Skip to main content

Mengenal Lebih Jauh Tiga Movement Paling Populer Saat Ini

Movement ETA 2824-2, Sellita SW200, Valjoux/ETA 7750, saat ini mendominasi pasaran.

Perusahaan pembuat jam yang merancang dan memproduksi sendiri movement-nya disebut sebagai manufacturer dan sangat dihormati di industri ini. Namun, banyak kekhawatiran pembuat jam tangan yang belum terlalu besar, akan sangat bergantung pada sejumlah kecil movement dari beberapa perusahaan yang spesialisasinya memproduksi movement sendiri.

Memanfaatkan movement outsourcing yang tersedia secara umum ini, memungkinkan pembuat jam untuk menekan biaya, selain itu movement-movement ini memang relatif mudah untuk diservis karena memiliki banyak spare part dan juga sudah teruji kegunaannya.

Berikut ini adalah beberapa movement otomatis yang paling terkenal dan paling sering digunakan yang tersedia saat ini.

 

ETA 2824-2

Mungkin salah satu kaliber otomatis yang sangat dikenal di berbagai tempat pada saat ini adalah ETA 2824-2 yang memiliki basis movement Eterna 1247, pertama kali diproduksi pada tahun 1955.

ETA 2824-2 sendiri telah diproduksi sejak tahun 1982 dan tersedia dalam empat versi, Standar, Elaboré (ditingkatkan), Top dan Chronometer. Ketika nilai meningkat, begitu juga akurasi gerakan dan harganya. Contohnya ETA Standar 2824-2 memiliki akurasi dalam tingkat rata-rata +/- 12 detik per hari, dengan variasi harian maksimum +/- 30 detik, sedangkan tingkat Chronometer harus memenuhi standar COSC dan diberi nomor seri secara individual, dan akurat hingga +/- 4 detik sehari dan varian posisi maksimum 15 detik. 

ETA, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Grup Swatch, perlahan-lahan menghapus ketersediaan movement mereka ke perusahaan-perusahaan Grup non-Swatch.

Fitur: Jam, menit, detik, jendela tanggal

Diameter: 25,6 mm

Tinggi: 4,6 mm

Jewels: 25

Getaran per Jam: 28.800 (4 Hz)

Cadangan Daya: 38 jam

Negara Pabrikan: Swiss

 

Sellita SW2000

Sellita awalnya beroperasi sebagai perusahaan outsource perakitan untuk ETA, berasal dari mesin 2824-2 yang hampir lengkap dan mendapatkan tambahan roda, sekrup, dan bagian lainnya. Ketika Grup Swatch (ETA) memutuskan untuk menghentikan pasokan 2824-2 untuk perusahaan di luar grup, Sellita memutuskan untuk memproduksi movement mereka sendiri, yang dapat mereka lakukan secara legal.

Fitur: Jam, menit, detik, jendela tanggal

Diameter: 25,6 mm

Tinggi: 4,6 mm

Jewels: 26

Getaran per Jam: 28.800 (4 Hz)

Cadangan Daya: 38 jam

Negara Pabrikan: Swiss

 

Valjoux/ETA 7750

Awalnya diproduksi oleh Valjoux  mulai tahun 1970-an, Valjoux / ETA 7750 mungkin merupakan movement chronograph yang paling banyak digunakan di dunia. Mengandalkan sistem three-plane-cam yang relatif murah dan mudah diproduksi sebagai pengganti roda kolom klasik, movement chronograph 7750 ini dapat dimodifikasi untuk menampilkan jendela tanggal, hari, satu sub-dial, dan satu moonphase, menjadikannya sangat serbaguna untuk ditambahkan beberapa fungsi penting. Movement ini juga tersedia dalam tiga kelas, termasuk Elaboré, Top, dan Chronomèter.

Fitur: jam, menit, detik, 2 chronograph pusher (penghitung 30 menit, penghitung 12 jam), tanggal, hari, moonphase

Diameter: 30 mm

Tinggi: 7,9 mm

Jewels: 25

Getaran per Jam: 28.800 (4 Hz)

Cadangan Daya: 40 jam

Negara Pabrikan: Swiss

 


Ditulis oleh