Skip to main content

Kebangkitan Legenda - LVMH Watch Week 2024 Gerald Genta dan Daniel Roth

Sinergi lahirnya kembali dua merek legendaris Daniel Roth dan Gérald Genta, yang diprakarsai oleh LVMH.

LVMH Watch Week 2024 di Miami telah sukses menampilkan inovasi terbaru dari industri jam tangan mewah, dengan kehadiran brand-brand ternama seperti Bulgari, TAG Heuer, dan Hublot yang memperkenalkan kreasi teranyar mereka. Acara ini tidak hanya menjadi ajang pembuktian kemajuan teknologi dan desain dalam dunia horologi, tapi juga momen kebangkitan bagi dua legenda jam tangan, Gerald Genta dan Daniel Roth, di bawah kendali divisi Louis Vuitton La Fabrique du Temps, yang dikawal oleh Enrico Barbasini and Michel Navas. Kembalinya kedua merek ini ke panggung dunia menandai aspek keberlanjutan dalam sejarah jam tangan mewah, menegaskan bahwa dalam dunia horologi, tidak ada warisan yang tidak bisa direvitalisasi.

Gérald Genta Minute Repeater Jumping Hours Minute Retrograde – Edisi Only Watch 2023 Edition © Disney, Caliber Baru GG-001

Dalam dunia horologi yang serius, Gérald Genta dikenal sebagai pribadi yang unik, ia cenderung melakukan hal yang tidak dilakukan oleh kebanyakan pelaku dalam industri jam tangan. Salah satunya, dengan membawa semangat perubahan dengan menghadirkan jam tangan bertema karakter Disney pada tahun 1984, sebuah langkah yang menandai pertemuan antara jam tangan dan budaya pop. Terinspirasi oleh alam, desain furnitur, dan seni, dengan Picasso sebagai muse utamanya, inisiasi kreatif Gérald Genta paralel dengan mengejar inovasi tanpa batas. Kolaborasi ini, yang awalnya disambut skeptis oleh industri jam tangan tradisional, kini menjadi bagian penting dari warisan merek tersebut, menggabungkan desain yang ceria dengan komplikasi favoritnya, minute repeater, dalam case khas oktagonal yang elegan dan berimbang, menjadikannya simbol wujud yang mudah dikenali.

Cerita perjalanan Gérald Genta pun terus bergulir, hingga tahun ini bermuara pada lahirnya caliber baru, yaitu GG-001, mewakili simbol kegigihan dan kecanggihan teknik cipta yang terus berkembang. Sesuai dengan kriteria Gérald Genta yang sejak dahulu berani mendobrak batas-batas dari apa yang dianggap mustahil secara teknis, itulah sebabnya jam tangannya selalu memiliki movement jam yang begitu canggih. Sehingga pada jam tangan ini, menawarkan komplikasi yang tak kalah canggih dengan: minute repeater, jumping hours, dan minute retrogade. Masuk akal jika minute repeater dengan jumping hours tidak sering ditemukan dalam pembuatan jam. Pertemuan ini menjadi pencapaian penting dalam pembuatan jam tangan adalah terciptanya dua sistem penghitungan waktu independen, yang sepenuhnya tersinkronisasi, dapat diandalkan, dan hemat energi.

Daniel Roth Tourbillon Souscription DR0011YG-01

Tourbillon Souscription adalah jam tangan yang dikreasikan ulang dengan penyempurnaan desain dan mekanik, yang tetap membawa semangat asli. Dengan mempertahankan bentuk elips ganda klasik dan ukuran aslinya, jam tangan ini menonjolkan caliber rumahan baru dan dial emas padat bermotif guilloche. Namun, area lug-nya diperbarui demi kenyamanan, kemudian ketebalan casing dikurangi menjadi 9,2 milimeter, hampir 2 milimeter lebih tipis dari model Tourbillon ref. 2187/C187 aslinya. Dengan mengikuti jejak Daniel Roth yang

mendirikan merek ini lebih dari tiga puluh tahun lalu, prototipe pertama ini menunjukkan arah baru merek tersebut untuk terus berkomitmen pada eksklusivitas, kerajinan teknik cipta, dan pendekatan terdedikasi terhadap komplikasi jam tangan. Momen lahir kembali dari merek ini pun didukung oleh La Fabrique du Temps Louis Vuitton di Jenewa, Swiss.

Michel Navas dan Enrico Barbasini, juga merupakan dua pembuat jam; yang seperti Daniel Roth, adalah pengrajin dan teknisi yang terampil dalam sejarah pembuatan jam tangan mewah. Mereka berdua kini mengelola merek tersebut, dengan pola pikir utama untuk mengembalikan euforia keajaiban asal-usul merek tersebut dengan menggunakan pengalaman mereka yang luas dalam menciptakan komplikasi-komplikasi terbaik. Michel Navas, yang merupakan teman lama Daniel Roth, mengatakan, "Saya selalu menghormati Daniel atas semangat perintisnya sebagai pembuat jam independen, dan merasa terhormat dapat menginterpretasikan kembali filosofi pembuatannya." Secara eksklusif, sebanyak 20 unit dari jam tangan ini akan segera memesona klien yang telah memesannya, pada periode semester awal 2024.


Ditulis oleh

End of content

No more pages to load