Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Jam Tangan Mekanis Pertama

Ditulis oleh

Waktunya Anda memiliki Jam Tangan Mekanis.

Berikut adalah sebuah pengakuan saya: sampai tiga bulan ke belakang, saya tidak memiliki sebuah jam tangan mekanis. Tepat sekali, rahasia gelap saya akhirnya tersebar.

Dalam pekerjaan sehari-hari, saya mempromosikan akan manfaat dari jam tangan mekanis, menjelaskan kepada Anda melalui ulasan yang menyeluruh dan beragam alasan mengapa Anda harus memilikinya. Namun yang melingkar di pergelangan tangan saya selama ini adalah jam tangan quartz. Tentu saja buatan Swiss, namun tetap saja berteknologi quartz.

Sekarang saya akan memaparkan beragam alasan di baliknya. Jam tangan tersebut sangat akurat, terlihat bagus di pergelangan tangan saya yang kecil, dan yang paling utama adalah memiliki nilai yang personal. Lebih tepatnya, poin terakhir tersebut adalah salah satu yang paling penting, apakah Anda berada di tim quartz atau tim mekanis. Sama seperti yang dikatakan oleh orang-orang, nilai personal adalah yang menghubungkan kita dengan jam tangan yang kita punya.

Jujur saja, saya menyukai jam tangan mekanis dan tidak akan pernah berhenti dibuat kagum akan kerumitan dari beragam elemen yang termuat dalam sebuah medium kecil penunjuk waktu (serta beragam fitur lainnya) yang memaparkan secara akurat.

Maka di tahun lalu, setelah mendapat saran dari beberapa teman yang mengetahui bahwa saya akan pergi ke Tokyo, saya memutuskan untuk membeli sebuah JDM (Japanese Domestic Market (atau Model)) Seiko.

Namun pada akhirnya, saya membeli sebuah Seiko SARB033, yang sesungguhnya bukanlah yang saya mau, namun saya tetap merasa puas. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mulai membeli jam tangan mekanis pertama Anda, berikut sejumlah aspek yang harus diperhatikan:

Bujet
Ini merupakan faktor pertama dan paling penting untuk dipertimbangkan. Sebuah jam tangan haruslah menjadi sesuatu yang bisa dinikmati, bukan sesuatu yang dapat membuat Anda harus menjual ginjal. Jangan merasa iri dengan teman-teman Anda, karena berbeda dengan saran dari kebanyakan kolektor, amatlah tidak menjadi masalah jika mempunyai bujet yang kecil untuk memiliki sebuah jam tangan.

Saya menyadari bahwa saya tidak ingin membelanjakan uang saya secara berlebihan (percaya atau tidak, para penulis tidak dibayar secara tinggi) dan menetapkan bujet saya adalah di bawah 5.000 dolar Singapura. Dapat dikatakan, jika Anda memiliki bujet berlebih, maka pilihan yang Anda dapatkan akan lebih banyak pula. Maka ketahuilah model apa yang berada di pasaran serta cocok dengan bujet yang dimiliki dan berfokuslah untuk mencarinya pada kriteria tersebut—Anda akan dibuat terkejut akan apa yang Anda temukan.

Estetika

Bila mengesampingkan harga, tentu desain menjadi poin penting berikutnya. Seiko SARB033 langsung menarik atensi saya karena memiliki tiga hal yang selalu saya senangi yakni, dauphine hands (jarum jam berbentuk segitiga yang meruncing), baton indexes (penanda jam berbentuk persegi panjang tipis), dan sebuah dial yang minimalis.

Bagi beberapa penggemar Seiko seri ini dijuluki sebagai ‘baby Grand Seiko’ karena hampir mirip dengan seri saudara laki-lakinya yang lebih mewah. Bahkan jam tangan ini pernah salah dikira sebagai kreasi Tudor dan Rolex dalam setiap kesempatan yang berbeda—dipengaruhi desain minimalis yang dimiliki oleh seluruh label ini.

Satu hal yang kurang saya senangi adalah adanya lume (bagian yang berpendar) pada indexes dan hands, karena menurut saya membuat jam tangan ini terlihat dari yang semula dikategorikan sebagai dress watch menjadi tool watch. Namun dengan mempertimbangkan segala faktor, hal ini merupakan kekurangan kecil yang dapat saya terima.

Jika jam tangan ini akan menjadi sebuah jam tangan ‘serius’ pertama Anda, mungkin Anda patut mempertimbangkan desain yang lebih versatile khususnya jika jam tangan ini akan dipakai untuk rutinitas sehari-hari. Pilih sesuatu yang polos dan elegan yang tidak akan membuat Anda khawatir bila tidak cocok dengan pakaian yang dikenakan. Tentunya bila Anda seseorang yang penuh semangat akan lebih menyukai sesuatu yang memiliki detail menarik, tak masalah bila Anda memilih mencari model yang demikian. Kesimpulannya adalah pastikan desain jam tangan Anda selaras dengan gaya hidup, bukan sebaliknya.

Tip tambahan: Ganti bagian gelang dengan strap kulit untuk memperbarui tampilan jam tangan Anda.

Movement

Sejujurnya saya mengincar model lain dari Seiko yang memiliki sebuah guilloche dial yang indah. Namun versi tersebut memiliki 4R35 movement, dan berbeda dari SARB033 yang memiliki 6R15 movement. Sistem 4R35 movement tersebut biasanya digunakan pada kreasi standar dari Seiko dengan deviasi -25/+35 detik per hari, dan bandingkan dengan 6R15 yakni -15/+25.

Sistem 6R15 movement memiliki fungsi lain, yakni dapat memberhentikan pergerakan detik saat crown dikeluarkan, membuat Anda dapat mengatur waktu secara akurat. Sistem ini juga hadir dengan power reserve sebesar 50 jam (bandingkan dengan 4R35 yang sebesar 40 jam), cukup untuk saya kenakan selama seharian tanpa harus menyesuaikannya setiap saat, dan beat rate (laju) dari sistem ini lebih lambat yakni 21.600 vph. Dengan beat rate yang lebih lambat tentunya akan membuat lebih sedikit tekanan pada movement, yang membuat interval dari perbaikan internal menjadi tidak sering dilakukan.

Sebagaimana Anda melakukan riset, perhatikan juga berbagai sistem movement lainnya dan elemen apa yang dimilikinya sehingga Anda dapat membuat keputusan yang bijak dan cocok dengan kebutuhan.

Semoga panduan ini dapat membantu Anda yang akan membeli jam tangan mekanis pertama kali. Beritahu kami bagaimana Anda akhirnya mendapatkannya dan jangan lupa untuk menyertakan tagar #CrownWatchblogID di Instagram. Kami ucapkan selamat untuk jam tangan baru Anda!

Diterbitkan di Kajian Mendalam
Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".