Inilah Daftar Peraih Penghargaan Dalam GPHG 2018

Ditulis oleh

Apa saja kejutan yang terjadi dalam Grand Prix d'Horlogerie de Geneve tahun ini?

Kalau Anda cukup akrab dengan Academy Awards atau Oscars dalam dunia perfilman, maka dalam ranah horologi kita mengenal acara tahunan Grand Prix d'Horlogerie de Geneve (GPHG). Sebuah ajang paling prestisius di dunia yang memberikan apresiasi dalam dunia watchmaking setiap bulan November sejak 2001.

Penghargaan jam tangan yang berlangsung di Jenewa ini dibagi ke dalam berbagai kategori seperti pria dan wanita, sport watch, inovasi teknis, complication, watch maker terbaik dan special jury prize.

Berikut adalah daftar pemenangnya:

1. “Aiguille d’Or Prize” Grand Prix: Bovet 1822 Récital 22 Grand Récital

Kami tidak terlalu kaget melihat masterpiece dari Bovet ini menyabet grand prize. Kami akan betah berlama-lama—kalau tidak terhipnotis—memandangi 9-day Flying Tourbillon, Tellurium-Orrery dan Retrogade Perpetual Calendar dalam jam tangan ini.

2. Women’s Watches Award: Chanel Boy-friend Skeleton

Jam tangan haute horology untuk wanita memang tidak terlalu sering kita temui, namun mahakarya Chanel ini patut mencuat. Jam tangan Boy-Friend mereka benar-benar menggoda dan versi skeleton ini sukses menggabungkan keeleganan dan gaya modern dengan apik yang pasti membuat bangga Coco Chanel.

3. Women’s Complication Award: Van Cleef & Arpels Lady Arpels Planétarium

Van Cleef & Arpel membawa pulang penghargaan untuk complicated ladies watch terbaik. Lady Arpels Planetarium menampilkan dial aventurine yang dipercantik dengan case diamond set. Movement complicated mechanical yang begitu rumit dalam jam tangan ini dikembangkan dan dirancang oleh manufaktur jam tangan asal Belanda, Christiaan van der Klaauw.

4. Mens Watches Award: Akrivia Chronomètre Contemporain

Nama Rexhep Rexhepi sebagai pendiri Akrivia tertulis dalam dial jam tangan terbaru mereka. Sulit untuk tidak menyukai jam tangan dengan case yang elegan, dial yang tegas dan movement yang solid. Seperti ini lah seharusnya setiap jam tangan 'simple'.

5. Men’s Complication Award: Laurent Ferrier Galet Annual Calendar School Piece

Kalau Anda pernah melihat sebuah kalender tahunan seminimalis dan sekontemporer ini, mohon tunjukkan ke kami karena kami tidak bisa membayangkannya. Galet Annual Calendar School Piece dari Laurent Ferrier memang bukanlah jam tangan paling complicated dalam daftar pemenang ini, tapi berhasil menunjukkan sebuah esensi jam tangan dalam desain yang cool.

6. Chronograph Award: Singer Reimagined Singer Track1 Hong Kong Edition

Tidak ada keraguan sedikitpun bahwa jam tangan chronograph Singer Reimagined akan memenangkan kategori ini, baik dari sisi mekanis maupun desain. Sebuah central chronograph dengan rotating local time discs, yang menjadi sebuah pendekatan baru untuk sebuah racing watch.

7. Chronometry Award: De Bethune DB25 Starry Varius Chronomètre Tourbillon

Sebuah kiasan baru akan jagat raya, meskipun lebih sederhana dari sebuah planetarium. Dengan hollow lugs mereka yang khas, bentuk crown dan case, ini adalah De Bethune. Kombinasinya dengan unsur teknis yang terdepan sepertinya cukup untuk meyakinkan para juri.

8. Mechanical Exception Award: Greubel Forsey Grande Sonnerie

Waktu lebih dari sepuluh tahun yang dibutuhkan Greubel Forsey untuk merancang Grand Sonnerie membuahkan hasil dengan menyabet penghargaan untuk Mechanical Exception. Dalam kurun waktu tersebut mereka terus memastikan bahwa suara chime, tingkat presisi dan cara Anda mengoperasikan jam tangan semuanya memenuhi standar tertinggi. Hasilnya adalah sebuah masterpiece yang dirancang dari 935 parts.

