Skip to main content

Tren Terkini: Keemasan yang Menyala di Seluruh Dunia

Jam tangan emas, terutama pilihan rose gold dan kuning penuh, mendominasi di Watches and Wonders Geneva. Berikut adalah rilisan terpanas yang menyentuh ala Midas.

Jika dekade terakhir berfokus pada kemewahan yang bersahaja dan halus, tahun 2024 terlihat sebagai perubahan signifikan di industri jam tangan. Meskipun pasar terlihat berhati-hati, merek-merek di Watches and Wonders Geneva tidak ragu-ragu untuk merilis model-model mahal yang ditujukan untuk para ultra-kaya.

Salah satu tren mencolok yang menandakan pergeseran ini adalah prevalensi jam tangan penuh emas di banyak merek. Meskipun ada beberapa model emas putih yang mungkin terlihat seperti baja, jam tangan rose gold dan kuning mendominasi sepenuhnya. Jam tangan emas adalah perhiasan yang secara terang-terangan membuat pernyataan, yang beberapa orang mungkin enggan untuk mengenakannya dalam beberapa tahun terakhir karena kejahatan bersenjata menyebar di Belahan Bumi Barat. Namun hari ini, situasinya berbalik. Berikut beberapa favorit kami.

Rolex Oyster Perpetual Deepsea memiliki casing dan gelang berbahan emas kuning, dengan setelan bezel Cerachrom biru dan cincin kompresi Ringlock.

Rolex Deepsea

Rolex merilis beberapa model emas tahun ini, dengan satu penambahan menonjol pada referensi emas kuningnya yaitu Oyster Perpetual Rolex Deepsea. Saat dirilis, Deepsea adalah jam tangan menyelam ultimate dengan ketahanan air hingga 3.900 meter, jauh melampaui yang dapat dicapai oleh sebagian besar kapal selam komersial. Dan karena jam ini memang dibuat untuk dikenal, casing dan gelang emas kuning pada referensi ini menjadikan jam tangan olahraga ini lebih membanggakan. Namun, tidak hanya sekadar tampilan, jam ini dilengkapi dengan cincin kompresi keramik baru untuk sistem Ringlock berwarna biru Cerachrom, yang memberikan daya tahan luar biasa untuk meningkatkan ketahanan air Deepsea. Keramik biru yang sama digunakan untuk insert bezel, dengan dial sejalan dalam lapisan biru. Pembuat jam juga dengan cermat menyelesaikan Deepsea dalam campuran penggosokan dan poles sebening kaca.

Patek Philippe Twenty~4 Ref. 4910/1201R-010 mencerminkan keindahan yang abadi dari model ini dalam casing rose gold dengan lapisan aubergine dan dial yang bertekstur.

Patek Philippe Twenty~4

Twenty~4 diperkenalkan pada pergantian abad sebagai koleksi yang memenuhi apa yang dicari konsumen wanita saat itu - jam tangan bergaya kontemporer yang juga berfungsi sebagai perhiasan dan penunjuk waktu, terlihat chic tanpa usaha namun cukup berkelas untuk acara malam. Dua puluh lima tahun kemudian, model aslinya masih terlihat luar biasa, dan penerusnya lebih memukau dari sebelumnya. Sebagai sedikit penjelasan, Patek Philippe meluncurkan Ref. 4910/1201R-010 Twenty~4 dalam casing dan gelang rose gold poles dengan dial ungu yang memikat, yang sebelumnya diperkenalkan dalam Calatrava Ladies'. Dengan pola timbul dalam gelombang konsentris yang dilapisi hingga 50 lapisan lak transparan ungu dan lak transparan, dial ini bermain dengan cahaya seperti halnya tepian bulat dan poles halus casing Twenty~4. Jika ini adalah gambaran singkatnya, bisa dipastikan masih banyak yang menanti kita.

Vacheron Constantin Overseas Dual Time hadir dalam casing dan gelang emas mawar dengan dial hijau zaitun.

Vacheron Constantin Overseas Dual Time

Koleksi Overseas adalah interpretasi modern dari Vacheron Constantin terhadap jam tangan ikoniknya, Ref. 222. Ketika diredesain pada tahun 2016, permintaan untuk jam tangan sport mewah ini luar biasa tinggi. Kini, koleksi ini secara teratur diperbarui dengan gaya baru dari model Overseas. Tahun lalu, ditambahkan jam tangan Traditionnelle Tourbillon non-terbatas dengan dial hijau hutan, dan tren hijau ini terus berlanjut ke dalam Overseas, yang hadir dalam casing dan gelang emas pink. (Model dengan tali karet atau kulit sapi juga tersedia.) Favorit kami adalah Dual Time, yang menawarkan indikator hari/malam analog untuk jarum jam waktu lokal, yang ujungnya berwarna merah, serta penunjuk tanggal analog di posisi 6. Dibuat dengan teliti pada dialnya, yang memiliki sentuhan sunburst di bagian tengah dan perlahan bergradasi menjadi finis beludru di pinggirannya. Dial juga dilapisi dengan beberapa lapisan lak transparan yang memberikan kedalaman dan kekayaan warna. Cukup untuk membuat kita iri.

