Pengertian Sesungguhnya dari Haute Horlogerie

Ditulis oleh

Banyak yang menyangka kalau Haute Horlogerie adalah jam tangan mewah. Pernyataan tersebut tidak benar, karena artian yang sebenarnya lebih dari itu.

Sama seperti haute couture pada dunia fashion and haute cuisine pada dunia kuliner, haute horlogerie merupakan kata yang mewakilkan standar paling tinggi pada dunia jam tangan. Artian langsung dari Haute Horlogerie yang merupakan bahasa Perancis ke bahasa Indonesia adalah “Jam Tangan Kelas Atas”.

Banyak yang menyangka kalau Haute Horlogerie adalah jam tangan mewah. Pernyataan tersebut tidak benar, karena artian yang sebenarnya lebih dari itu.

 

Sebelum quartz muncul di pasaran pada akhir tahun 1960-an, semua jam tangan adalah jam tangan mekanik. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, di tahun 1970 dan 1980-an, jam tangan dengan mesin quartz menguasai pasar. Label “haute horlogerie” diberikan pada masa-sama ini untuk membedakan jam tangan mekanik dengan jam tangan quartz.

Memasuki akhir 80-an, jam tangan mekanik kembali muncul di pasaran. Para pembuat jam tangan mekanik kembali bersemangat untuk membuat jam tangan mekanik dan mengembalikan kejayaan mereka. Walaupun saat itu jam tangan quartz masih menguasai pasar, jam tangan mekanik tetap menang jika kita berbicara tentang kebanggaan.

Lalu apa saja kriteria sebuah jam tangan bisa dilabeli haute horlogerie? Terdapat beberapa kriteria berikut.

Pertama, jam tangan haute horlogerie umumnya hadir dengan complications dan mekanisme yang rumit. Complications merupakan fitur-fitur pada jam tangan selain penunjuk jam, menit, dan detik. Contohnya adalah calendar, chronograph, multiple time zone, power reserve, repeater, dan masih banyak lagi.

Karakteristik lainnya dari jam tangan haute horlogerie adalah penggunaan in-house movement. Setiap in-house movement pastinya hadir dengan dekorasi-dekorasi khas dari brand yang dibuat menggunakan tangan. Beberapa teknik dekorasi yang sering dipraktekkan adalah polishing, chamfering, engraving, perlage, guilloché, circular graining, Geneva stripes, dan lain-lain.

Kriteria terakhir yang biasanya terdapat pada jam tangan haute horlogerie adalah penggunaan kerajinan seni tradisional untuk mendekorasi bagian dial. Hanya ada beberapa master yang bisa melakukan hal ini, teknik yang dipakai biasanya enameling, mengukir, lukisan, dan lain-lain.

Jadi, intinya sebuah jam tangan dapat dilabeli sebagai haute horlogerie jika jam tangan tersebut mengkombinasikan ilmu mekanikal yang canggih dan juga keindahan.

Contributor

Contributing Writer

Our secret contributor is an industry insider who has worked with well-known luxury watch marques, as well as written for numerous horological publications. He asks to remains anonymous, however, so as not to ruffle feathers with his sometimes opinionated posts.