Skip to main content

Apa Itu Label “Swiss Made” dan Mengapa Ini Sangat Penting Bagi Jam Tangan?

Secara umum, produk dan layanan Swiss dalam urusan jam tangan memiliki reputasi positif di seluruh dunia dalam hal kualitas, keaslian, dan ketepatan. Untuk melindungi reputasi yang baik ini, Swiss memberlakukan undang-undang khusus. Versi terbaru dari apa yang disebut "Swissness Act" dan mulai berlaku sejak tahun 2017. 

Undang-undang ini tidak hanya mencakup jam tangan, tetapi juga mencakup barang-barang industri, layanan, dan makanan, misalnya, cokelat dan keju Swiss. Artikel hari ini hanya akan membahas sisi jam tangan saja.

Persyaratan yang harus dipenuhi sebuah jam tangan untuk mendapatkan label "Swiss" telah disusun oleh Federation of the Swiss Watch Industry (FH). Dan untuk membantu perusahaan jam tangan memahami persyaratan ini, FH telah menerbitkan "Panduan penggunaan sebutan "Swiss Made" untuk jam tangan". Ini adalah penjelasan hukum yang cukup luas tentang kapan sebuah jam tangan dapat dan tidak dapat disebut "Swiss Made," tetapi pada dasarnya bermuara pada persyaratan berikut:

Sebuah jam tangan dapat disebut "Swiss Made" jika:

  1. Pengembangan teknisnya dilakukan di Swiss. 
  2. Movement-nya adalah Swiss.
  3. Movement dibuat di Swiss.
  4. Pemeriksaan akhir dilakukan di Swiss.
  5. 60% dari biaya produksinya dihasilkan di Swiss.

Sebuah movement dapat disebut "Swiss Made" jika:

  1. Pengembangan teknisnya dilakukan di Swiss
  2. Dirakit di Swiss
  3. Pemeriksaan akhir dilakukan di Swiss
  4. 60% dari biaya produksi dihasilkan di Swiss
  5. 50% dari nilai semua komponennya adalah buatan Swiss, tidak termasuk perakitan.

Menurut persyaratan di atas, bisa jadi sebuah mesin jam adalah buatan Swiss, tetapi bagian lain dari jam tangan tersebut tidak. Dalam hal ini, perusahaan mungkin dapat menyatakan "Swiss Movement" pada case, tetapi bukan "Swiss Made."

Dengan mengetahui persyaratan ini, akan menjadi latihan yang menyenangkan untuk melihat jam tangan Anda sendiri dan menentukan "ke-Swiss-annya" berdasarkan label yang digunakan pada case dan dial-nya.

Jadi, itu dia yang dimaksud dengan label “Swiss Made” pada jam tangan dan mengapa label tersebut akan sangat berpengaruh terhadap reputasi jam tangannya. Apakah jam tangan Anda memiliki label “Swiss Made”?

 


End of content

No more pages to load