Blancpain Fifty Fathoms: Kisahnya Sejauh Ini

Ditulis oleh

Enam puluh lima tahun menjadi standar dive watch.

Semua terjadi berkat aspirasi sang pemimpin. Pada tahun 1950an, Blancpain memiliki CEO yang merupakan penggemar berat kegiatan menyelam, yakni Jean-Jacques Fietcher. Meski water-resistant watch sudah menjadi hal lumrah pada masa itu, contohnya dengan kehadiran Rolex Oyster, Omega Marine, dan Hamilton Sea Bees yang terus berimprovisasi - terutama selama Perang Dunia II dimana peningkatan fungsi sangat dibutuhkan - namun dive watch yang “sesungguhnya” masih sangat jarang. Fietcher meminta perusahaan untuk mengembangkan sebuah jam tangan yang bisa ia pakai untuk menyelam.

Fifty Fathoms sekira tahun 1953

Liburan adalah hal yang terbaik. Lupakan konstruksi gahar yang umum diasosiasikan dengan koleksi Fifty Fathoms saat ini - prototipe pertama jam tersebut diuji oleh Fietcher di pantai nan cerah di selatan Prancis. Uji coba itu berhasil. Jam tangan tersebut bertahan pada kedalaman 91 meter atau setara dengan nilai 50 fathoms (ukuran yang biasa digunakan penyelam). Oleh karena itulah jam tangan tersebut dinamakan Fifty Fathoms.

Fifthy Fathoms kemudian menjadi blueprint pengembangan jam di kategorinya. Seiring dengan terbentuknya konsep dive watch komersial, atribut-atribut seri itu pun tercipta. Konsumen yang membutuhkan daftar resmi fitur-fiturnya bisa melihat standar performa internasional ISO 6425 yang diperkenalkan pada tahun 1996.

Patents dari Fifty Fathoms pada tahun 1953

Beberapa fitur yang termasuk di daftar tersebut adalah unidirectional bezel (atau alat digital serupa) untuk mengukur jumlah waktu tersisa di tabung oksigen, thermal shock resistance, ketahanan terhadap air laut, fungsi-fungsi bawah air, dan water resistance setidaknya hingga kedalaman 200m untuk aktivitas deep sea diving. Lebih dari itu, persyaratan utama sebuah dive watch, yakni tersertifikasi ISO 6425 yang menjamin aspek keamanan, keandalan, kekuatan, keterbacaan, dan anti magnet telah diraih Blancpain pada tahun 1953.

Dan jam tangan ini bukan diciptakan untuk ajang pamer semata. Pada tahun yang sama Fietcher memberikan approval pada Fifty Fathoms, Angkatan Laut Prancis secara tak terduga meminta Blancpain untuk memproduksi dive watch untuk memperlengkapi unit pengemudi kombatan mereka. Brand ini pun menyetujuinya. Pada ranah profesional secara umum, Fifty Fathoms telah digunakan oleh penyelam legendaris berbagai masa seperti Jacques-Yves Cousteau, Gouffre Berger, dan Laurent Ballesta.

Fifty Fathoms Bathyscape sekira tahun 2013

Fifty Fathoms Bathyscaphe mendominasi dalam beberapa tahun terakhir. Fifty Fathoms Bathyscaphe yang bernuansa vintage dan diperuntukkan bagi pria maupun wanita diperkenalkan pada tahun 2013 sebagai koleksi ulang tahun ke-60. Hadir dengan inovasi-inovasi modern, mulai dari automatic movements dengan silicon balance springs hingga bezel anti gores yang terbuat dari material campuran kreasi Blancpain yang bernama ‘Liquidmetal’, Fifty Fathoms Bathyscaphe tentu merupakan fenomena sukses. Kenapa? Karena selama ini brand tersebut fokus menggarap varian itu selama beberapa tahun terakhir, menyuguhkan ragam versi dari limited edition flyback chronographs yang mendukung pelestarian laut (Fifty Fathoms Bathyscaphe Ocean Commitment Flyback Chronograph, 2015) hingga model berbalut keramik (2016).

Fifty Fathoms Bathyscape Ocean Commitment Flyback Chronograph sekira tahun 2015

Untuk keragaman desain, lihat model-model baru pada tahun 2018. Hadir bergaya retro hingga kerumitan detail, suguhan Fifty Fathoms pada tahun ini mengakomodasi ragam selera.

Bathyscaphe Day Date 70s

The Bathyscaphe Day Date 70s yang tersedia terbatas sebanyak 500 pieces adalah opsi yang menarik. Nuansa throwback tercipta melalui gradient dial yang unik dan bold indexes. Untuk pilihan yang lebih sophisticated, tersedia Bathyscaphe Annual Calendar dan Fifty Fathoms Grande Date. Keduanya memiliki fungsi kalendar mutakhir yang menjadi kekuatan Blancpain. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah bahwa tampilannya yang swanky tidak menyembunyikan performa hebatnya. Anda bisa mencobanya sendiri.

Blancpain Bathyscaphe Annual Calendar (kiri) dan Fifty Fathoms Grande Date

 

Diterbitkan di Kajian Mendalam
Di tag dibawah blancpain chronographs