Panduan bagi Pemula untuk Dress Watch Pria

Ditulis oleh

Semua yang Anda harus tahu tentang mengenakan dress watch secara benar.

Bila Anda bertanya pada kami, setiap pria membutuhkan satu dress watch yang layak. Kami bukan hanya membicarakan tentang Submariner yang Anda pakai ke kantor, gym, dan mal. Maksud kami lebih kepada jam istimewa yang Anda kenakan pada acara spesial seperti pernikahan adik perempuan Anda, gala resmi, atau minum teh dengan Ratu.
Apa yang membedakan antara dress watch dengan jam yang rata-rata? Well, kongres sosial mendikte bahwa dress watch terbuat dari desain yang spesifik – sederhana, elegan, dan langsing (karena ia perlu tersemat di bawah pergelangan tangan jas yang Anda kenakan ke Istana Buckingham, bukan?) jadi walaupun Big Bang dan Royal Oak Offshore Anda memang indah, tapi mereka tidak terlalu cocok disebut dress watch.
Untuk membantu Anda menelusuri dunia dress watch, kami meminta stylist tetap CROWN, Ong Weisheng, tentang lima hal yang perlu Anda catat saat akan memilih dress watch Anda sendiri.

1. Ukuran

Philippe Dufour Simplicity

Dress watch bukan diperuntukkan untuk mencuri perhatian. Ia harus membumi dan berproporsi sempurna terhadap ukuran pergelangan tangan Anda. Artinya, tidak ada yang namanya satu-ukuran. Tapi umumnya, ujar Weisheng, “Idealnya ukuran harus antara 36 hingga 38mm. Ia juga harus tampak langsing. Philippe Dufour, Piaget, dan beberapa brand bisa jadi pertimbangan.”

2. Case

Breguet Classique 7147  

Tradisinya, kebanyakan dress watch menampilkan case bundar, tapi tak berarti hanya itu bentuk yang diperbolehkan. Case persegi seperti Tank dari Cartier dan Reverso dari Jaeger-LeCoultre juga bisa, seperti yang Weisheng bilang, mereka adalah “tanda dari seorang pemberontak”. Sebut kami membosankan, tapi kami lebih menyukai yang bundar klasik.

3. Dial 

Glashütte Original Senator Excellence Ref. 1-36-59-01-02-01

Dress watch yang layak seharusnya memiliki dial yang sangat sederhana,” Weisheng beropini. Ia merekomendasikan untuk berfokus saja pada detail, seperti tampilan akhir dial dan jarumnya. “Saya menyenangi lapisan yang tampak halus atau dial mutiara, tapi ini sangat subjektif tergantung selera masing-masing individu,” ia menambahkan.

4. Strap



A. Lange & Söhne Saxonia Thin Ref. 211.033

Dress watch biasanya dipasangkan dengan strap kulit. Ada kesan kebangsawanan yang hadir dari mengenakan material kulit. Weisheng sendiri lebih menyukai strap kulit secara umum. “Rantai agak terlalu mencolok – terlalu berkilau,” ujarnya.

5. Fungsi

Blancpain Villeret Quantième Annuel GMT Ref. 6670-1127-55

Dress watch lebih dimaksudkan untuk aksesori klasik ketimbang alat penghitung waktu nan akurat, jadi tinggalkan pikiran akan chronograph dan tourbillon di rumah. Kesederhanaan adalah kuncinya. “Tak ada date window atau komplikasi lainnya, hanya dial dengan dua – atau tiga – jarum nan klasik dan elegan (ini akan cukup),” Weisheng menyarankan. Juga, tak ada jam mekanis dengan fungsi berlebih masuk dalam daftar pertimbangan. Pada akhirnya, akan kembali pada selera personal dan seharusnya tidak akan penting apakah Anda ingin jam yang ada date window dalam dial (seperti Blancpain di atas) atau jam yang memiliki case agak besar. Cobalah untuk tetap membuatnya tampak sederhana, dan nikmatilah teh serta scones Anda.

Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".