Skip to main content

MEMPERKENALKAN: Franck Muller’s Long Island Evolution Master Jumper Ref. LI 35 MJ SQT NR BR(VR)

Long Island mendapatkan peningkatan besar bersamaan dengan kombinasi triple-jumping yang baru.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai rilis terbaru dari Franck Muller ini, saya harus menyatakan bahwa saya memiliki bias karena Long Island adalah salah satu pertemuan pertama saya dengan pembuatan jam tangan mewah yang sesungguhnya. Desain jam tangan ini tetap menjadi salah satu favorit saya, terutama ketika dipadukan dengan komplikasi Crazy Hours dari Franck Muller.

Desain asli Long Island adalah salah satu yang paling dicintai dari Franck Muller dengan estetika elegan yang terinspirasi dari Art Deco

Bahkan, Franck Muller secara umum memiliki reputasi yang sangat baik dalam pembuatan jam tangan dengan fungsi waktu saja atau waktu dan tanggal, baik itu Casablanca, Long Island, atau ikon Cintrée Curvex. Menambahkan tourbillon atau multi-axis tourbillon tentu saja mengangkat keanggunan jam tangan tiga jarum ini. Tidak diragukan lagi bahwa pembuat jam tangan ini memiliki bakat dalam menciptakan komplikasi, namun menurut saya, bahasa desainnya paling baik disampaikan melalui penunjuk waktu yang sederhana.

Franck Muller membuat pernyataan berani dengan Long Island Master Jumper yang menampilkan komplikasi triple-jumping.

Tampilan Jumping

Itulah sebabnya, untuk penyegaran Long Island di tahun 2024, pembuat jam tangan ini memperkenalkan tiga referensi berbeda untuk fungsi waktu saja atau waktu dan tanggal, dengan tampilan yang sangat beragam. Yang paling signifikan di antaranya adalah Master Jumper, sebuah komplikasi triple-jumping baru yang membuat pernyataan besar (dan merupakan rekor dalam pembuatan jam tangan juga). Meskipun triple jumper memang ada dalam kalender abadi, ini adalah triple jumper kalender saja yang bekerja secara instan dan hanya bertepatan sekali dalam sebulan dalam loncatannya.

Franck Muller Long Island Master Jumper menggunakan lima cakram untuk menampilkan jam, menit, dan tanggal.

Ketika membahas tampilan melompat dalam penunjuk waktu, Zeitwerk Date adalah yang paling mendekati Franck Muller Master Jumper, meskipun yang terakhir unggul dalam satu aspek: tampilan tanggal besar, yang berarti terdapat dua cakram untuk tanggal. Secara total, Master Jumper menggunakan lima cakram untuk menampilkan jam (satu cakram), menit (dua), dan tanggal. Hal ini benar-benar membuatnya menjadi gerakan yang mengesankan karena energi yang diperlukan untuk menggerakkan lima cakram (atau bahkan empat atau tiga) secara berulang-ulang sangat signifikan dan juga menyebabkan penurunan amplitudo pada setiap kejadian. Hal ini dapat berdampak pada akurasi.

Kaliber FM 3100 memiliki sistem barel ganda yang tidak biasa. Satu barel memberdayakan tampilan tanggal dan kereta roda gigi, sedangkan yang lain menggerakkan hanya tampilan waktu.

Franck Muller mengatasi hal ini dengan menggunakan sistem barel ganda yang tidak biasa, dengan satu barel memberdayakan tampilan tanggal dan kereta roda gigi, dan yang lain menggerakkan hanya tampilan waktu. Dengan memisahkan dua sumber (seperti karrusel), hal ini mengurangi dampak terhadap akurasi. Namun, sayangnya, hal ini juga datang dengan biaya yang berbeda - cadangan daya. Kaliber FM 3100 memiliki otonomi selama 30 jam, cukup jika Anda mengenakan jam tangan ini setiap hari, tetapi memutar jam akan menjadi rutinitas harian.

Franck Muller Long Island Evolution memiliki kasus titanium berlapis PVD hitam dan kasus dalam aluminium yang dianodisasi hijau, memberikan jam tangan ini tampilan yang hampir seperti TRON.

Sebuah Long Island Baru

Selama sekitar lima tahun (atau lebih), saya telah bertanya kepada Franck Muller apakah mereka akan memperbarui case Long Island. Bukan bahwa Long Island asli terlihat ketinggalan zaman, tetapi dalam hal konstruksi, bahan, dan perkembangan, jelas tertinggal. Long Island Evolution baru (Franck Muller sangat suka dengan Evolution) tentu mengubah semuanya. Ditempatkan dalam case titanium berlapis PVD hitam yang digosok, dengan case dalam aluminium, jam tangan ini ringan dan sangat kontemporer. Itu hampir terlihat seperti TRON jika Anda mempertimbangkan anodisasi hijau terang pada case dalamnya.

Transparansi, kesportifan, dan kekinian adalah sorotan dari Franck Muller Long Island Evolution

Konstruksi tambahan ini dirancang untuk meningkatkan perlindungan terhadap goncangan yang ditawarkan dalam jam tangan ini, yang sesuai dengan tampilan skeletonisnya. Transparansi, kesportifan, dan kekinian adalah sorotan dari seri ini, dan hampir merupakan kebalikan lengkap dari asal-usul Novocento Long Island, yang terinspirasi oleh Art Deco dan romantis dalam gaya. Namun, jika Anda menempatkannya bersama, Anda dapat melihat bagaimana satu sama lain erat terkait. Ujung yang sama lembut, lugs pendek untuk pemakaian yang mudah, dan konstruksi kasus melengkung yang sesuai dengan pergelangan tangan semuanya bekerja dengan baik bersama.

Ada dua model lain dalam seri ini, salah satunya adalah Giga Tourbillon dan yang lainnya hanya waktu dengan cadangan daya tujuh hari. Yang terakhir adalah lagi sebuah potongan menarik; ini sebelumnya digunakan dalam jam tangan klasik lama Franck Muller tetapi telah diberikan desain ulang modern dengan indeks-indeks baru dan perlakuan hitam pada pelat gerakan. Secara keseluruhan, ini adalah evolusi yang banyak orang tunggu-tunggu.


Ditulis oleh