9. Sports Watches Award: Seiko Prospex 1968 Diver’s Re-creation

Ini adalah satu dari dua dalam daftar pemenang yang termasuk jam tangan yang dirancang kembali. Seiko Prospex adalah salah satu jam selam terbaik di luar sana. Dengan dial vintage yang dikombinasi dengan overlarge indexes dan posisi crown pada jam 4 membuatnya paling unik dan mencuri perhatian di antara kelompok jam selam lainnya.

10. Jewellery Watches Award: Van Cleef & Arpels Secret de Coccinelle

Satu-satunya brand yang meraih dua penghargaan tahun ini. Jam tangan perhiasan dari Van Cleef & Arpels ini memang tidak punya banyak kandidat pesaing. Silakan memandangi perhiasan yang akan berubah menjadi jam tangan saat si ladybug bertatah batu ruby menyingkapnya.

11. Artistic Crafts Award: Hermès Arceau Robe du soir

Sebagian di antara Anda mungkin ada yang berargumen bahwa kebanyakan dari daftar pemenang ini mendorong horologi ke level keterampilan artistik, tapi kategori penghargaan ini lebih dari itu. Hermès memamerkan mahakarya dalam sebuah mosaic kuda yang berwarna cerah dan detail luar biasa.

12. Petite Aiguille Award: Habring² Doppel-Felix

Sejatinya ini adalah pilihan para pencinta jam, karena ini satu-satunya pemenang yang bukan ditentukan oleh juri GPHG. Jam tangan chronograph Habring² Rattrapante (split seconds) ini adalah sebuah timepiece yang indah dan tentunya membuat industri jam tangan Austria bangga.

13. Challenge Award: Nomos Glashütte Tangente neomatik 41 Update

Hal yang paling menginspirasi dari trio jam tangan date display terbaru dari Nomos yang dipamerkan Maret lalu ini adalah dua titik merah di pinggir dial yang menunjukkan tanggal, membuat Anda mudah membacanya tanpa harus mengorbankan estetika desain Bauhaus ciri khas mereka.

14. Revival Award: Vacheron Constantin Historiques Triple calendrier 1942

Seperti nama penghargaan kategorinya, jam tangan ini adalah interpretasi ulang akan sebuah Vacheron yang bersejarah dari tahun 1942, dengan referensi spesifik 4240. Jam tangan berwajah vintage yang tampan ini mempunyai dial krem untuk menggambarkan semangat inovatif koleksi pendahulunya.

15. Audacity Award: Konstantin Chaykin Clown Watch

Kategori ini selalu menyenangkan, dan jam tangan Konstantin Chaykin Clown memenuhi semua persyaratannya. Kategori audacity memberikan para pembuat jam kesempatan untuk merancang sesuatu yang nyeleneh dan tidak biasa. Seperti terlihat pada jam ini, sebuah dial dengan desain badut yang mempunyai mata sebagai indikator cakram jam dan menit, fitur moon phase sebagai lidah dan make-up guilloche yang dominan. If that’s not audacious then nothing is.

16. Innovation Award: Krayon Everywhere Horizon

Kami biasanya termasuk cakap dalam menyaring horologi kompleks menjadi mudah dimengerti namun Krayon Everywhere Horizon sepertinya berada di luar kemampuan kami. Dengan beberapa trik horologi, jam ini bisa memberitahu Anda dengan tepat waktu sunrise dan sunset di manapun Anda berada di dunia ini. Sudah pasti ada beberapa inovasi luar biasa di balik itu. Bagaimana pendapat Anda tentang case yang bertatahkan berlian?

17. Jury Award: Jean-Claude Biver (President of the LVMH Watch Division,  Chairman of Hublot, TAG Heuer and Zenith)

Jean-Claude Biver adalah seorang godfather dalam industri jam tangan modern. Memimpin LVMH, ia membangun sebuah brand Hublot yang akhirnya bisa dikenal seperti sekarang. Sudah tak terhitung berapa banyak mahakarya yang dihasilkan di bawah kepemimpinannya. Menjelang masa pensiunnya setelah ia mundur dari jabatannya, tak ada yang lebih layak dari sebuah penghargaan ini kepada Jean-Claude Biver.

Diterbitkan di Informasi Terbaru