Skip to main content

Tampilan Terbaru dari Cartier di Watches And Wonders Menonjolkan Proporsinya yang Semarak

Dari Mini Tank hingga Mega Baignoire Bangles, Cartier menawarkan jam tangan yang dapat mengekspresikan kepribadian setiap individu.

Seperti banyak merek lainnya, Cartier merilis sejumlah besar desain dan konsep baru tahun lalu. Saat merek ini terus mengembangkan ide-ide tentang jam tangan mini dan jam tangan sebagai perhiasan, serta jam tangan unisex yang sangat elegan, mereka berfokus pada tren dan referensi tertentu. Berikut adalah beberapa sorotan yang menarik perhatian dan membuat kami ingin memilikinya.

Santos de Cartier Rewind dalam platinum.

Santos – Megah, Berwarna, dan Dua Zona Waktu

Santos de Cartier tetap menjadi kisah terpenting yang diceritakan dan jam tangan yang paling utama untuk dijual. Jam tangan ini benar-benar mewakili langkah pertama Cartier dalam pembuatan jam tangan dan telah membentuk dunia horologi. Dua model yang kami yakin akan sangat sukses di pasaran adalah Santos de Cartier Dual Time dan Santos de Cartier Skeleton dalam emas kuning. Model yang terakhir ini, yang sebelumnya hanya tersedia dalam baja, kini hadir dalam emas kuning dengan gelang emas penuh dan, yang lebih menarik, angka bergaya Art Deco skeleton emas kuning yang juga berfungsi sebagai jembatan untuk pergerakan mesinnya. Hal ini penting karena emas jarang digunakan pada jembatan pergerakan karena sifatnya yang relatif lunak. Oleh karena itu, emas tidak ideal untuk perlindungan pergerakan, namun mari kita jujur, Anda tidak akan memakai model emas penuh ini untuk bermain tenis.

Santos de Cartier Dual Time menghadirkan tambahan fitur yang berguna pada jam tangan klasik yang selalu diminati ini.

Rilisan penting lainnya – setidaknya bagi kami – adalah Santos de Cartier Dual Time, yang memiliki penunjuk waktu sekunder pada posisi jam 6 untuk tampilan waktu kedua dan jendela tanggal pada posisi jam 3, keduanya dikendalikan oleh mahkota. Pada posisi pertama, memutar mahkota searah jarum jam akan mengubah jam kedua, sementara memutarnya berlawanan arah jarum jam akan mengubah tanggal. Jam tangan ini juga dilengkapi dengan gerakan baru dari Cartier, yang anehnya tidak dijelaskan secara rinci dalam informasi pers.

Santos de Cartier Rewind memberikan pengukuran waktu secara terbalik, memberikan pandangan baru tentang bagaimana pembuat jam memahami pengukuran waktu.

Terdapat juga Santos de Cartier Rewind, sebuah jam tangan edisi terbatas sebanyak 200 unit dengan dial carnelian dan Calibre 230 MC manual-winding baru, yang secara harfiah mencerminkan dial, sehingga waktu berjalan ke arah sebaliknya. Mesin dengan gerakan terbalik memang sudah ada sebelumnya, tetapi ini adalah pertama kalinya Cartier bereksperimen dengan desain ini. Visualisasi gambar menampilkan tampilan waktu terbalik, dengan jarum jam yang lebih pendek menunjuk ke angka 10 (di sisi kanan dial) dan jarum menit yang lebih panjang di sisi kiri, meskipun secara teknis, hal itu tidak membuat perbedaan estetika. Namun, ini adalah jam tangan yang menyenangkan bagi siapa pun yang agak kontroversial atau tidak konvensional.

Salah satu dari jam tangan Santos de Cartier yang dilapisi dengan lacquer, hadir dalam ukuran medium dengan warna dial yang menakjubkan.

Terakhir, terdapat tiga model edisi khusus yang menambahkan warna dan angka Arab, detail yang telah lama absen dari Santos, ke dalam seri ini. Dalam warna biru merak, hijau zaitun, dan abu-abu taupe, dengan casing emas yang berbeda, jam tangan kompak ini menampilkan bezel dan dial yang dilapisi laker yang mengekspresikan gaya Alberto Santos-Dumont, sosok dandy yang menginspirasi koleksi ini.

Tortue de Cartier Monopusher Chronograph dalam platinum.

