3 Hal yang Perlu Diketahui tentang Breguet Tradition

Ditulis oleh

Dengan sedikit bantuan dari seorang fotografer peraih penghargaan.

KOLEKSI INI YANG MENGAWALI TREN OPEN-WORKED DIALS
Saat Breguet meluncurkan jam tangan Tradition pada tahun 2005 dengan seri Ref. 7027, brand ini membantu mempopulerkan skema open-worked dials. Berbeda dengan jam tangan skeleton, dimana logam berlebih disingkirkan dari bagian movement sehingga menyisakan arsitektur kerangkanya saja, jam tangan berskema open-worked dials menunjukkan sebagian komponen utama movement yang mengekspresikan arsitektur tiga dimensinya. Jam tangan yang dibahas pada tulisan ini, yakni Tradition Ref. 7037 yang dipotret oleh fotografer E.K. Yap, menampilkan keindahan arsitektural tersebut. Melalui arsitektur open-worked, seseorang bisa mengagumi konstruksi multi-layer sebuah jam tangan dan berbagai sentuhan akhir yang memesona.

TAPI BUKAN ITU YANG PALING PENTING
Koleksi Tradition sangat bernilai di sejarah Breguet. Tampilannya terinspirasi dari kreasi brand tersebut yang dikenal sebagai ‘souscription’ watch dari abad ke-18. Menurut legendanya, pada waktu itu sang pendiri label Abraham-Louis Breguet hendak menjual jam tangan tersebut—produk simple yang bersenjatakan basic calibre—dengan menggunakan metode ‘subscription’, dimana konsumen membayar uang muka 25 persen dan sisanya dilunasi saat produk diantarkan. Ini adalah sistem yang menyediakan Breguet cukup modal untuk membiayai proyek research and development yang kemudian membawanya pada banyak inovasi mutakhir yang terus dipakai hingga kini.

INOVASI-INOVASI UTAMA BREGUET SELALU DITAMPILKAN
Seiring berjalannya waktu, koleksi Tradition berkembang dan mencakup ragam komplikasi. Termasuk di antaranya adalah second-time zone (Ref. 7067), chronograph (Ref. 7077), dan minute repeater (Ref. 7087). Akan tetapi beberapa fitur utama selalu dihadirkan, yaitu overcoil hairspring, pomme hands, engine-turned guilloché dial, coin-edge case, atau juga pare-chute shock resistant system yang merupakan signature dari koleksi Tradition.

Sistem tersebut diciptakan pada tahun 1790 dan secara luas diakui sebagai pioner dari shock-resistant system. Sistem tersebut terdiri dari steel spring kecil yang menyangga bagian endstone dan balance jewel tetap di tempatnya. Sistem ini meredam guncangan dengan cara memungkinkan jewels dan balance pivot memiliki ruang untuk bergerak. Hal itu membuat bagian pivot shoulders yang lebih luas pada balance staff dapat mengatasi guncangan. Pada gambar Ref. 7037 berikut ini, Anda bisa melihatnya di area kanan bawah dari dial.

Seluruh foto courtesy E.K. Yap.

Diterbitkan di Kajian Mendalam
Di tag dibawah breguet tradition
Bio