Skip to main content

Penggunaan Komposit Karbon Pada Jam Tangan

Kuat dan ringan, sifat dari material ini membuat para pembuat jam tangan terus mengeksplorasinya.

Saat ini sudah mulai banyak material-material terbaru yang masuk ke dunia jam tangan modern, salah satunya adalah komposit karbon, material ini mulai banyak digunakan karena sifatnya yang sangat cocok untuk digunakan pada desain dan fungsi jam tangan kontemporer. Material ini bisa mencakup keindahan estetika dan juga ketahanan yang luar biasa.

Material ini pertama kali populer pada tahun 1980an, digunakan untuk sasis dan beberapa komponen mobil balap Formula 1. Dengan warna hitam mengkilap, pattern ombak, material ini memberikan aksen futuristik dan sporty pada mobil balap. Yang lebih penting lagi, material ini memberikan kekuatan dan memiliki beban yang ringan, sangat penting untuk mobil balap.

Komposit karbon hampir lima kali lebih ringan dari baja tetapi dua kali lebih kuat, hal ini yang membuat komposit karbon dilirik oleh para pembuat jam tangan. Eksperimen untuk menggunakan material ini dimulai pada tahun 1990-an, untuk menambahkan nilai jual dan fungsionalitas dari jam tangan yang mereka jual.

Brand pertama yang menggunakan material komposit karbon adalah Audemars Piguet, mereka menghadirkan material ini pada bagian bezel dan pusher chronograph di koleksi Royal Oak Offshore edisi terbatas, termasuk Royal Oak Offshore Juan Pablo Montoya yang dirilis pada awal tahun 2000-an.

Setelah penggunaan serat karbon menjadi keharusan bagi merek yang ingin menyuntikkan kejantanan dan keuletan teknis yang berbeda ke dalam jam tangan mereka, berbagai brand lebih berani mulai mengeksplorasi potensi material di luar lembaran serat karbon tenunan.

Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa brand telah menghadirkan berbagai pilihan karbon yang mengejutkan seperti forged carbon (serat karbon leleh yang dibentuk), Carbon TPT (teknologi lembaran karbon tipis), carbonox (senyawa karbon yang dibuat dari batang dan bubuk serat karbon), carbotech (lembaran tipis serat karbon terkompresi dengan polimer high-end).

 

Pola anyaman yang ramping dari lembaran serat karbon dan tekstur carbotech yang seperti butiran kayu, dapat berkontribusi besar pada estetika jam tangan, tetapi fitur ringan, kepadatan tinggi, dan kekuatan dari material komposit karbon inilah yang paling menggiurkan bagi para pembuat jam tangan.

Semakin kesini, semakin banyak brand yang memilih material komposite karbon untuk digunakan di dalam jam tangan mereka, seperti pelindung modul, movement bridges, hairspring dan kemungkinan masih banyak lagi parts yang nantinya akan hadir dengan material ini.

 

Sumber: CROWN Watchblog


Ditulis oleh

End of content

No more pages to load