Cartier Privé

Tahun ini, bentuk yang dipilih untuk Collection Privé Cartier adalah Tortue (dalam bahasa Prancis berarti 'kura-kura'). Kelima referensi dalam koleksi ini sebagian besar terbagi menjadi model tiga jarum yang elegan dan kronograf monopusher. Tortue sebenarnya adalah salah satu model tertua dari merek ini, yang berasal dari tahun 1912, dan selama beberapa dekade telah mengalami beberapa revisi. Bahkan, pada tahun 1998, Tortue bahkan menampung sebuah gerakan kronograf monopusher kelas atas yang dikembangkan oleh Vianney Halter, Denis Flageollet, dan François-Paul Journe. Itu juga merupakan jam tangan CPCP, jadi sangat pantas bahwa Cartier memperkenalkan kronograf monopusher baru dalam casing ini.

Tortue de Cartier Monopusher Chronograph sekitar tahun 2004, gambar bersumber dari Christie’s.

 

1928 MC yang diisi manual adalah kronograf yang paling tipis yang diproduksi oleh Manufacture Cartier sejauh ini, membuat jam tangan ini hanya sedikit lebih dari 10mm tebal. Di atas dial yang mirip tonneau terdapat trek menit melingkar dan sub-dial kronograf dengan penanda jam berlapis platinum atau dicetak hitam untuk versi platinum atau emas kuning, secara berturut-turut. Terdapat penghitung detik kecil pada posisi jam 9 dan totalisator 30 menit pada posisi jam 3, dengan jarum berbentuk apel untuk tampilan waktu. Mahkota berfasad memiliki ruby untuk model platinum dan safir untuk emas yang terintegrasi dengan tombol tunggal, sehingga sedikit menonjol dari casing.

Tortue de Cartier dalam model platinum dan model yang dihiasi permata.

Di antara tiga model yang hanya menunjukkan waktu, ada satu model Tortue platinum yang dihiasi dengan berlian pada bagian case dan pegangannya, yang menjadi yang pertama kali diperkenalkan untuk jam tangan koleksi Privé. Ada juga model platinum dengan angka yang ditempelkan dan ruby cabochon di mahkotanya, serta model emas kuning dengan sapphire cabochon dan jarum yang cocok. Semua jam tersebut hanya diproduksi dalam jumlah terbatas, hanya 200 unit di seluruh dunia, kecuali untuk model yang dihiasi dengan batu permata, yang hanya ada 50 unit saja.

Jam tangan Baignoire Bangle berukuran besar dari Cartier tahun ini membuatnya sangat menarik bagi semua orang.

Mini Tanks, Maxi Baignoire Bangles

Tren jam tangan sebagai perhiasan terus berkembang dengan adanya gelang permata baru yang menampilkan jam tangan kecil di dalamnya, serta serangkaian model mini dari Tank, Tank Americaine, dan bangle Baignoire berukuran lebih besar yang ditujukan untuk mereka dengan pergelangan tangan yang lebih besar, atau pria yang menghargai perhiasan layaknya wanita.

Tank Louis Cartier berukuran mini.

Sejujurnya, kami benar-benar terpesona dengan bangle Baignoire berukuran besar; kami hanya berharap harganya tidak melonjak begitu signifikan dibandingkan dengan yang lebih kecil. Sementara itu, Panthère de Cartier hadir dalam ukuran sedang yang menawarkan daya tarik yang benar-benar uniseks, sementara Tank Louis Cartier telah diperkecil menjadi proporsi seukuran boneka Barbie untuk sesuai dengan tren tas mini saat ini.

Jam Tangan Perhiasan – Buaya dari Kerajaan Hewan koleksi Cartier.

Animal Kingdom

Dengan menggunakan bentuk jam tangan yang sederhana - seperti berlian sempurna dan lingkaran tak berujung - Cartier menghadirkan berbagai ikon dari kerajaan hewan mereka ke dalam koleksi ini dengan menggabungkannya dalam gelang perhiasan yang dihiasi permata atau tali kulit. Model-model ini sepenuhnya dihiasi dengan permata, disimpan dalam emas mawar atau emas putih, dan mengombinasikan elemen-elemen yang berbeda seperti zebra dan harimau pada jam tangan berbentuk berlian. Dengan penggunaan lapisan lacquering yang dilengkapi dengan berlian, rubi, garnet, atau spinel, jam tangan ini menampilkan tampilan yang dihiasi permata atau dicat dengan lacquered.

Pada jam tangan perhiasan Panther, Buaya, dan Harimau; berlian, safir, zamrud, garnet, dan spinel digabungkan dalam desain yang dipikirkan dengan seksama untuk membuat seolah olah hewan-hewan ini melingkari pergelangan tangan, dengan dial berlapiskan brushed-gold.

Jika Anda menyukai jam tangan yang berbentuk unik, ceria, dan jam tangan perhiasan, di Cartier tersedia banyak pilihan yang dapat Anda nikmati tahun ini. Segera kunjungi butik mereka untuk menemukan kreasi terbaru hari ini.


Ditulis oleh