Jam Tangan Terbaik di Baselworld 2019 Hari ke-4

Ditulis oleh

Daftar rekomendasi dari Citizen, Seiko, Casio dan Luminox.

Citizen Calibre 0100

Saat ini di tahun lalu, Citizen meluncurkan Calibre 0100 barunya yang disebut-sebut sebagai pencatat waktu paling akurat di dunia dengan varian hanya +/- 1 detik setahun. Menawarkan waktu tempuh sekira delapan bulan dengan sekali pengisian daya. Sekarang brand ini telah memberikan debut pada caliber dalam tiga jam edisi terbatas yang benar-benar pas untuk caliber secanggih ini.

Versi pertama (dan pilihan kami) hadir dengan dial ivory yang indah yang terpasang dalam case white gold 18K, dikombinasikan dengan tali kulit crocodile hitam. Estetika yang konvensional terasa sangat lekat dengan brand itu sendiri. Pada jarum jam menggunakan heavy brass, elemen yang tidak akan bisa didorong oleh torsi caliber quartz biasa. Jarum detik juga selaras dengan index, berkat proses fabrikasi LIGA—teknologi yang digunakan untuk mikrostruktur rasio aspek tinggi. Dua versi lain tersedia dalam Super Titanium—satu dengan dial hitam dan satu lagi dalam mother-of-pearl.

Grand Seiko Spring Drive Caliber 9R02 SBGZ001

Jika ada brand yang selalu dapat diandalkan dalam segala situasi, itu adalah Grand Seiko. Seorang ahli penggabungan minimalis yang elegan dengan keunggulan teknis, pembuat jam tangan Jepang tahu apa yang berhasil dan membawanya setiap waktu. Tahun ini, ia memperkenalkan Spring Drive Calibre 9R02 baru dari Micro Artist Studio yang legendaris di Shiojiri, yang bertanggung jawab untuk menciptakan beberapa jam terbaik seperti Spring Drive Minute Repeater dan Sonnerie.

9R02 adalah movement manual-winding kedua dalam seri 9R Grand Seiko, mengikuti model 8-Day Power Reserve Spring Drive mulai 2016. Movement baru ini menampilkan dua mainspring secara paralel dalam single barrel dan menggunakan Torque Return System untuk memberi power reserve 84 jam. Sebagai bentuk penghormatan pada simbol Shiojiri, mainspring barrel didesain berbentuk seperti bellflower. Tetapi yang benar-benar mengejutkan kami adalah dial berpola salju dan case platinum, terinspirasi oleh lanskap pegunungan yang indah yang mengelilingi rumah studio di Nagano. Dengan tekstur begitu indah, jam menjadi hidup di bawah cahaya dan terlihat cantik setiap saat. Diproduksi terbatas hanya 30 buah.

Casio MRG-G2000GA

Koleksi kelas atas MRG Casio dari rentang G-Shock menjadi yang teratas tahun ini. MRG-G2000GA mencapai kembali ke peninggalan sword-making yang berharga di Jepang - khususnya pusaka pembuatan pedang Gassan yang berusia 800 tahun - sambil terus maju dengan fitur-fitur progresif yang menjadikan G-Shock salah satu jam tangan terkuat di planet ini.

Tekstur genggaman pada tautan bracelet terinspirasi dari yang ditemukan pada pedang Jepang, yang secara tradisional dilakukan untuk memastikan cengkeraman yang lebih baik. Di sana, orang juga menemukan sebuah prasasti dari karakter kanji ‘鍛‘ (diterjemahkan secara bebas berarti 'menempa'). Semuanya disatukan dalam sebuah case yang terbuat dari titanium rekristalisasi yang mengingatkan formasi kristal pada bilah pedang. Sedangkan bezel terbuat dari Cobarion, material unik yang dua kali lebih keras dari stainless steel yang dibentuk menyerupai ujung pedang Jepang. Dan jika Anda bertanya-tanya, kemilau ungu yang menawan adalah hasil dari proses pelapisan ion - menghasilkan warna yang membangkitkan kebangsawanan bagi orang Jepang. Diliputi dengan detail dan nuansa multi-facetted, edisi terbatas sebanyak 300 buah ini harus dilihat secara langsung untuk kita bisa menyadari dan menghargai.

Luminox Arctic 1200 XL1203

Karena profil case facetted yang tidak biasa, butuh waktu untuk koleksi Luminox ICE-SAR dari tahun 2018 untuk mencuri hati kita. Jam ini adalah yang menginspirasi koleksi Arctic 1200 baru (ICE-SAR singkatan dari Icelandic Association for Search and Rescue, dimana Luminox menjadi official partner tahun lalu). Tapi sekarang kami langsung jatuh hati dengan koleksi ICE-SAR, jam tangan lanjutan Arctic 1200, yang lahir dalam bentuk case yang sama persis yang mendefinisikan koleksi sebelumnya.

Terdapat lima referensi, dan favorit kami adalah XL1203, yang menonjol karena case dan dial PVD steel ice-blue-nya. Rona biru navy terlihat begitu keren pada case ini dan berhasil menonjolkan desain dial, yang menampilkan gambaran hidraulik dari peta dunia dan markas ICE-SAR. Fitur khas lainnya termasuk bezel yang merangkap sebagai kompas, strap tekstil yang kuat dan reflektif, dan tentu saja tabung gas tritium self-powered illumination terkenal milik Luminox. Meskipun tidak seperti yang diharapkan dari sebuah koleksi Luminox yang terinspirasi Navy Seal, Arctic 1200 menawarkan alternatif yang menawan yang sarat dengan kepribadian yang hebat.

Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".