5 Dress Watch Yang Wajib Anda Pakai

Ditulis oleh

Maaf namun jangan pakai semuanya dalam waktu bersamaan.

Patek Philippe Golden Ellipse Ref. 5738

Pada ulang tahunnya yang ke-50, jam tangan klasik ini mencuri perhatian dengan desain case elips nan ikonis yang tampil baru dalam palet rose gold. Dipadu dengan dial berwarna ebony black sunburst serta penunjuk waktu berwarna emas, versi ini merupakan tipe paling menawan dan tertipis dalam koleksinya. Patek Philippe Golden Elipse Ref. 5738 diperlengkapi self-winding Calibre 240 dengan micro rotor sehingga bisa tampil tipis. Baik dipakai ke kantor atau ke acara resmi, jam tangan setipis 5,9mm ini akan terlihat pas berpadu dengan manset kemeja Anda.

 

Glashütte Original Senator Excellence Date

Berbeda dari umumnya dress watch yang memiliki dial warna hitam, putih, atau krem, varian dari Glashütte Original Senator Excellence ini tampil dengan dial bercorak menarik. Sebuah pabrik dial milik Glashütte di Pforzheim, Jerman, berhasil membuat dial bercorak silver-grey yang dipadu dengan emas putih pada index dan jarum penunjuk berbentuk pedang. Detak jam tangan ini dihasilkan oleh self-winding Calibre 36 yang diperkenalkan pada tahun 2016 dan telah memenangkan penghargaan. Tingkat akurasinya melampaui standar COSC, sehingga Anda tak hanya mendapatkan jam tangan menawan namun juga kaya fitur teknis.

 

Jaquet Droz Grande Seconde Tribute

Tak ada cara yang lebih tepat untuk merayakan ulang tahun Jacquet Droz ke-280 selain dengan meluncurkan edisi spesial dari Grande Seconde. Rilis pertama kali pada tahun 2002, Grande Seconde sudah menjadi ikon dengan counters berbentuk angka delapan. Pada tribute edition ini, untuk pertama kalinya jam tersebut hadir dalam balutan emas kuning yang dibuat secara terbatas sebanyak 88 pieces. Sebuah dial grand feu enamel dari jam ini mengukuhkan statusnya sebagai sebuah dress watch, sedangkan strap kulit buaya berwarna biru membawa variasi baru selain gaya tradisional strap kulit hitam. Jaquet Droz Grande Seconde Tribute ditenagai double-barrelled Calibre 2663 dengan power reserve hingga 68 jam—cukup untuk dipakai ke acara resmi di akhir pekan.

 

Breguet Classique Extra-Plate 5157

Koleksi Breguet Classique tak pernah gagal untuk menyajikan desain menawan dan fungsionalitas. Versi baru berwarna rose gold ini menghadirkan self-winding movement dengan silicon hairspring yang ditempatkan dalam case setipis 5,45mm dipadu dengan fluted caseband, ciri khas koleksi ini. Sebuah engine-turned dial menampilkan Clous de Paris hobnail pattern klasik, yang memberikan latar elegan untuk jarum jam Breguet berwarna biru, sedangkan penggunaan angka romawi membawa sentuhan tradisional. Perlu diperhatikan, ukiran Logo Breguet pada sisi kiri dan kanan angka 12 bukan hanya memiliki fungsi estetis tapi juga untuk mencegah pemalsuan.

 

Blancpain Villeret Grande Date Jour Rétrograde

Anda mungkin sudah familiar dengan jam tangan jenis day-date, namun yang memiliki retrograde day displays tidaklah banyak. Pada tahun ini, Blancpain memperkenalkan fungsi tersebut pada seri Villeret Grande Date Jour Rétrograde dengan sebuah penunjuk tanggal berukuran besar di antara angka 5 dan 6, dan sebuah penunjuk hari bergaya retrograde di angka 8. Movement baru in-house Calibre 6950GJ ini dirancang berdasarkan Calibre 1150 dan memiliki power reserve hingga 72 jam, berkat fungsi two barrels. Case berukuran 40mm hadir dalam pilihan red gold atau stainless steel serta pilihan alligator strap atau metal bracelet. Jika ingin mengoptimalkan tampilan dress watch, pilihlah versi red gold yang dipadankan dengan leather strap.

 

Diterbitkan di Kajian Mendalam