Istilah Pabrikasi Jam Tangan

Search for glossary terms (regular expression allowed)
Begin with Contains Exact termSounds like

Glossaries

Term Definition
Vibrations per hour (vph)

Ini adalah unit pengukuran detak jam tangan atau beat rate. Pada jam tangan mekanis, istilah tersebut merujuk pada seberapa banyak detak yang dihasilkan balance wheel per jam. Jam tangan zaman dahulu biasanya memiliki beat rate yang lebih lambat, yakni sekitar 18.000 (5 detak per detik) atau 21.600 vph (6 detak per detik). Saat ini, umumnya jam tangan menghasilkan 28.000 vph dan sebagian lain menghasilkan 36.000 vph. Biasanya semakin cepat rate, maka semakin akurat jam tangan tersebut.

Tourbillon

Diciptakan oleh Abraham-Louis Breguet pada abad ke-17, tourbillon adalah sebuah sangkar berputar yang menjadi wadah dari mekanisme escapement, yang menghasilkan gerakan melawan arah jarum jam untuk mengatasi efek gravitasi pada presisi waktu. Meski merupakan hal vital pada arloji saku, tourbillon pada saat ini menjadi sesuatu yang tetap dicari karena merupakan penanda tingkat keahlian pembuat jam tangan.

Shock Resistance

Cara kerja dari jam tangan mekanis adalah spring-mounted balance wheel yang membuat beberapa proses oscillations setiap detik dalam kecepatan konstan, yang bekerja seimbang pada sebuah wire-thin staff. Mekanisme kompleks ini seharusnya ditempatkan pada sebuah area bebas gangguan. Pada kenyataannya, jam tangan digunakan di pergelangan tangan yang membuatnya terkena dampak dari aktivitas-aktivitas pemakainya. Fungsi shock resistance merujuk pada berbagai sistem yang dibuat pada movement untuk melindungi keseimbangan kerjanya dari berbagai gangguan agar proses oscillations berjalan mulus.

Retrograde

Merupakan sebuah fitur yang terkadang digunakan di display jam tangan, retrograde display memiliki titik awal dan akhir yang umumnya bergerak dalam sebuah skala dan dindikasikan oleh sebuah jarum. Ketika jarumnya mencapai titik akhir, jarum itu akan kembali ke titik awal.

Quartz Movement

Sebuah movement yang digerakkan secara elektronik yang menggunakan baterai sebagai sumber dayanya, serta memakai synthetic quartz oscillator untuk mengatur jalannya waktu pada jam melalui detak elektrik. Teknologi ini diciptakan pada akhir tahun 1970-an. Jauh lebih murah untuk diproduksi dan menghasilkan presisi yang lebih baik dibanding jam tangan mekanis, quartz movement hampir seluruhnya menyingkirkan produksi jam tangan mekanis pada tahun 1980-an.

Perpetual Calendar

Lebih pintar dari annual calendar, jam tangan dengan perpetual calendar akan secara tepat menampilkan tanggal di setiap bulan dan bahkan pada tahun kabisat. Lihat juga: Annual Calendar.

Minute Repeater

Sebuah jam tangan yang bisa berbunyi sesuai setelan waktu tertentu, biasanya dengan mengaktifkan pusher atau slider. Sebuah minute repeater berbunyi menandakan jam, seperempat jam, dan menit, dengan nada berbeda untuk masing-masingnya. Ini merupakan salah satu jam tangan paling sulit dan menarik dalam hal complication.

Manufacture 

Dalam bahasa Inggris istilah ini digunakan sebagai kata kerja yang merujuk pada proses pembuatan sebuah benda. Dalam dunia pembuatan jam tangan, istilah itu juga digunakan sebagai kata benda (sebagaimana dalam bahasa Prancis) yang merujuk pada sebuah perusahaan pembuat jam tangan. Berbeda dengan banyak perusahaan yang merakit jam tangan dengan movement dari sumber eksternal, sebuah manufacture adalah perusahaan yang membuat sendiri movement dari jam tangan mereka. Lihat juga: In-House.

Guilloche

Teknik dekoratif rumit yang menghasilkan pola dari garis-garis tipis berulang. Hal tersebut didapat dengan menggunakan alat lathe.

ETA

Merupakan bagian dari Swatch Group, ETA SA Manufacture Horlogère Suisse adalah pabrik movement terbesar di Swiss yang menyuplai dalam jumlah besar bagi brand-brand Swiss. Berbagai jam tangan dalam ragam harga bisa memiliki jenis movement yang sama di dalamnya. Movement di jam tangan eksklusif dibuat secara lebih baik atau dimodifikasi untuk performa yang lebih baik dan dapat diandalkan. 

COSC

Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres adalah institusi yang bertugas untuk menguji dan mensertifikasi jam tangan Swiss dalam hal akurasi. Yang mampu mendapat sertifikasi ini disebut dengan “chronometers”. 

Complication

Merujuk pada sebuah fitur atau fungsi dalam sebuah jam tangan, selain dari fungsi penunjuk waktu. Beberapa jenis complication yang sederhana adalah penunjuk tanggal, fase bulan; sementara complication yang lebih rumit adalah chronograph, tourbillon, perpetual calendar, dan minute repeater.

Chronometer

Dalam hal akurasi, merupakan hal normal bagi jam tangan mekanis untuk mengalami deviasi antara 10 hingga 20 detik dari total 86.400 detik dalam sehari. Jam tangan berlabel “COSC certified chronometer” berarti bahwa movement-nya telah memenuhi standard akurasi COSC, yakni deviasi dalam rentang -4/+6 detik per hari. Jam tangan digital umumnya mengalami deviasi sekitar 1 detik atau kurang per hari.

Chronograph

Jam tangan dengan fungsi stopwatch. Selain chronograph reguler, ada juga flyback chronograph yang memungkinkan dilakukannya proses timing dari event yang berlangsung secara berturut-turut; selain itu ada juga split seconds chronograph untuk mencatat lap times.

Anti-Magnetic

Kemampuan presisi dari jam mekanis dapat terpengaruh oleh berbagai gangguan dari alat-alat yang mengeluarkan daya magnetik, misalnya microwave atau ponsel. Untuk mengatasi hal ini, sebagian brand menempatkan movement mekanis di dalam sebuah lapisan pelindung bahan besi halus untuk menangkal medan magnet.