Home of Fine Watchmaking: Warisan Penuh Tradisi dan Inovasi di Vallee de Joux

Ditulis oleh

Tempat yang wajib dikunjungi para penyuka jam tangan.

Terinspirasi dari pemandangan indah gunung Jura, Jaeger-LeCoultre Manufacture mendapatkan esensi mereka di tengah kota Vallée de Joux. Para ahli mereka bekerja dalam satu atap, watchmakers, engineer, desainer, dan artis, siap untuk membuat produk-produk jam tangan terbaik. Sejak tahun 1833, semangat kolektif dan ide-ide inovatif itu sudah menghasilkan lebih dari 1200 jenis caliber.

Home of Fine Watchmaking ini sering mengundang tamu untuk merasakan suasana studio dan melihat workshop restorasi serta Heritage Gallery mereka. Rumah dengan berjuta sejarah ini menjadi spotlight setelah mengalami beberapa renovasi.

Selama 5 bulan, rumah ini direnovasi untuk mengembalikan unsur-unsur sejarah mereka. Cat berwarna pastel dan jendela yang terbuat dari batu Jura membuat markas besar dari Jaeger-LeCoultre ini kembali terlihat seperti dulu kala namun memiliki energi baru untuk terus membuat inovasi. “MANUFACTURE D’HORLOGERIE” tertulis di bagian depan gedung ini, tepat di atas pintu masuk.

Di balik tembok berwarna broken white ini ada ruang kerja dari para ahli untuk melakukan restorasi dari berbagai jam tangan antik. Terletak dalam satu gedung yang sama dengan Heritage Gallery mereka, hal ini sangat memudahkan dalam mencari inspirasi. Mulai dari memperbaiki sampai dengan membuat komponen baru untuk jam tangan tua, jam saku, dan barang-barang antik lainnya yang dipercayakan kepada mereka untuk direstorasi.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pada gedung ini juga terdapat galeri yang sudah didesain ulang pada pertengahan tahun 2016 dan 2017. Heritage Gallery ini menyimpan banyak sekali jam tangan dan koleksi ikonik dari Jaeger-LeCoultre seperti Atmos, Reverso, Polaris, Memovox. Para pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang unik ke dalam perjalanan dari pembuatan jam tangan di sini.

Ada satu bagian pada galeri ini yang menyimpan berbagai barang bersejarah bagi perjalanan dari Jaeger-LeCoultre, seperti plan teknik, gambar, buku, katalog, iklan, sampai dengan daftar para klien. Disamping menjadi dokumentasi perjalanan, hal ini juga bisa menjadi inspirasi dalam proses kreatif mereka dalam membuat produk-produk terbaru.

Pada bagian tengah The Heritage Gallery, terdapat dinding kaca yang berwarna putih seperti salju. Dinding transparan ini memamerkan 340 buah mechanical movement yang telah didesain, dibuat, dan dirakit oleh Jaeger-LeCoultre. Anda bisa menemukan salah satunya movement terkecil di dunia seberat kurang dari 1 gram dalam dinding ini, calibre 101 yang dibuat pada tahun 1929.

Setelah mengunjungi gedung yang penuh nilai sejarah ini, Anda akan merasakan pengalaman yang sangat unik terutama untuk Anda penggemar jam tangan. Setiap sisi ruang dan barang-barang bersejarah di tempat ini seperti mengalirkan energi positif yang ditularkan oleh Jaeger-LeCoultre. Sebuah tempat yang wajib untuk dikunjungi saat Anda jalan-jalan ke Swiss.

Diterbitkan di Informasi Terbaru
Di tag dibawah jaeger lecoultre watchmaking