Skip to main content

Apa Kelebihan dari Movement Powermatic?

Movement buatan ETA dan Tissot ini menarik banyak perhatian para pecinta jam tangan.

Sepintas ini mungkin terlihat hanya seperti kaliber ETA biasa, tapi mesin analog dengan kaliber Sistem 51 dari Swatch yang bernama Powermatic 80 Automatic ini adalah revolusi pembuatan mesin jam tanpa suara lainnya.

Tissot telah bekerja sama dengan ETA untuk penelitian dan pengembangan kaliber otomatis baru ini. Bersama-sama, mereka berkembang untuk mendorong batas dalam hal ketepatan, kekuatan dan pada dasarnya memberi power reserve yang lebih lama. 

Tissot Powermatic 80 Automatic ini tidak hanya menunjukkan presisi tertinggi tetapi juga memiliki cadangan daya 80 jam, sesuai dengan namanya. Jam tangan standar biasanya memiliki barrel yang akan bertahan 36 hingga 48 jam sebelum perlu diputar kembali.

Namun, dengan konsep konstruksi baru yang mengintegrasikan barrel pegas baru, Tissot dan ETA mampu menyediakan jam tangan dengan power reserve yang lebih besar, memungkinkan jam bekerja selama 80 jam tanpa menyebabkan kerusakan.

Seolah-olah power reserve yang lebih besar tidak cukup, mereka juga menemukan cara untuk membuat movement menjadi sangat tepat dan kuat dengan berkonsentrasi pada cara memperbaiki sistem regulator. Salah satu faktor yang berkontribusi pada kekokohan itu adalah cara baru dalam mengatur jam tangan dengan menghapus sistem index-assembly dan mengganti item ini dengan teknologi inovatif bernama high-tech escapement.

High-tech escapement tidak memiliki regulator, kecepatan diatur di pabrik dengan laser, membuat penyesuaian kecepatan manual yang biasanya diperlukan oleh jam tangan mekanis tidak diperlukan. 

Tissot tidak memberi tahu secara resmi, tetapi banyak yang berasumsi bahwa mesin Powermatic 80 Automatic, seluruhnya terbuat dari ARCAP, yang merupakan paduan dari tembaga, nikel, dan seng dengan kualitas anti-magnetik yang luar biasa.

Selain itu, salah satu keunggulan dari mesin jam Powermatic 80 Automatic ini adalah harganya yang terjangkau. Jika Anda ingin memiliki mesin jam tangan otomatis buatan Swiss yang akurat, andal, memiliki cadangan daya lama, namun dengan harga yang terjangkau, ini adalah jawaban yang tepat.


Ditulis oleh