini produsen raksasa jam tangan asal Jepang, Citizen dan brand lifestyle Amerika Serikat, Fossil, mengumumkan sebuah "kerjasama strategis global lisensi teknologi" untuk mengizinkan Citizen Watch memproduksi movement untuk smartwatch hybrid dengan kemampuan teknologi dari Fossil Group yang kemudian akan menjual kedua movement dan jam tangan ke indsutri jam.

Kalau Anda bertanya apa itu smartwatch hybrid, pada dasarnya adalah penggabungan dari sebuah jam tangan analog dan smartwatch, seperti Fossil Q Goodwin (foto di atas). Tidak seperti smartwatch biasa yang bisa dengan mudah Anda interaksikan dengan menyentuh layarnya, sebuah smartwatch hybrid berfungsi persis seperti jam tangan analog pada umumnya, namun terkoneksi dengan sebuah app untuk memonitor hal-hal seperti detak jantung atau siklus tidur.

Tentu saja Citizen bukan pemain baru di pasar teknologi, dengan sederet inovasi seperti jam tangan berfitur Bluetooth pertama di dunia yang melakukan debutnya di 2006, kemudian Citizen juga memperkenalkan model Eco-Drive bertenaga solar yang juga berfitur Bluetooth.

Presiden dan CEO Citizen Watch, Toshio Tokura menyatakan mereka akan menyikapi serius saat masuk ke pasar smartwatch. "Kami sangat bertekad untuk mencetuskan kerjasama ini dan masuk ke kategori ini," paparnya. Kami (Citizen dan Fossil) akan memaksimalkan kombinasi dari masing-masing kekuatan kami untuk menjadi yang terdepan dalam kategori smartwatch."

CEO Fossil Group, Kosta Kartsotis menyatakan "kerjasama kami dengan Citizen sebagai pembuat jam tangan dan movement terbesar, akan memungkinkan kami memperluas dan menggenjot awareness dan pemakaian smartwatch hybrid. Bersama Citizen, kami akan memanfaatkan teknologi untuk mendorong skala di pasar smartwatch hybrid yang akan membawa produk baru yang inovatif dan menarik ke pasar jam tangan dan meningkatkan biaya produk kami.

Belum ada bocoran kapan movement pertama akan diluncurkan, namun kami penasaran menanti hasilnya.

Diterbitkan di Informasi Terbaru
Di tag dibawah citizen fossil smartwatch hybrid
Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".