Skip to main content

Jam Tangan Pilot Pertama di Dunia

Mengulas sejarah dari jam tangan Cartier Santos.

Pada awal abad ke-19, jam tangan merupakan perhiasan untuk wanita dan salah satu instrumen penerbangan bagi seorang pilot. Kemudian, saat ini fungsi jam tangan sudah banyak berubah dan sudah menjadi aksesoris fashion bagi setiap kalangan. Pada artikel ini kami akan membahas tentang jam tangan Pilot pertama yang merubah itu semua.

Sebelum pesawat pertama ditemukan, Alberto Santos-Dumont membuat mesin terbang pertama yang sangat tidak aman untuk digunakan. Terekspos oleh berbagai macam elemen di atas langit, rasanya tidak mungkin untuk mengambil jam di dalam saku untuk melihat waktu. Merasa membutuhkan penunjuk waktu yang bisa dilihat dengan mudah ketika menerbangkan pesawat, pilot asal Brasil ini datang ke kerabatnya, Louis Cartier.

Kemudian, lahirlah jam tangan pilot pertama di dunia pada tahun 1904 yang diberi nama “Santos” oleh Cartier. Jam tangan ini hadir dengan ukuran yang kecil dan berbentuk kotak. Elemen dasar tersebutlah yang menjadi jati diri dari koleksi Santos yang terus dirilis ulang oleh Cartier dengan berbagai macam inovasi baru.

Fitur-fitur orisinil yang masih dibawa trus sampai sekarang itu diantaranya adalah cabochon crown, angka Roman, dan juga marker yang didesain seperti lintasan kereta api. Baut yang terlihat pada bagian depan jam tangan itu terinspirasi dari baut baut pada badan pesawat. Bentuk case-nya yang kotak juga masih terlihat dan menjadi pembeda dengan jam tangan pada umumnya.

Jam tangan ini juga merupakan jam tangan yang dikenakan oleh Santos-Dumont ketika menerbangkan pesawat Oiseau de Proie yang dipercaya sebagai pesawat terbang pertama di dunia. Kebenaran ini rada sulit dicari karena Santos-Dumont dikenal sebagai inventor yang jarang mematenkan karyanya, dan lebih mementingkan bagaimana dia bisa membuat sesuatu yang berguna bagi kehidupan manusia.

Pada awalnya, jam tangan juga menjadi kebutuhan bagi para militer, namun kebanyakan yang digunakan oleh para anggota militer tersebut adalah sebuah jam saku yang diberi strap. Sementara, Cartier dengan semangat inovasinya membuat sebuah desain jam tangan yang memang benar-benar nyaman untuk digunakan pada pergelangan tangan, dan ini merubah semuanya.

Baca juga : Cartier Santos-Dumont Si Simpel nan Elegan

Jadi, sampai saat ini masih menjadi pertanyaan apakah Cartier Santos merupakan jam tangan pertama di dunia, namun yang pasti, Cartier Santos merupakan jam tangan pilot pertama di dunia. Jam tangan pilot saat ini kebanyakan masih sering diasosiasikan dengan dunia militer yang sangat teknikal. Namun nyatanya, jam tangan pilot pertama ini berdesain elegan yang malah masuk ke kategori dress watch. Menjadikannya sangat unik.

Koleksi Cartier Santos saat ini tersedia dalam berbagai macam ragam variasi, mulai dari kuarsa, otomatis, hand-wound, sampai dengan skeleton yang sangat menawan. Terdapat juga sub-koleksi yang bernama Santos-Dumont yang terinspirasi dari model Santos pada tahun 1978, hadir dengan tampilan sport watch, crown guard, dan steel bracelet. 

Pada akhir tahun 1916, salah satu artikel di New York Times menyebut jam tangan pada saat itu sebagai “silly ass fad”. Namun persepsi tersebut perlahan berubah ketika Jam tangan ini pertama kali dirilis ke pasaran pada tahun 1911, dan sampai pada hari ini, Cartier Santos merupakan salah satu koleksi Cartier yang paling populer karena sejarahnya yang sangat menarik.


Ditulis oleh

End of content

No more pages to load