5 Driving Watch untuk Memenuhi Hasrat Anda akan Kecepatan

Ditulis oleh

Sempurna untuk penggila mobil. Tapi tetap berhati-hatilah pada batas kecepatannya.

ROLEX COSMOGRAPH DAYTONA Ref. 116520


Tergantung pada generasi apa Anda berasal, “Daytona” bisa berarti banyak – simulator arcade balap, pantai di Florida yang terkenal berkat tiga dekade menjadi lokasi balap motor, atau ajang balap paling prestisius, NASCAR – inilah Daytona 500. Tapi apa pun arti namanya, Anda tidak bisa melepaskan keterkaitannya dengan tema kecepatan, seperti Cosmograph Daytona dari Rolex ini. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1963 untuk para pembalap mobil, jam tangan ini sudah melalui sederet serial pembaharuan dari versi orisinilnya yang membawa tampilan dial kontras khas dan skala tachymetric pada bezel yang memberi kesan sporty. Masih selaras dengan model tahun 1965, yang memiliki bezel hitam pada Plexiglas, tahun ini tampilan jam tangan dikemas dalam bezel keramik hitam Cerachrom monobloc yang berteknologi tinggi, disatukan hampir tanpa goresan dan dilengkapi fitur tahan korosi.

TAG HEUER MONZA CHRONOGRAPH Ref. CR2080.FC6375

Untuk sebuah racing watch yang dinamai berdasarkan trek balap tercepat di Italia, desain ikonis Monza benar-benar bisa memompa adrenalin. Untuk merayakan hari jadi ke-40 model ini, TAG HEUER meluncurkan ulang versi orisinilnya dengan tambahan beberapa pembaharuan. Dikemas agar hampir tampak identik dengan aslinya, Monza baru ini mempertahankan kedua pulsometer dan tachymeter, tapi kini keduanya hadir dengan level lima kali lebih tinggi yakni dengan case titanium, yang membuat jam tangan ini lebih ringan dan awet. Tambahannya, case ini dilapisi karbit titanium untuk tampilan akhir yang sleek dan matte. Diameternya telah membesar menjadi 42mm dari awalnya 39mm, juga dipasangkan dengan strap kulit utuh berwarna hitam yang berhasil membawa pikiran kita kembali pada setir palang tiga nan klasik.

BAUME & MERCIER CAPELAND SHELBY COBRA Ref.10282

Dinamai sama dengan almarhum legenda balap Carroll Shelby, dan Cobra Roadster miliknya, edisi kedua dari racing watch ini sangat indah dipandang. Dengan dial yang modelnya dirancang layaknya dasbor mobil Cobra, dan jarum jam tangan yang menggaungkan desain dari sebuah setir, jam tangan ini adalah sebuah penghormatan yang presisi. Secara fungsi, terdapat tachymeter, chronograph, dan teknologi anti kerlap pada dial hingga membuat Anda bisa menginterpretasi secara sempurna saat membaca waktu pada berbagai environment. Jam tangan ini juga hadir dalam strap hitam kulit buaya dengan karet bergaris kuning, atau strap warna hitam dari karet bermaterial sama seperti yang digunakan pada setir mobil balap.

CHOPARD MILLE MIGLIA 2016 XL RACE EDITION Ref. 168580-3001


Memasuki kemitraan 28 tahun dengan Mille Miglia Classic Car Rally, Chopard meluncurkan 1.000 jam tangan edisi terbatas yang didedikasikan untuk pendiri Ferrari sekaligus pembalap, Enzo Ferrari, yang juga menyebutnya sebagai, “Balapan paling indah yang ada di dunia.” Terinspirasi dari desain mobil-mobil yang berpartisipasi dalam ajang balap antara tahun 1927 hingga 1940, jam tangan Mille Miglia yang baru ini menampilkan garis klasik dengan crown bergalur dan dua pusher tradisional. Diameternya yang berukuran 46mm, juga menjadi chronograph Mille Miglia terbesar yang pernah diciptakan Chopard. Dial yang jernih dan mudah dibaca, juga diperkuat dengan adanya deretan angka nan tebal dan jarum berkilau yang memberi keterbacaan lebih baik kala terlibat pada ajang balap. Yang juga memperkuat edisi ini adalah Chopard Calibre 03.05-C, sebuah chronograph otomatis yang pergerakannya hadir dengan daya tahan pemakaian selama 60 jam dan chronometer bersertifikat COSC.

DRIVE DE CARTIER

Apa yang Anda lakukan bila satu jam tangan saja belum cukup? Mengapa, tentunya karena Anda bisa mendapat tiga. Bila Anda mencari ragam pilihan, tak perlu mencari jauh-jauh dari jam tangan Drive de Cartier ini, yang hadir dalam tiga model dengan variasi yang saling berbeda. Model pertamanya menampilkan pergerakan mekanis otomatis 1904-PS MC dengan sub-dial pada pukul enam. Versi kedua (pada gambar) diperkuat oleh mesin pergerakan otomatis 1904-FU MC dengan jendela tanggal nan besar, zona waktu lain, dan indikator siang atau malam hari, sementara versi ketiga adalah jam flying tourbillon dengan mesin pergerakan manual 9452 MC. Ketiga jam tangan ini datang dengan crown yang berbentuk halilintar dan dial pita yang mencerminkan radiator dalam gaya yang selaras pada dunia otomotif.

Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".