Skip to main content

4 Tips & Pertanyaan Sebelum Membeli Jam Tangan Mewah Pertama Anda

Anda sudah mengincar sebuah jam tangan yang begitu spesial, Anda sudah jatuh cinta pada jam tangan incaran pada pandangan pertama, dan Anda sudah merasa sangat yakin untuk menggaetnya. Anda merasa sudah memenuhi kebutuhan mendasar dan kepercayaan Anda sudah menguat – hingga seseorang yang menyebalkan, biasanya seorang teman yang sudah memiliki pengalaman membeli jam tangan lebih dari Anda – mengatakan bahwa Anda salah kaprah dalam memutuskan pilihan.

Tips & Pertanyaan Sebelum Membeli Jam Tangan Mewah

 

Perjalanan menuju satu tiket besar untuk sebuah jam tangan dapat terasa bittersweet dan dipenuhi dengan kecemasan. Tapi sebenarnya tidak perlu sesulit itu. Ada banyak hal dalam hidup yang tidak bisa didefinisikan menjadi hitam dan putih, tapi membeli jam tangan pertama Anda adalah suatu hal yang berbeda. Jadi tanpa melanjutkan basa-basi, berikut adalah empat pertanyaan esensial untuk diajukan sebelum menggesek kartu kredit Anda. 

Barang Baru atau Bekas?

Barang baru tentunya. Banyak faktor yang bisa mencondongkan keputusan pembelian Anda akan barang bekas, harga adalah alasan utamanya. Saran kami adalah, sebaiknya Anda hindari. Terlalu banyak hal yang tidak kita ketahui nantinya. Masalah tentang orisinalitasnya, otentisitasnya dan yang paling krusial, garansi, bisa ditiadakan jika dibandingkan dengan membeli barang baru dari toko resmi. Jadi mengapa harus membiarkan diri Anda penasaran setiap malam dengan penuh kekhawatiran?

Tapi jika Anda benar-benar harus memilih barang pre-loved, telusuri lebih dalam si penjualnya. Tidak semua jam second hand masih dilengkapi dengan dokumen yang layak. Anda harus membelinya dari dealer yang bisa memastikan keotentikan dan fungsi jamnya. Kepercayaan adalah landasannya. Dan tidak perlu tergesa-gesa dalam memutuskan untuk melakukan transaksi.

Jam yang Seperti Apa?

Mekanis. Otomatis atau pun manual, tidak terlalu penting – asalkan itu bukan jam tangan dengan pergerakan quartz. Bila Anda bisa membelanjakan uang berlebih, katakanlah dalam sesi makan malam ala Italia, apakah Anda akan lebih memilih makan besar, atau pasta buatan sendiri yang disematkan jamur truffle, atau pizza khas Hawaii dari Domino’s?

Jam tangan mekanis digerakkan seluruhnya oleh komponen mekanis, yang lebih layak Anda miliki ketimbang jam tangan quartz bertenaga baterai. Tentunya, Anda akan mengirimnya ke tempat servis setiap beberapa tahun sekali, tapi mereka tidak akan mati seperti yang terjadi pada jam tangan quartz bila Anda tidak menggunakannya dalam waktu lama. Bahkan jam tangan level pemula dengan movement mekanis yang diproduksi massal akan lebih berharga ketimbang jam tangan quartz dari brand kelas atas. Otentisitas adalah hal yang paling utama.

Brand yang Mana?

Rolex, sudah pasti. Mungkin Anda akan bilang saran kami ini bias, tapi rekomendasi ini didasarkan pada kesimpulan di pasar. Lihat saja bagaimana penjualan jam tangan Rolex di Singapura memuncak tajam pada Januari 2015, setelah mata uang franc Swiss melonjak sejak bank nasional negara itu mengumumkan bahwa mereka menolak nilai kursnya mengalahkan euro. Mengapa harus Rolex dan bukan brand lainnya? Karena orang-orang melihat nilai dalam timepieces miliknya; Rolex kerap diidentikkan sebagai horological bullion yang bahkan bisa menghindari ketidakpastian.

Sekarang, kami bukannya berkata bahwa Rolex adalah yang paling mahal, langka, atau timepiece terbaik. Ada banyak petarung dalam kategori ini, yang terbuka untuk didebatkan. Namun sebagai jam tangan mahal pertama, Anda tidak bisa meragukan brand yang diberi peringkat brand jam tangan dari Swiss yang paling berharga di dunia selama beberapa dekade.

Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan?

Sebuah jam tangan Rolex stainless steel tanpa hiasan tambahan akan menguras kocek Anda sekira hampir 100 jutaan rupiah. Saat ini, bagi beberapa orang mungkin angka itu tampaknya terlalu mahal. Jika demikian juga dengan Anda, maka mungkin saatnya menurunkan bajet dan Anda tetap bias memiliki jam tangan yang layak.

Tetap saja, Anda harus bersiap untuk merogoh sekira 30 hingga 60 jutaan rupiah untuk meminang sebuah jam tangan mekanis mewah. Anda mungkin tidak menyangka ada beberapa brand yang menawarkan jam tangan bagus dalam kelompok harga tersebut. Oris, Baume & Mercier, Rado, Montblanc, dan Tudor adalah beberapa dari banyak brand yang bisa Anda incar. Dan jika Anda sudah siap untuk naik tingkat sedikit, Anda bias berpindah ke teritori Omega dan Cartier.

Bila Anda perhatikan, kami sudah merekomendasikan brand-brand terbaik. Memang masih banyak brand menarik lain yang bisa Anda cari dalam kategori ini, namun seperti yang kami katakan tentang Rolex – brand equity tetap berpengaruh, jadi lebih baik parkirkan uang Anda kepada brand yang bernilai jual tinggi dan punya reputasi serta deret produk yang bervariasi.


End of content

No more pages to load