7 Jam Tangan Bagus Untuk Rayakan Tahun Tikus

Ditulis oleh

Karya-karya ekspresif untuk rayakan shio pertama dari kedua belas shio.

BLANCPAIN Métiers d'Art Porcelaine

Memperingati Tahun Baru Imlek, 'gaya Cina', Métiers d'Art Porcelaine besutan Blancpain menampilkan dial porselen yang cantik, sebuah pelestarian kerajinan tradisional Tiongkok. Dibuat sepenuhnya di markas Blancpain, dial ini dihiasi dengan lukisan enamel miniatur, menggambarkan tiga tikus lucu dengan ranting-ranting pohon. Berukuran 33mm dalam case emas putih dengan berlian, jam ini terbatas hanya delapan buah.

CHOPARD L.U.C XP Urushi Year Of The Rat

Chopard L.U.C XP Urushi ‘Year Of The Rat’ menampilkan seni lacquer tradisional Jepang Urushi. Pernis-pernis berasal dari resin dari pohon Urushi, yang dipanen setiap tahun dan membutuhkan setidaknya tiga perawatan sebelum dapat digunakan. Para pengrajin kemudian dengan hati-hati menerapkan lapisan pernis dan ditutup dengan debu emas, untuk memberikan tampilan yang terpahat pada ukiran yang sangat bertekstur dan bernuansa dalam ukuran yang sama.

HARRY WINSTON Premier Chinese New Year Automatic 36MM

Mungkin ini adalah arloji bertema CNY paling 'hoki' dalam daftar ini. Harry Winston Premier Chinese New Year Automatic 36mm membangkitkan semangat dengan dial mother-of-pearl merah yang semarak, dan case emas dengan 57 berlian yang terpotong sempurna. Penggambaran tikus menggunakan pola kerang dan sekelompok berlian terinspirasi oleh seni Cina kuno jian-zhi (pemotong kertas).

JAQUET DROZ Atelier d’Art Petite Heure Minute ‘Year Of The Rat’

Dari empat jam tangan Imlek 'Year Of The Rat' yang ditawarkan Jaquet Droz, versi ini dalam rose gold 41mm adalah yang paling menakjubkan. Pada dial onyx yang mengkilap terdapat patung emas miniatur dan rubi salju yang menggambarkan tikus memegangi biji delima sementara buah-buahan menggantung dari atas, sesuai dengan gambar kelimpahan saat mereka datang. Terbatas hanya delapan buah.

PANERAI Luminor Sealand ‘Year Of The Rat’

Seperti persembahan Harry Winston, dekorasi pada Panerai Luminor Sealand edisi khusus ini mengenang seni tradisi Tiongkok dalam memotong kertas. Namun, teknik yang ditampilkan di sini didasarkan pada seni sparsello Italia kuno, yakni pengrajin membuat sayatan dengan pisau kecil dan mengisi ceruk dengan emas. Bagaimanapun, hasilnya adalah karya yang penuh cinta dan sukacita untuk tahun Tikus.

PIAGET Zodiac Altiplano

Kerajinan teliti dari enamelling grand feu cloisonné, yang menggunakan benang emas halus untuk menempatkan enamel berwarna untuk membuat bentuk dan pola, menjadi perhatian pada arloji ini. Jam tangan emas putih ultra-ramping dengan berlian membingkai sebuah dial yang berseni menggambarkan dua tikus yang melihat ke arah yang sama. Motif ini dihidupkan oleh seniman enamel legendaris Anita Porchet, yang dengan  kepiawaiannya mengolah palet warna untuk menciptakan karya seni yang menakjubkan penuh dengan kedalaman dan roh.

VACHERON CONSTANTIN Metiers d’Art ‘Year Of The Rat’

Jam Tahun Baru Imlek ini lagi-lagi terinspirasi dari teknik pemotongan kertas Cina, namun kali ini dari seni budaya Scherenschnitt asal Swiss yang telah memikat kolektor Cina sejak pertengahan abad ke-19. Edisi bertema zodiak tahunan Tiongkok adalah bahan pokok untuk Vacheron Constantin dan versi tahun ini hadir dalam rose gold atau platinum, menampilkan tikus pahatan dalam logam mulia di atas cakram enamel grand feu. Karya seni ini makin dipercantik dengan kehadiran jumping time dan kalender di posisi yang rapi dalam empat lubang di pinggiran dial.

Alvin Wong

Editor-in-Chief

Alvin promises not to be a douche when talking about watches. He may have scoured the Basel and Geneva watch fairs for the past 15 years, and played an instrumental role to the growth of Singapore's pioneering horological and men's lifestyle publications, but the intrepid scribe seeks to learn something new with each story he writes.  

www.crownwatchblog.com