Istilah Jam Tangan

Search for glossary terms (regular expression allowed)
Begin with Contains Exact termSounds like

Glossaries

Term Definition
Acrylic

Kata lain dari plastik. Pada jam tangan vintage atau jam tangan yang lebih murah, ini adalah benda yang mengkover bagian wajah jam. Jam tangan yang lebih mahal pada saat ini lebih sering menggunakan safir dibanding akrilik. Safir bersifat anti gores, tapi sifat kerasnya juga membuat safir rentan pecah.

Balance Spring

Bekerja selayaknya pendulum dari jam. Benda ini merupakan concentric ring bahan logam pada escapement yang meregang dan berkontraksi secara reguler. Untuk mencapai presisi sempurna, komponen ini perlu mencapai kondisi isochronism sempurna. Sederhananya, peregangan dan kontraksi dari balance spring perlu terjadi secara sangat presisi, dengan geomteri lingkaran sempurna tak peduli bagaimanapun posisi jam tangan.

Barrel

Sumber energi dari jam tangan mekanis. Komponen ini berbentuk datar-silindris yang memiliki pegas kecil bernama ‘mainsping’ yang berputar dan mengakumulasikan energi ketika pengguna jam melakukan proses winding pada jam tangannya.

Escapement 

Proses winding pada jam tangan menghasilkan energi dengan cara memutar mainspring. Energi ini akan segera habis seiring mainspring berputar lagi ke arah sebaliknya. Bagian escapement merupakan bagian movement yang mengambil energi dan merilisnya secara terpecah-pecah untuk menggerakan balance wheel.

Hairspring

Merupakan pegas spiral halus yang menempel pada balance wheel. Tugasnya adalah membantu balance wheel melakukan proses oscillation dalam kecepatan tertentu untuk menentukan presisi waktu. Bayangkan komponen ini sebagai versi jam tangan dari dawai yang ditempelkan pada pendulum di jam kuno yang membantu berdetaknya jam tersebut.

Jewel (Movement)

Disebut juga ‘jewel bearing’. Namanya terdengar seperti komponen mewah. Jewel dalam jam tangan modern merupakan rubi atau safir sintetis yang berfungsi untuk meminimalisasi kerusakan akibat friksi antara bagian-bagian logam. Umumnya berbentuk seperi donat warna ungu dan Anda dapat mengenalinya secara mudah pada caseback terbuka.

Lugs

Bagian metal yang timbul dari area ujung case yang berfungsi untuk menahan strap atau bracelet jam tangan.

Pusher

Tak sejelas yang Anda kira, pusher adalah komponen yang bekerja layaknya tombol untuk mengaktifkan mekanisme tambahan pada jam tangan, seperti chronograph counter. Komponen ini juga dikenal dengan nama ‘push-button’.