Di Mana Tepatnya Jam Tangan Buatan Swiss Diproduksi?

Ditulis oleh

Empat kota horologi di Swiss yang wajib Anda ketahui.

LA CHAUX-DE-FONDS

Kota ini merupakan pusat dari pembuatan jam tangan di Swiss. Sekarang ini, setidaknya terdapat 180 label jam tangan mulai dari yang besar sampai kecil berbasis di kota dengan jumlah penduduk sekitar 38.000 orang ini. Sejumlah label kenamaan yang memiliki pabrik adalah Cartier (gambar atas), Patek Philippe, Girard-Perregaux, TAG Heuer, dan Breitling. La Chaux-de-Fonds juga sebelumnya menjadi rumah bagi Rolex dan Omega, yang sekarang telah berpindah ke pabrik mereka di kota Biel/Bienne.

Trivia: Kota ini dianugerahi status sebagai Unesco World Heritage pada tahun 2009. Di abad ke-18, La Chaux-de-Fonds telah dirancang untuk aktivitas pembuatan jam tangan dengan banyak area yang didesain untuk watch atelier dan jalanan yang paralel agar memudahkan jalur transportasi barang. Sebagian besar lantai teratas apartemen di La Chaux-de-Fonds biasanya digunakan sebagai watch atelier, yang memiliki jendela besar dan lebar agar memudahkan masuknya cahaya.

BIEL/BIENNE

Dua nama terpisah yang dimiliki kota ini mencirikan dua populasi di dalamnya. Biel adalah keturunan Swiss-Jerman, sementara Bienne adalah Swiss-Perancis. Meski tak banyak label yang berbasis di sini dibanding ketiga kota lainnya, namun mereka adalah nama-nama besar, seperti Rolex (gambar atas) dan label-label milik Swatch Group seperti Omega dan Hamilton.

Trivia: Mendiang Nicolas G. Hayek selaku pendiri dari Swatch dianugerahi status sebagai warga kehormatan kota Biel/Bienne pada tahun 2004.

GENEVA

Industri pembuatan jam tangan di Swiss berasal dari kota ini, saat aktivitas horologi pertama dimulai pada pertengahan abad ke-16. Menjadi rumah bagi sejumlah nama besar seperti Piaget dan Vacheron Constantin, jam tangan buatan Geneva dikenal akan kualitas mumpuninya. Pada tahun 1601, para pembuat jam tangan di kota ini mendirikan Watchmaker’s Guild of Geneva, yang merupakan organisasi pertama bagi industri ini di negara Swiss.

Trivia: Kreasi jam tangan yang dibuat di Geneva harus mengikuti standar peraturan yang ketat mengenai dekorasi dan kualitas. Koleksi terbaik akan mendapatkan penghargaan Poinçon de Genève atau Geneva Hallmark, sebuah sertifikasi yang hanya didapatkan oleh 0,008 % dari 30 juta jam tangan yang diproduksi di Swiss setiap tahunnya.

LE LOCLE

Sebuah kota tetangga terdekat dari La Chaux-de-Fonds, Le Locle juga telah mendapatkan status sebagai Unesco World Heritage pada tahun 2009. Merupakan kota terkecil ketiga di Switzerland, aktivitas pembuatan jam tangan di Le Locle mulai berkembang pada abad ke-18. Di awal abad ke-20, lebih dari setengah jam tangan di dunia diproduksi di Le Locle dan La Chaux-de-Fonds. Sekarang ini, Le Locle menjadi basis dari nama-nama besar seperti Zenith (gambar atas), Tissot, dan Montblanc.

Trivia: Sebelum industri pembuatan jam tangan menjadi kegiatan ekonomi utama, kota ini berfokus pada industri pertanian dan pembuatan renda.

Diterbitkan di Kajian Mendalam