Swatch Group dan Audemars Piguet Mengembangkan Terobosan Hairspring

Ditulis oleh

Bukan, ini bukan silikon.

Saat kita pikir Swatch Group sudah cukup mengejutkan (apa yang bisa lebih mengagetkan daripada keluarnya mereka dari Baselworld?), mereka terus maju dan mengesankan dunia watchmaking lewat satu terobosan baru, yang dibangun atas dasar kolaborasi bersama Audemars Piguet—bernama Nivachron.

Digunakan dalam hairspring, Nivachron dibuat dari logam campuran non-magnetis dengan bahan dasar titanium (yang menjelaskan secara gamblang bahwa ia super ringan) dan menawarkan reduksi yang signifikan dalam efek residu dari daya magnetis sebuah movement. Diciptakan untuk mengoptimalkan sifat anti-magnetis dari calibre jam, Nivachron juga tahan dari fluktuasi suhu, yang artinya jam dengan Nivachron akan mampu berfungsi baik pada kondisi cuaca apapun.

Lalu bagaimana dengan silikon yang digemari dalam industri ini? Walau ia juga dikenal anti-magnetis dan tidak memerlukan lubrikasi, apalagi ia juga dikenal ringan dan tahan dari suhu ekstrim, beberapa watchmaker yang kami temui justru tidak suka betapa rapuh materialnya, hingga membuat proses assembling dan servicing menjadi sangat rentan terhadap kerusakan. Tapi Nivachron yang berbasis metal hadir untuk memecahkan masalah ini.

Pengembangan ini terjadi pada waktu yang tepat, terutama saat berbagai pertanyaan tentang industri yang tampak berhenti berinovasi ini mulai mencuat (ingat betapa banyaknya koleksi vintage yang dibuat ulang?). Menyenangkan pula dapat melihat kolaborasi vital dalam skala sebesar ini dari pemain besar watchmaking. Sekarang, mari pantau kapan waktunya tiba untuk movement serta brand mana yang akan mendeklarasikannya pertama kali.

 

Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".