Rolex Submariner Bukukan Rekor Dunia di Geneva Watch Auction: NINE

Ditulis oleh

Demam vintage berkuasa.

Ketika berbicara tentang jam tangan vintage, sentimen pasar jelas akan menguat, seperti terlihat dari hasil lelang Geneva Spring beberapa waktu lalu.

Diadakan pada tanggal 11-12 Mei, Geneva Watch Auction: NINE melampaui perkiraan tinggi pra-penjualannya, mencatatkan CHF 25.800.625 dari total 212 lot, menjadikannya pelelangan jam tangan paling sukses musim ini.

Rolex Ref. 5508 'Small Crown'

Angka tersebut banyak dikontribusi oleh tiga rekor dunia yang dicetak oleh jam tangan Rolex, termasuk dua Submariner, yang menetapkan rekor untuk sebuah "Small Crown" Submariner dan Ref. 6200. Jam pertama (gambar atas), sebuah jam tangan selam awal dengan bracelet, lengkap dengan kotak, wax tag dan jangkar, terjual 500.000 franc Swiss, jauh di atas perkiraan antara 80.000 hingga 160.000 franc Swiss.

Rolex Ref. 5508 'Big Crown'

Pada sisi lain, Ref. 6200 adalah Submariner 'Big Crown' stainless steel, diklasifikasikan sebagai "sangat langka" dan "penting". Dilengkapi dengan dial Explorer hitam mengkilap, jam tangan terjual di 596.000 franc Swiss.

Rolex Ref. 8171 'Padellone'

Rolex ketiga, Ref. 8171, dilepas seharga 980.000 franc Swiss, mencetak rekor dunia untuk referensi ini dalam yellow gold. Mempunyai julukan 'Padellone', yang dalam bahasa Italia artinya 'frying pan', karena estetika serupa jam tangan tersebut. Ref. 8171 adalah sebuah jam tangan triple calendar dengan moonphase dan dial two-tone yang terpelihara dengan indah.

Vacheron Constantin ‘Don Pancho’

Bagian penting lainnya dari pelelangan ini adalah jam tangan minute repeater Vacheron Constantin ‘Don Pancho’ dengan hari, tanggal retrograde, dan dial ekstra asli yang tidak direstorasi. Terjual sebesar 740.000 franc Swiss, yang menjadi rekor dunia untuk jam tangan Vacheron Constantin vintage.

 

Namun, jam tangan termahal yang dijual pada lelang ini adalah arloji saku George Daniels (gambar atas), yang terjual seharga 2.420.000 franc Swiss, jauh di atas perkiraan 1.500.000 franc Swiss. Dianggap oleh banyak orang sebagai bapak pembuat arloji independen, George Daniels juga terkenal karena menemukan co-axial escapement, yang kemudian diadopsi Omega pada banyak jam tangan mereka. Jam George Daniels Wristwatch juga memecahkan rekor dunia yang terjual sebesar 456.250 franc Swiss.

Diterbitkan di Informasi Terbaru
Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".