Skip to main content

5 Jam Tangan Tercepat di Dunia

Mereka hadir dengan movement yang memiliki frekuensi lebih dari 4 Hz.

28.800 semi-osilasi per jam, yaitu 28.800vph (getaran per jam), dianggap standar di antara kaliber pada jam tangan berkualitas tinggi saat ini. Jumlah detak ini sesuai dengan frekuensi 4 Hertz (Hz) dan sekali lagi diterjemahkan menjadi 8 detak jarum detik per detik - atau 28.800 per jam.

Langkah selanjutnya biasanya adalah jam tangan dengan frekuensi 36.000 vph (atau 5 Hz), yang sudah disebut sebagai "jam tangan high-beat" dalam bahasa umum. Perwakilan terkenal tentunya adalah model Hi-Beat Grand Seiko dan El Primero Zenith. Tetapi bagaimana jika jam tangan ini sebenarnya tidak lain adalah high-beat?

Kami telah mengumpulkan tujuh jam tangan untuk Anda yang mendefinisikan kembali arti sebenarnya dari "high-beat", yang berdetak hingga 1000 Hz.

Chopard L.U.C 8HF (8Hz)

Chopard L.U.C 8HF memulai daftar ini. Diperkenalkan pada tahun 2012, jam tangan ini bekerja pada 57.600 vph, yaitu dua kali lebih cepat dari ETA 2824, dan masih memiliki cadangan daya 60 jam. Penggunaan silikon untuk roda escapement dan tuas menangkal peningkatan keausan akibat gesekan yang berlebihan serta cepat.

Breguet Classique Chronométrie 7727 (10Hz)

Breguet selalu menciptakan jam tangan yang hadir di luar batasan standar pasar. Dengan model Classique Chronométrie 7727, brand tradisional ini menawarkan jam tangan dengan escapement frekuensi tinggi yang terdiri dari balance wheel yang ditangguhkan secara magnetis untuk meminimalkan gesekan dan balance springs ganda.

Seperti pada Chopard L.U.C 8HF, tuas dan roda escapement dibuat dari silikon. Hasilnya adalah frekuensi 10 Hz yang mengesankan (atau 72.000 vph) sambil mempertahankan cadangan daya selama 60 jam.

TAG Heuer Carrera Mikrograph 100 (50Hz)

Ketika Guy Sémon mengambil alih bagian kepala departemen penelitian dan pengembangan Divisi Jam Tangan LVMH, dia ingin membuat jam tangan TAG Heuer lebih cepat. Ambisinya membuahkan hasil dalam bentuk Mikrograph 100. Jam tangan chronograph ini dilengkapi dengan mesin chronograph 50 Hz yang memungkinkan pengukuran 1/100 detik.

TAG Heuer Carrera Mikrotimer Flying 1000

Pada pandangan pertama, Anda tidak akan mempercayai mata Anda saat mengaktifkan fungsi chronograph Mikrotimer Flying 1000. Dengan frekuensi 500 Hz, jarum detik penghenti membuat sepuluh putaran per detik, yang memungkinkan untuk mengukur seperseribu detik.

Apa yang bisa Anda ukur dengan itu? Nah, dalam 1/1000 detik, sebuah mobil balap F1 melaju sekitar 10 sentimeter dengan kecepatan tertinggi, sementara pesawat supersonik melaju 33 sentimeter penuh dengan kecepatan suara.

TAG Heuer Carrera Mikrogirder (1000Hz)

Ini merupakan model ketiga sekaligus urutan teratas dalam daftar ini yang diisi oleh TAG Heuer. Membuktikan mengapa brand Swiss ini mewakili olahraga modern tidak seperti yang lain. Setelah Mikrograph 100 (50 Hz) dan Mikrotimer 1000 (500 Hz), yang keduanya masih beroperasi dengan keseimbangan yang terlihat lebih atau kurang konvensional dengan tuas, Guy Sémon ingin menaikkan kecepatannya sekali lagi. Hasilnya adalah TAG Heuer Carrera Mikrogirder.

 


Ditulis oleh