5 Hal Yang Belum Anda Ketahui Tentang Citizen

Ditulis oleh

Perusahaan jam tangan asal Jepang Citizen adalah bintang yang tersembunyi.

Anda bisa melihat jam tangan Citizen di berbagai butik jam tangan. Tapi seberapa jauh Anda tahu tentang jam tangan tersebut? Kami telah mengkompilasi beberapa fakta mengenai Citizen sehingga Anda punya cara baru untuk membuat teman sesama penyuka jam tangan terkagum dengan pengetahuan Anda akan brand itu.

Dahulu tak selalu dikenal dengan nama Citizen.

Merupakan produk ciptaan Shokosha Watch Research Institute, sejarah nama Citizen dimulai dari kehadiran pocket watch pertama pada tahun 1924. Walikota Tokyo saat itu, Shinpei Goto, menyebut jam tangan itu dengan nama ‘Citizen’ dengan harapan setiap warga Jepang bisa membeli sebuah jam. Ketika Shokosha Watch Research Institute menjadi perusahaan pada tahun 1930, nama pocket watch itu diambil untuk sebuah nama perusahaan, yakni Citizen Watch Company.

Namun saat Perang Dunia II terjadi, penggunaan nama barat untuk perusahaan Jepang dianggap tidak baik. Oleh karena itu, nama perusahaan berubah menjadi Dai-Nippon Tokei pada tahun 1938 dan kemudian diubah kembali menjadi Citizen setelah perang berakhir.

Sempat menjadi pusat perhatian warga.

Setelah perang berakhir, pasar jam tangan di Jepang sangat menurun. Presiden perusahaan Eiichi Yamada kemudian meminta para pegawainya untuk menciptakan jam tangan terbaik di dunia. Hasilnya adalah jam tangan shock-resistant pertama di Jepang, Parashock, yang dirilis pada tahun 1956.

Untuk membuktikan kehebatannya, jam tangan itu tak hanya dibenturkan secara biasa ke sebuah benda. Parashock diterjunkan dari ketinggian 30 meter di depan keramaian orang. Untuk menjalankan aksi ini, tim Citizen menggunakan sebuah helikopter. Dari heli itulah jam tangan dijatuhkan di depan Kyoto City Hall pada tahun 1958. Untuk kedua kalinya Parashock dijatuhkan dari helikopter di sebuah stadion bisbol pada tahun 1962. Para pemain pun menjadi saksi dari kehebatan jam tangan itu yang masih berfungsi meski sudah jatuh dari ketinggian ekstrem.

Pembuat jam tangan yang bona fide.

Citizen memproduksi jam tangan sekaligus komponen-komponenya, mulai dari coils hingga screws. Semuanya dibuat dan dirakit secara in-house. Proses pressing, machining, dan polishing dilakukan di pabrik Citizen.

Tapi tak semua proses dilakukan dengan mesin. Citizen juga memperkerjakan ‘meisters’ (selain juga pengrajin biasa) yang punya keahlian tinggi untuk merakit jam menggunakan tangan. Ada sekitar 20 meisters di pabriknya di Iida. Satu di antaranya adalah seorang ‘super meister’ - yakni meister yang sangat ahli dalam perakitan movement dan telah bekerja selama hampir 40 tahun.

Menjadi pionir dalam penggunaan bahan titanium pada jam tangan.

Pada tahun 1970, Citizen meluncurkan jam tangan titanium pertama di dunia, yaitu X8 Chronometer. Semenjak itu dikembangkanlah Super Titanium - material yang mengombinasikan solid titanium dengan teknologi surface-hardening milik Citizen, Duratect.

Lima kali lebih keras dari stainless steel namun dengan bobot setengahnya, Super Titanium bersifat hypoallergenic dan lembut bagi kulit. Berkat ketangguhannya, Super Titanium juga anti-gores dan anti-karat. Hal ini berarti bahwa setelah digunakan berenang di laut ataupun kolam, jam tersebut akan tetap tampak pristine. Pada tahun ini, Super Titanium digunakan pada varian Eco-Drive baru (foto di atas), yang akan dirilis pada kuartal ketiga.

Jam tangan dengan quartz movement terakurat di dunia.

Jam quartz pertama dari Citizen yang muncul pada tahun 1973 memiliki tingkat akurasi hingga +/- 10 detik per bulan. Pada tahun 1975, brand ini meluncurkan jam quartz pertama di dunia yang mampu mencapai keakuratan +/- 3 detik per tahun - sebuah pencapaian mengagumkan untuk akurasi jam tangan pada saat itu.

Merayakan ulang tahunnya yang ke-100 pada tahun ini, Citizen memperkenalkan Calibre 0100 (foto di atas) dengan level akurasi mencapai +/- 1 detik per tahun. Sebagai sebuah Eco-Drive movement, Calibre 0100 merupakan analogue movement hemat energi yang berkemampuan menjalankan fungsi penunjuk waktu secara independen tanpa bergantung pada sinyal radio atau sejenisnya. Meski ini merupakan model yang tidak untuk dijual, Citizen berharap agar bisa segera menggunakan Calibre 0100 pada kreasi-kreasi jam tangannya.

Diterbitkan di Kajian Mendalam
Di tag dibawah citizen