Skip to main content

Ini Dia Deretan Jam Tangan Pemenang GPHG 2023

Jam tangan terbaik 2023 - GPHG adalah pameran terbaik yang dimiliki dunia jam tangan untuk menyoroti produk terbaik dan paling cemerlang. Acara ini adalah salah satu dari sedikit acara yang berhasil menyatukan banyak aspek industri jam tangan setiap tahunnya untuk merayakan pembuatan jam tangan asal Swiss. Model jam tangan apa saja yang berhasil mendapatkan penghargaan? Daftar lengkapnya di bawah ini.

Aiguille d’Or: Audemars Piguet Code 11.59 Universelle RD #4

Yang membawa pulang penghargaan Aiguille d'Or tahun ini adalah Audemars Piguet dengan Code 11.59 Ultra-Complication Universelle RD #4. Aiguille d'Or adalah penghargaan yang setara dengan Academy Award untuk Film Terbaik dan merupakan salah satu penghargaan yang paling sulit diprediksi selama bertahun-tahun. Termasuk tahun ini, AP mencatat rekor 16 kemenangan secara total, menjadikannya sebagai Maison dengan penghargaan terbanyak dalam sejarah GPHG.

Model khusus dari Code 11.59 ini memberikan penghormatan kepada warisan AP yang memiliki komplikasi kelas atas dan menampilkan keahlian Maison dalam bidang teknik dan Haute Horlogerie. RD #4 membutuhkan waktu lebih dari 7 tahun untuk dibuat dan dilengkapi dengan 40 fungsi dan 23 komplikasi, semuanya dikemas dalam satu case berukuran 42 mm. Komplikasi yang terdapat pada jam tangan ini di antaranya adalah minute repeater, perpetual calendar, Grande Sonnerie Supersonnerie, flying tourbillon, dan a split-second flyback chronograph

Ladies’ Prize: Piaget Hidden Treasures

Kombinasi antara emas, batu, dan berlian dari Piaget Hidden Treasures memang sangat luar biasa. Tidak hanya berkilau, desain dari jam tangan ini sangat unik sehingga menarik perhatian banyak orang. 

Ladies’ Complication Prize: Dior Montres Grand Soir Automate Etoile de Monsieur Dior

Bersama dengan Van Cleef & Arpels, Dior adalah salah satu pembuat jam tangan yang selama ini kurang dilirik dalam hal komplikasi yang kreatif dan puitis. Namun dengan jam tangan yang satu ini, Dior membuat orang-orang semakin yakin dengan pengerjaan mekanisme jam tangan mereka. Semoga penghargaan seperti ini dapat menyoroti Dior sebagai pembuat jam tangan dan mendorong yang lain untuk berpikir di luar kebiasaan dalam membuat komplikasi.

Men’s Complication Prize: Voutilainen World Timer

Masing-masing jam tangan dalam kategori ini mengambil pendekatan yang berbeda untuk menciptakan jam tangan yang "rumit". Jadi, apa yang akan dinilai oleh juri? Apakah kegilaan mekanis murni? Apakah kualitas pembuatan jam tangan dan keahliannya? Apakah daya tahan pakai dalam menghadapi kerumitan?

Tampaknya para juri memutuskan untuk menimbang faktor-faktor ini dan memberikan penghargaan kepada jam tangan yang paling menyeimbangkannya. Case kotak Voutilainen's World Time memang non-tradisional, namun tingkat pengerjaan jam tangan ini tidak ada duanya dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang artistik namun tidak berlebihan telah lama menjadi kekuatan Kari Voutilainen dan timnya.

Iconic Prize: Ulysse Nardin Freak One

Ketika Ulysse Nardin memperkenalkan koleksi Freak pada tahun 2001, jam tangan ini membantu memelopori penggunaan silikon dalam pembuatan jam tangan. Untuk hal ini saja, jam tangan ini layak mendapatkan GPHG sebagai jam tangan yang ikonis.

Tourbillon Prize: Laurent Ferrier Grand Sport Tourbillon Pursuit

Ketika jam tangan tourbillon kebanyakan hadir dengan desain yang rumit dan sibuk memamerkannya melalui dial, jam tangan yang satu ini malah berfokus pada ketepatan dan tourbillon yang mereka sematkan. Keberanian ini patut diapresiasi.

Calendar & Astronomy Prize: Bovet 1822 Récital 20 Astérium

Bovet memiliki sejarah yang cukup panjang dalam kategori ini, dan dengan jenis jam tangan seperti ini, maka kemenangan ini bukanlah suatu kejutan besar. Malahan, sebuah kejutan jika ada jam tangan lain yang menang di sini.

Chronograph Prize: Petermann Bédat Chronographe Rattrapante

Jam tangan ini sangat fantastis di hampir semua level dan ini adalah pesaing sejati untuk Aiguille d'Or juga. Sepertinya semua penggemar jam tangan, karena jam tangan ini juga dinobatkan sebagai chronograph Terbaik di Revo Awards 2023.

Sports Prize: Tudor Pelagos 39

Pelagos 39 adalah jam tangan sehari-hari yang paling bagus yang bisa diinginkan oleh siapa pun, dengan desainnya yang bersih, kualitasnya yang bagus, dan sifatnya yang klasik. Saya tentu saja senang melihatnya diakui seperti itu.

Jewelry Prize: Bulgari Serpenti Cleopatra

Serpenti Cleopatra merupakan sebuah gelang bertaburkan emas dan berlian yang memiliki jam tangan yang disembunyikan di kepala, sebagai perhiasan, ini mungkin hal biasa, namun ini merupakan jam tangan yang sangat menarik.

Itu adalah beberapa kategori terbesar, tetapi ada beberapa pemenang lainnya. Berikut adalah jam tangan dan pembuat jam tangan lainnya yang membawa pulang penghargaan GPHG pada tahun 2023:

Artistic Crafts Prize: Piaget Altiplano Métier d’Art Undulata

Petite Aiguille: Christopher Ward London C1 Bel Canto

Challenge Prize: Raymond Weil Millésime Automatic Small Seconds

Mechanical Clock: L’Epée 1839 Time Fast II Chrome

Chronometry Prize: Ferdinand Berthoud Chronomètre FB 2SPC

Horological Revelation: Simone Brette Chronomètre Artisans

Audacity Prize: Maison Alcée Persée Azur

Innovation Prize: Hautlence Sphere Series 1


End of content

No more pages to load