Piaget Polo 79 adalah versi ulang yang akurat dari model aslinya, dengan casing dan gelang emas kuning penuh.

Piaget Polo 79

Kembalinya jam tangan Polo asli yang diciptakan oleh Yves Piaget pada tahun 1979 telah dinanti-nantikan oleh para penggemar jam tangan sejak Piaget mengadaptasi Polo modern dengan bentuk bantal. Dengan menjaga keaslian dan kesetiaan yang tinggi terhadap versi aslinya, Piaget menghadirkan pendekatan puristis yang patut dihormati. Langkah cerdas Piaget adalah membuat jam tangan ini tidak terbatas dalam produksinya, namun jumlah yang dapat diproduksi dalam setahun tetap terbatas karena melibatkan keahlian khusus perhiasan dan pembuat jam tangan. Meskipun mungkin tidak terlihat sebagai jam tangan perhiasan mewah, perajin perhiasan-jam tangan ini telah menggunakan kedua sisi keahliannya untuk mewujudkan Polo 79. Dan karena ini adalah jam tangan mewah berbahan emas asli yang dirancang oleh seorang pria yang berusaha memperkuat bisnis keluarga dan memiliki jam tangan elegan untuk dipakai saat menonton pertandingan polo, kita hanya bisa mengatakan bahwa jam ini patut ditunggu-tunggu.

Parmigiani Fleurier Toric Chronograph Rattrapante adalah jam tangan emas sepenuhnya, mulai dari casing hingga mesinnya.

Parmigiani Fleurier Toric Chronograph Rattrapante

Dalam beberapa tahun terakhir sejak Guido Terreni memimpin Parmigiani Fleurier, fokus utama adalah pada Tonda PF. Namun tahun ini, Terreni mengarahkan perhatian kita pada Toric, jam tangan pertama dengan logo Parmigiani yang dibuat oleh seorang pembuat jam dan terbuat dari emas atau platinum, yang kini disempurnakan dengan desain modern. Toric Chronograph Rattrapante adalah contoh terbaik, dengan casing rose gold yang mengkilap, bezel beralur, dan dial rose gold bertekstur matte. Counter yang terbenam menunjukkan totalisator kronograf split-seconds dan detik berjalan, namun bagian terpenting dari jam tangan ini adalah kaliber PF 361 yang menakjubkan dengan jembatan dan pelat rose gold yang diukir dengan hati-hati untuk memperlihatkan mekanismenya. Jam tangan ini berada dalam harmoni sempurna, dengan menampung salah satu komplikasi yang paling menantang untuk dikuasai.

IWC Portugieser Hand-Wound Tourbillon Day & Night menampilkan tourbillon yang tangguh dan bola yang berputar di dialnya.

IWC Portugieser Hand-Wound Tourbillon Day & Night

Rilisan Portugieser dari IWC tahun ini menunjukkan betapa hebatnya desain utilitarian dan kontemporer ketika dipadukan dengan elemen yang tepat. Dial berlapis memberikan variasi warna dinamis, terutama pada dial Obsidian yang memiliki warna hitam pekat, arang, dan sentuhan cokelat dari pantulan casing Armor gold. Sorotan utama tahun 2024 adalah Hand-Wound Tourbillon Day & Night, dengan latar belakang menarik yang diciptakan oleh seorang magang. Dial dan mesinnya memiliki dua bukaan: satu untuk karangan tourbillon presisi dan satu lagi untuk manik emas kecil yang berputar mengikuti pergantian hari. Sederhana, nostaljik, dan elegan.

Tudor Black Bay 58 18K ramping dengan diameter 38mm, menggunakan casing dan gelang emas kuning secara keseluruhan.

Tudor Black Bay 58 18K

Tudor, yang mengejutkan semua orang tahun ini dengan meluncurkan diver Black Bay 58 berbahan dasar emas kuning lengkap dengan finishing brushed untuk mencerminkan identitas sporty-nya. Black Bay 58 18K menawarkan nilai terbaik dengan kualitas dan spesifikasi unggul. Tudor jelas menunjukkan ambisinya dengan langkah ke arah yang lebih atas secara sosial di Watches and Wonders Geneva.

Jam tangan ini dilengkapi dengan dial hijau hutan ringan, bezel aluminium, dan casing emas kuning brushed berukuran 38mm. Fitur-fitur standar termasuk kaliber otomatis MT5400 COSC-certified dengan cadangan daya 70 jam, tahan air hingga 200m, kristal safir cembung, pengait T-fit, dan garansi lima tahun. Jika Anda tertarik, Anda bisa kembali ke bagian atas artikel ini untuk melihat jam tangan lain yang menarik perhatian.


Ditulis oleh