Skip to main content

Merayakan 25 Tahun Datograph, A. Lange & Söhne Memperkenalkan Dua Edisi Spesial dari Koleksi Kronograf Mereka

Kronograf ikonik ini mendapatkan warna dial baru dan benar-benar bersinar (secara harfiah).

Sebelum kita membahas inovasi terbaru A. Lange & Söhne tahun ini, mari kita mengingat kembali akhir milenium lalu. Setelah diluncurkan kembali pada tahun 1990, Manufaktur Saxony ini segera menjadi pemain utama dalam industri pembuatan jam dengan model-model ikonis seperti Lange 1 dan Tourbillon ‘Pour le Mérite’, pada tahun 1994. Dan pada tahun 1999, mereka memperkenalkan Datograph yang praktis memulai era baru kronograf internal tingkat atas, sebuah konsep yang cukup baru pada saat itu. Menyambut ulang tahun ke-25 timekeeper tercinta ini – dan memahami betapa istimewanya angka ‘25’ bagi Lange – beberapa edisi peringatan khusus disiapkan, dan merek ini memberikan yang terbaik.

Terbatas hanya 125 unit, Datograph Up/Down terbaru memiliki dial biru tua dan casing 41mm dari emas putih 18K.

Datograph Up/Down

Datograph Up/Down adalah evolusi dari Datograph asli yang dianggap banyak orang sebagai ikon pembuatan jam modern, yang menetapkan standar kronograf haute horlogerie. Dikembangkan dari awal, Calibre L951.1-nya adalah gerakan kronograf roda kolom klasik dengan fungsi flyback, penghitung menit yang melompat dengan presisi, dan tanggal besar khas Lange, yang memberi nama pada jam ini. Pada tahun 2012, jam ini berevolusi menjadi iterasi saat ini, Datograph Up/Down, dengan perubahan seperti ukuran kas yang lebih besar menjadi 41mm dan penghilangan angka Romawi untuk tampilan yang lebih bersih, serta menggunakan Calibre L951.6 baru yang meningkatkan cadangan daya dari 36 menjadi 60 jam dan menambah indikator cadangan daya di posisi 6 jam, yang menjelaskan namanya.

Calibre manual in-house L951.6 tetap menjadi jantung yang berdetak di dalam Datograph Up/Down.

Untuk merayakan ulang tahun ke-25, Lange pertama kali menambahkan opsi dial biru dengan emas putih 18K ke koleksinya, yang juga masih tersedia dalam platinum atau emas muda, keduanya dengan dial hitam. Varian baru ini terbatas hanya 125 unit dan menampilkan permainan kontras yang indah, dengan warna biru yang kaya kontras dengan sub-dial berwarna rhodié, jarum luminous, dan indeks jam baton. Hal ini meningkatkan daya baca sambil menyoroti desain dial simetris aksialnya. Sentuhan merah pada indikator cadangan daya juga menarik, memberi sinyal kapan saatnya untuk mengisi ulang jam. Calibre L951.6, yang dirakit dua kali secara manual, tetap menjadi jantung jam ini yang menampilkan arsitektur yang memukau melalui bagian belakang kaca safir.

Berkat elemen luminanya, Datograph Perpetual Tourbillon Honeygold 'Lumen' memiliki tampilan yang hampir futuristik dalam gelap.

Datograph Perpetual Tourbillon Honeygold ‘Lumen’

Datograph Perpetual Tourbillon adalah salah satu model kronograf paling kompleks dari A. Lange & Söhne, menggabungkan tiga fitur tambahan tradisional dalam satu desain elegan. Tahun ini, model ini menjadi bagian dari seri 'Lumen', bergabung dengan Zeitwerk, Grand Lange 1 Moon Phase, dan Datograph Up/Down yang sudah terkenal. Seperti model lain dalam seri ini, jam tangan ini memiliki tampilan yang hampir futuristik dalam kondisi gelap, dengan tanggal besar, sub-dial, dan indikator fase bulan yang bercahaya, serta skala tachymeter dan jarum yang terlihat. Untuk memastikan elemen yang bercahaya tetap terisi, bahkan ketika tidak digunakan, dial kaca safir dilapisi dengan bahan semi-transparan yang hanya membiarkan sinar UV berenergi tinggi masuk, memberikan tampilan teknis yang istimewa pada jam ini.

Dibalut dalam emas Honeygold 18K, kaliber manual in-house baru L952.4 menggerakkan semua fungsi jam tangan ini dengan cadangan daya 50 jam.

Dibatasi hanya 50 unit dan terbungkus dalam paduan eksklusif 18K Honeygold milik Manufaktur, jam berdiameter 41,5mm ini dilengkapi dengan Calibre L952.4 buatan sendiri yang baru dengan penggerak manual. Calibre ini menggerakkan fungsi kronograf flyback serta menampilkan indikasi kalender perpetuanya, termasuk hari dalam seminggu, bulan, tahun kabisat, dan tampilan siang/malam. Meskipun indikator cadangan daya tidak disertakan dalam model baru ini, jam ini tetap memberikan otonomi selama 50 jam setelah diisi penuh. Gerakan yang terdiri dari 684 bagian yang dirakit dua kali dapat disaksikan melalui bagian belakang kaca transparan, menampilkan tourbillon satu menit dengan mekanisme stop-detik yang memungkinkan pengaturan waktu yang akurat hingga detik. Dengan ciri khas Lange, seperti jembatan perak Jerman tanpa perlakuan, chatons emas berkilau, sekrup biru, dan ukiran tangan yang sangat halus, jam ini menjelma sebagai puncak keahlian pembuatan jam tinggi.


Ditulis oleh